Cara Bikin Puding Es Doger

Puding Es Doger adalah salah satu makanan penutup yang terkenal dengan kombinasi rasa manis dan segar yang memanjakan lidah. Kudapan tradisional ini berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti tape ketan hitam, alpukat, kolang-kaling, jagung manis, serta kelapa parut yang disiram dengan sirup cocopandan. Cara membuatnya pun tidak sulit dan dapat kamu coba sendiri di rumah. Yuk, simak cara bikin Puding Es Doger spesial ini dan rasakan sensasi kelezatannya di tengah cuaca yang panas!

Cara Bikin Puding Es Doger yang Lezat dan Segar

Masih mencari hidangan manis yang cocok untuk melepaskan dahaga di tengah cuaca panas? Puding Es Doger bisa menjadi pilihan yang tepat! Kombinasi unik antara puding klasik dengan es campur yang segar membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Berikut adalah cara membuat Puding Es Doger yang lezat.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 1 sachet agar-agar plain
– 500 ml air
– 200 ml santan kental
– 150 gr gula pasir
– 1 sdt vanili bubuk
– 1 sdt air mawar
– 100 gr mutiara sagu
– 100 gr ubi ungu, kukus dan potong dadu
– 100 gr nangka, potong dadu
– 100 gr kelapa muda parut
– 1 sdt air kapur sirih
– Es serut secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Larutkan agar-agar plain dengan 500 ml air dalam panci hingga rata.
2. Tambahkan santan kental, gula pasir, dan vanili bubuk ke dalam panci. Aduk rata.
3. Panaskan campuran agar-agar dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
4. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan air mawar. Aduk rata.
5. Segera tuangkan adonan puding ke dalam cetakan atau loyang yang telah dialasi dengan air kapur sirih. Biarkan hingga adonan mengeras.
6. Sementara itu, siapkan gelas saji. Tambahkan mutiara sagu, potongan ubi ungu, nangka, dan kelapa muda parut di dalam gelas.
7. Setelah puding mengeras, potong-potong puding menjadi ukuran yang diinginkan dan tambahkan di atas campuran yang ada dalam gelas saji.
8. Terakhir, tambahkan es serut secukupnya dan hidangan Puding Es Doger pun siap disantap!

Baca juga:  Cara Membuat Kue Akar Sampai

Itulah cara membuat Puding Es Doger yang lezat dan segar. Hidangan penutup ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan memberikan kejutan rasa yang unik. Selamat mencoba!

Membuat puding es doger adalah pilihan yang tepat untuk menikmati hidangan penutup segar dan lezat. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti santan, jagung manis, nangka, gula merah, dan agar-agar bubuk. Setelah itu, rebus santan dengan gula merah hingga larut dan campurkan agar-agar bubuk. Tambahkan jagung manis dan nangka serta aduk rata, lalu tuangkan dalam cetakan. Diamkan hingga set, kemudian puding es doger siap dinikmati dengan sensasi manis, segar, dan aroma santan yang khas. Nikmati puding es doger sebagai pencuci mulut yang sempurna untuk mengakhiri hidangan dengan gaya yang berbeda. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Bikin Puding Es Doger

1. Apa itu puding es doger?

Puding es doger adalah makanan penutup yang terbuat dari puding susu dengan tambahan es serut, cincau, ketan hitam, kelapa muda, sirup merah, dan santan.

2. Bagaimana cara membuat puding susu untuk es doger?

Untuk membuat puding susu, siapkan bahan seperti susu cair, gula, agar-agar bubuk, dan vanili. Kemudian, campur semua bahan dalam panci, aduk rata, dan panaskan sampai mendidih. Setelah itu, tuang adonan ke dalam cetakan dan dinginkan hingga mengeras.

3. Apa saja bahan tambahan yang digunakan dalam es doger?

Bahan tambahan yang digunakan dalam es doger antara lain es serut, cincau, ketan hitam, kelapa muda parut, sirup merah, dan santan.

4. Bagaimana cara membuat es serut untuk es doger?

Untuk membuat es serut, siapkan es batu dan serutan es elektrik atau blender. Masukkan es batu ke dalam mesin serutan atau blender, lalu serut hingga mendapatkan tekstur es yang halus seperti salju.

5. Bagaimana cara menyajikan es doger?

Untuk menyajikan es doger, letakkan potongan puding susu di dasar mangkuk atau gelas. Tambahkan es serut di atas puding, kemudian tambahkan cincau, ketan hitam, kelapa muda, dan sirup merah. Terakhir, siram dengan santan. Es doger siap disajikan.

Baca juga:  Cara Masak Lele Untuk Balita

6. Apa keunikan rasa dari es doger?

Es doger memiliki kombinasi rasa manis dan segar. Puding susu memberikan rasa lembut dan creamy, sedangkan tambahan cincau, ketan hitam, kelapa muda, dan sirup merah memberikan rasa gurih dan manis. Santan memberikan kesegaran dan cita rasa khas es doger.

7. Apakah es doger mudah untuk dibuat?

Ya, es doger relatif mudah untuk dibuat. Proses membuat puding susu dan es serut tidak terlalu rumit. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan umumnya mudah ditemukan di pasaran.

8. Bisakah es doger disimpan dalam lemari es?

Es doger sebaiknya disajikan secara langsung setelah pembuatan untuk mendapatkan sensasi kesegaran dan kelembutan yang optimal. Namun, jika ingin menyimpannya, pisahkan puding, es serut, dan bahan tambahan. Simpan puding dalam wadah tertutup di dalam lemari es, es serut dalam kantong plastik di dalam freezer, dan bahan tambahan dalam wadah terpisah. Kemudian, saat akan disantap, cukup menyusun kembali semua komponen dan sajikan.

9. Apakah es doger hanya bisa disajikan saat cuaca panas?

Es doger bisa disajikan kapan pun tergantung selera. Meskipun es doger cocok dinikmati saat cuaca panas karena memberikan sensasi kesegaran, namun tidak ada larangan untuk menyantapnya di cuaca yang lebih sejuk. Tetap enak untuk dinikmati sebagai makanan penutup yang menyegarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *