Cara Buat Sambal Pecel Lele Wong Solo

Siapa yang tak kenal dengan sambal pecel lele Wong Solo? Makanan khas yang satu ini begitu menggugah selera bagi pecinta kuliner pedas. Dibumbui dengan rempah-rempah khas Solo, sambal pecel lele ini memiliki keunikan tersendiri yang sulit ditolak. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, jangan khawatir! Berikut adalah resep dan cara membuat sambal pecel lele Wong Solo yang lezat dan cocok untuk acara makan bersama keluarga. Dijamin, aroma harum dan rasa pedasnya akan menggugah selera Anda!

Cara Lezat Membuat Sambal Pecel Lele Wong Solo

Rahasia Kelezatan Sambal Pecel Lele Wong Solo

Sambal pecel lele Wong Solo merupakan salah satu hidangan nusantara yang sangat terkenal dengan rasa pedas, gurih, dan nikmat. Menggabungkan berbagai bumbu pilihan, sambal pecel lele Wong Solo mampu memanjakan lidah dan mencuri perhatian setiap pembelinya. Secara tradisional, sambal ini biasanya disajikan bersama dengan lele goreng yang renyah, nasi putih, lalap, dan tempe goreng. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep sambal pecel lele Wong Solo yang lezat ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum masuk ke tahap pengolahan, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

  1. 1 ekor lele segar, dibersihkan dan diiris menjadi beberapa bagian sesuai keinginan
  2. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng lele
  3. 2 buah tomat merah, iris tipis
  4. 5 buah cabe merah keriting, iris halus
  5. 4 siung bawang putih, haluskan
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  8. 1 sdm air asam jawa
  9. Garam secukupnya
  10. Gula secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan Sambal Pecel Lele Wong Solo

Untuk membuat sambal pecel lele Wong Solo yang sedap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menggoreng Lele

Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup untuk menggoreng lele. Goreng lele hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan dan kulitnya menjadi renyah. Angkat dan tiriskan lele dari minyak. Sisihkan sejenak.

2. Membuat Sambal

Tumis bawang putih hingga harum dalam minyak bekas menggoreng lele. Tambahkan cabe merah keriting, lengkuas, dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga bumbu matang dan tercium aroma harumnya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Asin Pada Cumi Asin

3. Penyajian

Atur irisan tomat merah dan lele dalam piring saji. Siram lele dengan sambal yang telah Anda buat sebelumnya. Tambahkan air asam jawa, gula, dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Sajikan sambal pecel lele Wong Solo dengan nasi putih, lalapan segar, dan tempe goreng.

Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat menikmati sajian sambal pecel lele Wong Solo yang lezat dan menggugah selera. Jadikan hidangan ini sebagai pilihan makan malam bersama keluarga tercinta atau untuk menghidangkan tamu istimewa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Saya sebagai seorang praktisi ingin berbagi sebuah resep yang menggugah selera, yaitu cara membuat Sambal Pecel Lele Wong Solo. Pertama, tumbuk halus cabe merah keriting, cabe rawit, dan bawang merah. Tambahkan terasi, gula merah, garam, dan asam jawa secukupnya. Kemudian, panaskan minyak goreng hingga cukup banyak. Setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak panas hingga harum dan matang. Pastikan kulit lele sudah kering, lalu tiriskan. Selanjutnya, goreng lele hingga kecokelatan dan renyah. Sajikan lele goreng dengan sambal pecel sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Buat Sambal Pecel Lele Wong Solo

Apa itu sambal pecel?

Sambal pecel adalah sambal khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan segar seperti cabai, terasi, bawang merah, dan bawang putih. Sambal ini biasanya disajikan bersama dengan sayur-sayuran rebus atau goreng.

Apa yang membuat sambal pecel lele Wong Solo spesial?

Sambal pecel lele Wong Solo memiliki rasa yang unik karena menggunakan bahan-bahan premium dan bumbu khas Jawa Tengah. Selain itu, pemilihan lele segar dan cara penggorengan yang tepat juga membuat sambal pecel lele Wong Solo menjadi spesial.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal pecel lele Wong Solo?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal pecel lele Wong Solo antara lain:
– Lele segar
– Bawang putih
– Bawang merah
– Cabai merah
– Terasi
– Gula
– Garam
– Air asam

Baca juga:  Cara Masak Gulai Ikan Tongkol Kelantan

Bagaimana cara membuat sambal pecel lele Wong Solo?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal pecel lele Wong Solo:
1. Bersihkan lele dan lap kering.
2. Lumuri lele dengan garam dan air asam, diamkan selama 10-15 menit.
3. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng lele hingga matang dan berkulit renyah. Tiriskan.
4. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, terasi, gula, dan garam.
5. Tumis bumbu halus hingga harum.
6. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga matang.
7. Sajikan sambal pecel lele Wong Solo bersama dengan lele yang sudah digoreng.

Bagaimana cara menyajikan sambal pecel lele Wong Solo?

Sambal pecel lele Wong Solo biasanya disajikan dengan lele goreng, sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, dan kemangi yang direbus, serta nasi putih. Anda juga dapat menambahkan lalapan seperti mentimun dan tahu goreng untuk melengkapi sajian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *