Cara Buat Ongol Ongol Dari Tepung Hunkwe

Jika Anda mencari hidangan manis yang simpel namun lezat, tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan ongol-ongol dari tepung hunkwe. Siapa pun dapat dengan mudah membuatnya di rumah, tanpa memerlukan banyak bahan atau waktu yang lama. Rasanya yang lembut, manis, dan segar membuat ongol-ongol menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah makan siang atau malam. Ayo, ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk membuat ongol-ongol yang akan memanjakan lidah Anda!

Cara Buat Ongol Ongol Dari Tepung Hunkwe yang Lezat dan Praktis

Siapa yang tidak suka dengan cita rasa manis dan segar dari ongol ongol? Makanan tradisional Indonesia yang satu ini merupakan salah satu camilan favorit masyarakat. Rasanya yang khas dan teksturnya yang kenyal membuat ongol ongol ini menjadi pilihan yang sempurna, baik sebagai hidangan penutup atau sekadar camilan di waktu luang. Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resep cara membuat ongol ongol dari tepung hunkwe yang lezat dan praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses membuat ongol ongol, pastikan semua bahan sudah tersedia. Berikut adalah daftar bahan yang diperlukan:

– 200 gram tepung hunkwe

– 800 ml air

– 200 gram gula pasir

– 1/2 sendok teh garam

– 1 lembar daun pandan

– 2 sendok makan air daun pandan suji (opsional)

– Kelapa parut secukupnya

Langkah-langkah pembuatan

1. Campurkan tepung hunkwe dengan air dan aduk rata hingga tidak bergerindil.

2. Masukkan gula pasir, garam, dan daun pandan ke dalam adonan tepung hunkwe yang sudah diaduk rata tadi. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata.

3. Panaskan adonan di atas api kecil sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

4. Setelah adonan mengental dan mulai berkurang volume airnya, masukkan air daun pandan suji untuk memberikan aroma yang khas pada ongol ongol. Aduk rata sebentar lalu matikan api.

5. Tuangkan adonan ongol ongol ke dalam loyang atau wadah cetakan yang sudah diolesi dengan minyak sayur agar adonan tidak lengket. Biarkan adonan ongol ongol dalam loyang tersebut hingga mengeras dan dingin.

Baca juga:  Cara Membuat Puding Mawar Warna Warni

6. Setelah dingin, keluarkan ongol ongol dari cetakan dengan cara dikeluarkan, lalu taburi dengan kelapa parut secukupnya agar ongol ongol menjadi lebih lezat.

Ongol ongol dari tepung hunkwe siap disajikan sebagai hidangan penutup yang lezat dan segar. Camilan ini sangat cocok disantap bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Ongol-ongol merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang digemari oleh banyak orang. Salah satu bahan dasar untuk membuat ongol-ongol adalah tepung hunkwe. Proses pembuatannya tergolong cukup mudah, hanya dengan mencampurkan tepung hunkwe dengan air dan gula, kemudian dimasak hingga mengental. Setelah itu, adonan dituang ke dalam cetakan dan didiamkan hingga menjadi padat. Ongol-ongol siap untuk disajikan dengan taburan kelapa parut dan air gula merah sebagai pelengkapnya. Semoga resep sederhana ini dapat menambah variasi hidangan tradisional Indonesia di rumah Anda. Selamat mencoba dan menikmati!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Buat Ongol Ongol Dari Tepung Hunkwe

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ongol-ongol dari tepung hunkwe?

– 150 gram tepung hunkwe
– 500 ml air
– 150 gram gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– 1 lembar daun pandan, iris halus
– 200 ml santan kental

Bagaimana cara membuat larutan tepung hunkwe?

1. Campurkan tepung hunkwe dengan sedikit air hingga larut dan tidak bergerindil.
2. Masukkan sisa air dan aduk hingga rata.

Bagaimana langkah-langkah membuat ongol-ongol dari tepung hunkwe?

1. Rebus air dalam panci, masukkan gula pasir, garam, dan daun pandan yang telah diiris. Aduk hingga gula larut.
2. Tuang larutan tepung hunkwe sambil diaduk perlahan hingga kental dan mengental.
3. Jika sudah mengental, tambahkan santan kental sambil terus diaduk hingga adonan benar-benar kental dan matang.
4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak atau plastik tahan panas.
5. Diamkan hingga adonan mengeras dan set.
6. Potong-potong ongol-ongol dan sajikan.

Apa tambahan bahan atau variasi yang bisa ditambahkan dalam ongol-ongol dari tepung hunkwe?

Anda bisa menambahkan kelapa parut sebagai pelengkap atau taburan di atas ongol-ongol. Jika ingin variasi rasa, Anda dapat mencampurkan bubuk pandan atau esens vanila pada adonan tepung hunkwe.

Baca juga:  Cara Membuat Akar Kelapa Ondel-ondel

Berapa lama ongol-ongol dari tepung hunkwe dapat disimpan?

Ongol-ongol dapat disimpan di dalam lemari pendingin selama 1-2 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tetap segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *