Cara Bikin Ketan Urap Kelapa

Siapa yang bisa menolak kelezatan Ketan Urap Kelapa? Hidangan tradisional Indonesia yang satu ini memukau dengan kombinasi ketan yang lembut dan kelapa parut yang gurih. Dengan menambahkan bumbu dan bahan pelengkap yang pas, kamu bisa menciptakan hidangan yang sempurna untuk dinikmati sepanjang waktu. Yang terbaik dari semua ini adalah ketan urap kelapa bisa dengan mudah dibuat di rumah, tanpa perlu ribet mencarinya di pasar atau toko. Jadi, siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan hidangan yang lezat ini di dapurmu sendiri.

Cara Bikin Ketan Urap Kelapa yang Lezat dan Menyegarkan

Menikmati Ketan Urap Kelapa yang Lezat dan Sederhana

Bagi pecinta makanan tradisional Indonesia, ketan urap kelapa tentu bukanlah hal yang asing. Makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan, kemudian disajikan dengan kelapa parut dan bumbu rempah ini selalu menjadi favorit di berbagai acara seperti perayaan hari besar, pengajian, hingga acara keluarga. Tak hanya lezat, ketan urap kelapa juga memberikan rasa yang menyegarkan di setiap gigitannya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat ketan urap kelapa, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di antaranya adalah:

– 250 gram ketan putih

– 200 ml santan dari kelapa parut yang disaring

– 1/2 sendok teh garam

– 3 lembar daun pandan

– 100 gram kelapa parut kasar

– 1 sendok makan minyak kelapa

– Gula dan garam secukupnya

Cara Memasak Ketan Urap Kelapa

1. Pertama-tama, rendam ketan putih dengan air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan ketan dan kukus selama 30-40 menit hingga matang sempurna.

2. Sementara itu, panaskan santan, gula, garam, dan daun pandan dalam panci dengan api sedang. Aduk merata hingga gula dan garam larut dalam santan. Setelah itu, angkat dari api dan sisihkan.

3. Panaskan minyak kelapa di dalam wajan, tumis kelapa parut kasar hingga berubah warna menjadi keemasan dan garing. Angkat dan sisihkan kelapa parut yang telah ditumis.

4. Setelah ketan matang, masukkan ketan ke dalam wadah, tambahkan santan yang sudah disiapkan tadi secara perlahan, aduk merata hingga santan tercampur sempurna dengan ketan.

Baca juga:  Cara Goreng Lele Agar Tidak Meletup

5. Terakhir, tambahkan garam secukupnya sesuai selera pada ketan urap yang telah tercampur santan, aduk merata.

6. Ketan urap kelapa siap disajikan dengan taburan kelapa parut kasar yang sudah ditumis. Sajikan selagi hangat agar rasanya lebih lezat.

Pilihan Variasi Ketan Urap Kelapa

Jika Anda ingin mencoba variasi lain, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti irisan telur rebus, tauge, atau serundeng sebagai pelengkap ketan urap kelapa. Hal ini akan memberikan cita rasa yang berbeda dan lebih menarik bagi lidah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat sendiri ketan urap kelapa di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta.

Untuk membuat Ketan Urap Kelapa yang lezat, pertama-tama rebus dulu ketan hingga matang sempurna. Kemudian campurkan ketan dengan kelapa parut yang telah dicampur dengan garam, gula, dan sedikit air. Aduk rata hingga tercampur merata. Selanjutnya, kukus ketan dalam dandang selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan aroma kelapa tercium harum. Angkat dan biarkan sedikit dingin sebelum disajikan. Sajikan Ketan Urap Kelapa dengan taburan bawang goreng dan serundeng. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Bikin Ketan Urap Kelapa

1. Apa itu ketan urap kelapa?

Ketan urap kelapa adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari ketan (nasi pulen yang lengket) yang disajikan dengan serundeng kelapa yang lezat.

2. Bagaimana cara membuat ketan urap kelapa?

– Pertama, rendam ketan dalam air selama minimal 2 jam, lalu tiriskan.
– Rebus ketan dalam kukusan selama 30-40 menit hingga matang sempurna.
– Sementara itu, tumis kelapa parut dengan bumbu serundeng hingga harum dan matang.
– Setelah ketan matang, angkat dari kukusan dan dinginkan sejenak.
– Campurkan kelapa serundeng dengan ketan, aduk rata hingga tercampur sempurna.
– Ketan urap kelapa siap disajikan dan dinikmati.

3. Bagaimana bumbu serundeng yang dapat digunakan?

Bumbu serundeng yang bisa digunakan antara lain kelapa parut kering, bawang putih, bawang merah, cabai merah/green chili, garam, gula merah, dan terasi. Bumbu-bumbu ini ditumis hingga harum dan matang.

Baca juga:  Cara Membuat Bumbu Urap Jawa Timur

4. Apakah ketan urap kelapa bisa disimpan dalam waktu lama?

Ketan urap kelapa sebaiknya disajikan dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah dibuat agar rasanya tetap lezat. Jika ingin menyimpannya, sebaiknya masukkan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas dan bisa tahan selama 2-3 hari.

5. Apa saja alternatif menikmati ketan urap kelapa?

Selain disajikan langsung, ketan urap kelapa juga bisa digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan seperti lemper, lontong sayur, atau ketupat sayur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *