Cara Bikin Gemblong Ketan Gula Merah

Siapa yang tidak menyukai makanan manis yang satu ini? Gemblong ketan gula merah memang menjadi salah satu camilan tradisional yang paling digemari di Indonesia. Bagi pecinta kuliner, membuatnya sendiri di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa mencoba membuat gemblong ketan gula merah sendiri di dapur rumah. Yuk, simak cara pembuatannya di bawah ini!

Cara Bikin Gemblong Ketan Gula Merah Yang Nikmat

Gemblong ketan gula merah merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis, gurih, dan kenyal membuat orang sulit untuk menolaknya. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat gemblong ketan gula merah sendiri di rumah, berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 500 gram ketan putih
– 200 gram gula merah, serut halus
– 200 ml air
– Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Langkah-langkah pembuatan:

1. Pertama, rendam ketan dalam air selama kurang lebih 2 jam. Kemudian tiriskan.
2. Siapkan panci kukusan, panaskan air dalam panci hingga mendidih.
3. Letakkan ketan yang sudah ditiriskan di dalam kukusan, kukus ketan selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang dan empuk.
4. Setelah ketan matang, angkat dan dinginkan sebentar.
5. Selanjutnya, bentuk ketan menjadi bulat-bulat kecil atau sesuai dengan selera, kemudian tusuk menggunakan tusuk gigi.
6. Siapkan panci atau wajan, masukkan gula merah serut dan air. Masak dengan api sedang hingga gula merah larut dan membentuk larutan gula merah.
7. Setelah larutan gula merah terbentuk, masukkan bulatan ketan yang sudah ditusuk pada larutan gula merah. Aduk perlahan hingga ketan terbalut merata dengan gula merah.
8. Angkat bulatan ketan gula merah dan bungkus dengan daun pisang. Diamkan beberapa saat hingga gemblong ketan gula merah mengeras dan siap disajikan.

Demikianlah cara mudah untuk membuat gemblong ketan gula merah yang nikmat ini. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan menikmati kelezatan jajanan tradisional yang satu ini. Selamat mencoba!

Baca juga:  Cara Bikin Lele Sambal Goreng

Untuk membuat gemblong ketan gula merah, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti ketan, gula merah, air pandan, dan serundeng kelapa. Setelah itu, kukus ketan hingga matang dan kenyal. Selanjutnya, larutkan gula merah dengan air pandan hingga menjadi sirup yang kental. Setelah ketan matang, tambahkan sirup gula merah ke dalam ketan dan aduk merata. Terakhir, taburi gemblong dengan serundeng kelapa untuk memberikan rasa gurih. Selamat menikmati gemblong ketan gula merah yang lezat dan nikmat!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Bikin Gemblong Ketan Gula Merah

1. Apa itu gemblong ketan gula merah?

Gemblong ketan gula merah adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang digoreng dengan taburan gula merah di atasnya.

2. Bagaimana cara membuat gemblong ketan gula merah?

– Pertama, panaskan kukusan dan siapkan ketan putih yang sudah direndam minimal 4 jam.
– Kukus ketan selama sekitar 30-45 menit hingga matang dan mengental.
– Setelah itu, angkat ketan dan biarkan hingga suhu ruangan.
– Ambil sejumput ketan, pipihkan, lalu beri isi gula merah yang sudah dipotong-potong kecil.
– Bentuk ketan menjadi bulat dengan gula merah di dalamnya, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan.
– Tiriskan dan sajikan gemblong ketan gula merah.

3. Apakah ada alternatif pengganti gula merah?

Ya, jika tidak ada gula merah, bisa menggunakan gula kelapa yang serut atau gula pasir sebagai penggantinya. Namun, gula merah memberikan rasa khas yang lebih lezat pada gemblong ini.

4. Berapa lama gemblong ketan gula merah bisa disimpan?

Gemblong ketan gula merah bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu lebih singkat untuk mendapatkan tekstur dan rasa terbaik.

5. Bisakah gemblong ketan gula merah dibekukan?

Gemblong ketan gula merah bisa dibekukan, tapi disarankan untuk mengonsumsinya saat masih segar. Setelah dibekukan, tekstur dan rasa gemblong biasanya berubah.

6. Apakah gemblong ketan gula merah bisa dijadikan oleh-oleh?

Ya, gemblong ketan gula merah bisa dijadikan oleh-oleh tradisional yang enak dan cocok untuk dibawa pulang atau diberikan kepada teman dan keluarga setelah berkunjung ke tempat asalnya.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Dari Tepung Terigu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *