Cara Bikin Bubur Sumsum Pake Tepung Hunkwe

Pernahkah Anda ingin mencoba membuat bubur sumsum yang lezat dan creamy, namun terbentur pada kendala waktu? Tenang, karena sekarang ada cara praktis untuk membuat bubur sumsum menggunakan tepung hunkwe! Resep ini akan membantu Anda menikmati kelezatan bubur sumsum dalam waktu singkat dan dengan hasil yang memuaskan.

Cara Bikin Bubur Sumsum Pake Tepung Hunkwe

1. Bahan-bahan dan Persiapan

Untuk membuat bubur sumsum yang lezat dan lembut menggunakan tepung hunkwe, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

– 150 gram tepung hunkwe

– 500 ml air

– 200 gram gula pasir

– 1 liter santan

– Garam secukupnya

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan panci, sendok kayu, dan wadah untuk menyajikan bubur.

2. Mengolah Tepung Hunkwe

Langkah pertama dalam membuat bubur sumsum dengan tepung hunkwe adalah mengolah tepung tersebut. Campurkan tepung hunkwe dengan sedikit air, lalu aduk hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan pada adonan tepung.

Setelah itu, panaskan panci di atas api sedang dan tuangkan air yang sudah disiapkan. Tambahkan santan, gula pasir, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Memasak Bubur Sumsum

Setelah adonan tepung hunkwe tercampur rata dengan santan, lanjutkan dengan memasak bubur sumsum. Pastikan api dalam keadaan kecil agar bubur tidak cepat gosong.

Aduk-aduk secara terus-menerus agar bubur tidak menggumpal dan terbakar di bagian bawah panci. Lakukan ini selama kurang lebih 30 menit hingga bubur sumsum terasa kental dan lembut.

4. Penyajian Bubur Sumsum

Setelah bubur sumsum matang, matikan api dan biarkan bubur sedikit dingin. Tuangkan bubur sumsum ke dalam wadah penyajian, kemudian dinginkan di dalam lemari es.

Bubur sumsum dengan tepung hunkwe biasanya disajikan dingin untuk memberikan sensasi segar saat disantap. Anda bisa menambahkan es serut, biji selasih, atau kelapa parut sebagai topping sesuai selera.

Demikianlah cara membuat bubur sumsum pake tepung hunkwe yang lezat dan segar. Selamat mencoba dan selamat menikmati bubur sumsum yang lezat ini!

Baca juga:  Cara Membuat Mangut Lele Jogja

Bubur Sumsum adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang lezat dan menyegarkan. Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan tepung hunkwe yang dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Pertama-tama, campurkan tepung hunkwe dengan air secukupnya hingga tercampur rata. Setelah itu, masak campuran tepung hunkwe tersebut dengan api kecil sambil terus diaduk hingga menjadi bubur kental. Jangan lupa tambahkan gula secukupnya agar memiliki rasa yang manis. Setelah bubur matang, sajikan dalam mangkuk dan taburi dengan parutan kelapa atau madu sebagai tambahan. Bubur Sumsum Pake Tepung Hunkwe siap dinikmati, baik dalam kondisi hangat maupun dingin. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Bikin Bubur Sumsum Pake Tepung Hunkwe

Apa itu bubur sumsum?

Bubur sumsum adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan dan air santan, memiliki tekstur yang lembut dan kental.

Apa itu tepung hunkwe dan mengapa digunakan dalam bubur sumsum?

Tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari bahan dasar ketan hitam atau ketan putih. Tepung ini digunakan dalam bubur sumsum untuk memberikan tekstur yang lembut dan kenyal pada bubur.

Bagaimana cara membuat bubur sumsum menggunakan tepung hunkwe?

1. Campurkan 100 gram tepung hunkwe dengan sedikit air matang hingga terbentuk adonan kental dan tidak bergerindil.
2. Rebus 800 ml air matang dalam panci besar.
3. Tambahkan adonan tepung hunkwe ke dalam panci, aduk rata dan masak dengan api kecil hingga mengental.
4. Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai selera, aduk hingga gula larut.
5. Tuang bubur sumsum dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin sejenak sebelum disajikan.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur sumsum pake tepung hunkwe?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur sumsum pake tepung hunkwe antara lain:
– 100 gram tepung hunkwe
– air matang
– gula pasir secukupnya

Apakah bubur sumsum pake tepung hunkwe bisa ditambahkan topping?

Ya, bubur sumsum pake tepung hunkwe bisa ditambahkan topping sesuai selera seperti kelapa parut, biji-bijian, kacang, atau sagu mutiara.

Baca juga:  Cara Buat Tepung Hunkwe Nangka

Bagaimana cara menyajikan bubur sumsum pake tepung hunkwe yang lezat?

Untuk menyajikan bubur sumsum pake tepung hunkwe yang lezat, Anda bisa menambahkan kelapa parut dan gula merah yang sudah diparut sebagai topping. Selain itu, bubur juga bisa disajikan dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu atau sirup manis sebagai penambah rasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *