Cara Bikin Tempe Penyet Sambal Bawang

Siapa yang tidak menyukai tempe penyet dengan sambal bawang yang pedas dan sedap? Mungkin Anda berpikir bahwa membuat hidangan ini rumit dan membutuhkan banyak waktu, tetapi sebenarnya, tidaklah sulit! Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat tempe penyet dengan sambal bawang yang lezat tanpa ribet. Siapkan diri Anda untuk mencoba resep yang praktis dan menggugah selera ini!

Cara Bikin Tempe Penyet Sambal Bawang ala Restoran

Para pecinta kuliner khususnya masakan Indonesia tentu tidak asing dengan tempe penyet sambal bawang yang lezat dan menggugah selera. Makanan ini menjadi favorit banyak orang karena gurihnya tempe yang digoreng kering dan pedasnya sambal bawang yang menggoyang lidah. Jika Anda ingin mencoba membuat tempe penyet sambal bawang ala restoran, berikut adalah resep yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

– 300 gram tempe

– Minyak goreng secukupnya

– Garam secukupnya

– Air secukupnya

– 10 siung bawang merah

– 5 siung bawang putih

– 5 buah cabai rawit merah

– 3 buah cabai merah besar

– 1 sendok teh terasi

– 1 sendok teh air jeruk nipis

– Gula secukupnya

Cara membuat:

1. Pertama-tama, bersihkan tempe dan potong-potong sesuai selera. Anda bisa memotong tempe menjadi persegi panjang atau kotak-kotak. Jangan lupa untuk menghilangkan bagian tengah yang berwarna lebih pucat dan keras pada setiap potongan tempe.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng tempe hingga kecokelatan dan renyah. Setelah itu, angkat dan tiriskan tempe dari minyak.

3. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, dan cabai merah besar. Iris-iris bawang merah dan bawang putih, serta iris cabai rawit merah dan cabai merah besar.

4. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum menggunakan minyak sisa dari menggoreng tempe. Kemudian masukkan cabai rawit merah dan cabai merah besar, serta terasi. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan matang. Angkat dari wajan dan biarkan sambal agak dingin.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Asin Pada Ikan Asin

5. Setelah sambal sedikit dingin, haluskan sambal dalam blender atau ulek secara tradisional. Tambahkan gula secukupnya untuk menyeimbangkan rasa pedas sambal.

6. Kembali ke tempe yang telah digoreng, geprek atau tumbuk sedikit tempe menggunakan ulekan atau cobek.

7. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan dan goreng tempe yang sudah ditekan hingga kecokelatan dan renyah.

8. Angkat tempe penyet dan tiriskan minyaknya.

9. Siapkan piring saji dan tata tempe penyet di atasnya. Sajikan tempe dengan sambal bawang yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air jeruk nipis sesuai selera.

Sekarang tempe penyet sambal bawang lezat ala restoran siap untuk dinikmati. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Untuk membuat Tempe Penyet Sambal Bawang yang lezat, pertama-tama, siapkan tempe yang sudah diiris tipis, lalu rendam tempe dalam air garam selama 15 menit. Setelah itu, tiriskan tempe dan goreng hingga kuning kecokelatan. Selanjutnya, membuat sambal bawang dengan menumis bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit hingga harum. Kemudian, haluskan semua bahan sambal dan tambahkan garam serta gula sesuai selera. Setelah itu, tumbuk sambal bawang dengan ulegan hingga halus. Terakhir, tata tempe goreng di atas piring dan beri sambal bawang di atasnya. Selamat menikmati Tempe Penyet Sambal Bawang yang pedas dan menggugah selera!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Bikin Tempe Penyet Sambal Bawang

Apa itu tempe penyet sambal bawang?

Tempe penyet sambal bawang adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari tempe yang digoreng hingga renyah, disajikan dengan sambal bawang yang pedas.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe penyet sambal bawang?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe penyet sambal bawang antara lain:
– Tempe
– Bawang putih
– Cabai merah keriting
– Garam
– Gula
– Minyak goreng
– Air jeruk nipis

Bagaimana cara membuat tempe penyet yang renyah?

Untuk membuat tempe penyet yang renyah, ikuti langkah berikut:
1. Potong tempe menjadi beberapa bagian.
2. Goreng tempe dalam minyak goreng panas hingga kecokelatan dan renyah.
3. Angkat tempe dan tiriskan minyak berlebih.

Baca juga:  Cara Membuat Sop Buah Bandung

Bagaimana cara membuat sambal bawang yang pedas?

Berikut cara membuat sambal bawang yang pedas:
1. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum.
2. Masukkan cabai merah keriting yang telah dihaluskan dan aduk rata.
3. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis secukupnya.
4. Aduk rata dan masak hingga sambal matang.

Bagaimana cara menyajikan tempe penyet sambal bawang?

Untuk menyajikan tempe penyet sambal bawang, letakkan tempe goreng di atas piring atau nampan. Kemudian, ratakan sambal bawang di atas tempe goreng. Sajikan dengan nasi hangat dan lalapan segar.

Apa yang dapat disajikan sebagai pelengkap tempe penyet sambal bawang?

Sebagai pelengkap, Anda dapat menyajikan timun, tomat, atau selada sebagai lalapan segar. Tambahan sambal atau kerupuk juga dapat menambah cita rasa hidangan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *