Cara Buat Gemblong Beras Ketan

Berikut ini adalah cara membuat gemblong beras ketan, sejenis kudapan tradisional yang pasti akan menggugah selera Anda! Tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi juga teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi favorit banyak orang. Dengan beberapa langkah sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda dapat menyajikan gemblong beras ketan yang lezat di meja makan. Yuk, ikuti panduan lengkapnya untuk mengetahui rahasia dari kreasi kudapan yang begitu menggoda ini!

Cara Buat Gemblong Beras Ketan yang Gurih dan Renyah

Ketika berbicara tentang makanan tradisional Indonesia, satu hidangan manis yang selalu menggoda selera adalah gemblong beras ketan. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan digoreng hingga warnanya kecokelatan, lalu ditaburi dengan kelapa parut dan gula. Gemblong beras ketan memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah, membuatnya menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah cara yang sederhana untuk membuat gemblong beras ketan yang lezat.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 250 gram beras ketan
– 200 ml air matang
– 200 gram gula merah, serut halus
– 50 gram kelapa parut kasar
– Minyak goreng secukupnya

Langkah Pertama: Memasak Beras Ketan

Langkah pertama dalam pembuatan gemblong beras ketan adalah memasak beras ketan. Rendam beras ketan dalam air selama minimal 2 jam, kemudian tiriskan. Masukkan beras ketan ke dalam panci, tambahkan air, dan aduk rata. Panaskan panci dengan api sedang, dan masak beras ketan hingga airnya meresap sepenuhnya. Matikan api, tutup panci dengan rapat, dan biarkan beras ketan mengembang dalam panci selama sekitar 30 menit.

Langkah Kedua: Menggoreng Beras Ketan

Jika beras ketan sudah mengembang dan teksturnya lembut, siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Ambil segenggam beras ketan yang telah matang, pipihkan dengan tangan, dan bentuk bulat memanjang. Goreng beras ketan dalam minyak panas hingga warnanya kecokelatan, dan angkat gemblong ketan dengan sumpit atau alat yang serupa. Lakukan langkah yang sama dengan sisa beras ketan yang ada.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Laos Padang

Langkah Ketiga: Menghias dan Menyajikan

Setelah beras ketan digoreng, sisihkan sejenak gemblong ketan hingga dingin. Selagi gemblong ketan masih hangat, taburkan gula merah yang telah diserut halus dan kelapa parut kasar secara merata di permukaannya. Gemblong ketan siap dihidangkan sebagai camilan lezat kapan pun Anda menginginkannya.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat gemblong beras ketan yang gurih dan renyah. Anda dapat menyimpan gemblong ketan dalam wadah kedap udara agar tetap segar dan enak untuk beberapa hari ke depan. Jangan lupa untuk memperhatikan suhu minyak saat menggoreng beras ketan, dan pastikan untuk menggoreng dalam jumlah yang cukup agar gemblong ketan matang merata. Selamat mencoba!

Cara membuat gemblong beras ketan sangatlah mudah. Pertama, rendam beras ketan semalaman dan kukus hingga matang. Setelah itu, giling beras ketan yang sudah matang hingga halus. Kemudian, campurkan gula merah yang telah diparut dengan air, aduk hingga larut dan masak hingga mengental. Selanjutnya, tambahkan beras ketan yang sudah digiling dan aduk rata. Setelah adonan terbentuk, bentuklah menjadi bulatan kecil dan gulingkan pada kelapa parut. Gemblong beras ketan siap disantap dan menjadi hidangan lezat yang cocok dinikmati dalam segala kesempatan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Buat Gemblong Beras Ketan

Apa itu gemblong beras ketan?

Gemblong beras ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang digoreng dan dilapisi dengan gula merah cair.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gemblong beras ketan?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gemblong beras ketan antara lain:
1. Beras ketan
2. Gula merah
3. Air kelapa
4. Daun pandan
5. Minyak goreng

Bagaimana cara membuat gula merah cair untuk melapisi gemblong?

Untuk membuat gula merah cair, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Potong gula merah menjadi kecil-kecil agar mudah larut.
2. Panaskan air kelapa bersama dengan potongan gula merah dan daun pandan.
3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan menjadi kental.
4. Angkat gula merah cair dari api dan sisihkan.

Baca juga:  Cara Membuat Telur Ceplok Kuah Kuning

Bagaimana cara membuat gemblong beras ketan?

Berikut langkah-langkah dalam membuat gemblong beras ketan:
1. Rendam beras ketan dalam air selama 2-3 jam.
2. Tiriskan beras ketan dan kukus selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang.
3. Angkat beras ketan dari kukusan dan dinginkan sejenak.
4. Ambil sejumput beras ketan dan pipihkan dengan tangan.
5. Letakkan gula merah cair di tengah beras ketan dan rapatkan menjadi bentuk bulat.
6. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
7. Goreng gemblong beras ketan hingga kuning kecokelatan.
8. Angkat gemblong dan tiriskan minyaknya.
9. Gemblong beras ketan siap disajikan.

Bagaimana cara menyimpan gemblong beras ketan?

Gemblong beras ketan dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Jika ingin disimpan lebih lama, dapat dimasukkan ke dalam kulkas dengan suhu rendah.

Apa variasi tambahan bahan yang bisa ditambahkan dalam gemblong beras ketan?

Beberapa variasi tambahan bahan yang dapat ditambahkan dalam gemblong beras ketan antara lain wijen sangrai, kelapa parut sangrai, atau kacang tanah sangrai yang ditaburkan di permukaan gemblong sebelum digoreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *