Begini Cara Mudah Bersihkan Tangki Motor

Cara Mudah Bersihkan Tangki Motor – Motor memang selalu butuh perawatan, apalagi pada mesin, body dan juga ban. Namun kali ini yang akan kami bahas tentang cara membersihkan tangki motor. Karena biasanya tangki motor sangatlah kotor, jadi sangat perlu untuk dibersihkan.

Apakah Anda tahu jika tidak rajin merawat tangki motor, mungkin motor Anda akan cepat ngadat atau tersendat-sendat kemudian mogok. Hal ini karena banyak kotoran yang menyumbat tangki sehingga bensin yang keluar hanyalah sedikit dan kerja mesin akan terhambat. Jika Anda tidak menginginkan motor kesayangan Anda mogok ditengah jalan mending bersihkan secara rutin.

Lalu, bagaimana sih cara mudah bersihkan tangki motor? Kami akan membahasnya untuk Anda pada artikel ini. Namun ada baiknya Anda segera menyimak daripada motor Anda tersendat dahulu gara-gara banyaknya kotoran yang menyumbat di tangki. Yuk simak artikel ini hingga akhir yah.

Cara Mudah Bersihkan Tangki Motor, Memang Ada?

Begini Cara Mudah Bersihkan Tangki Motor

Dibawah ini merupakan beberapa cara mudah bersihkan tangki motor yang bisa Anda coba nantinya. Adapun beberapa cara-caranya sebagai berikut ini:

Harus Dibersihkan Secara Berkala

Cara mudah bersihkan tangki motor yang pertama adalah dengan dibersihkan secara berkala. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran yang diakibatkan karena penggunaan bahan bakar ayang murah. Jadi hal ini bisa dilakukan untuk mencegah tangki motor keropos lalu bocor. Cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan tangki adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah yang pertama Anda bisa menguras tangki bensin dengan menyiapkan sebuah ember untuk menampung bensin. Dan jangan lupa untuk melepas tangki dari motor untuk menuangkan bensin ke ember.
  2. Setelah itu Anda bisa melepaskan keran bensin da juga pelampung dengan kunci pas. Hal ini dilakukan agar bensin mengalir di kedua sisi atau celah yang telah dibuka itu ke dalam ember hingga bensin keluar semua tak tersisa.
  3. Untuk selanjutnya ketika bensin sepenuhnya sudah dipindahkan ke ember, Anda bisa menyumbat lubang atau celah yang sudah dibuka tadi dengan plastik. Dan jangan lupa untuk memasukkan batu kecil. Dan berilah sedikit bensin kemudian goyangkan beberapa kali agar kerak yang dapat mengelupas dengan sendirinya.
  4. Lalu keluarkan bensin yang tercampur dengan kotoran tadi. Jika dirasa kurang cukup bersihkan, Anda bisa mengulanginya lagi cara yang diatas.
  5. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan keran bensin menggunakan sikat yang telah dilumuri oleh bensin dan jemur agar cepat kering.
  6. Untuk menjaga tangki tetap bersih, Anda bisa menggunakan Carbon Cleaner yang bisa didapatkan di bengkel atau toko otomotif lainnya. Penggunaan carbon yang satu ini berfungsi untuk menyerap kandungan timbal pada bensin dengan oktan yang rendah.
Baca juga:  Cara Praktis Membersihkan Helm Motor Sendiri Agar Tidak Bau Apek

Jika Sibuk, Bawalah Ke Bengkel

Nah, jika Anda tidak dapat membersihkan sendiri dirumah karena terlalu sibuk, tidak ada waktu atau memang tidak bisa membongkar da yang lainnya. Anda mungkin bisa menggunakan cara mudah bersihkan tangki motor yang satu ini tanpa ribet. Cukup Anda bawa ke bengkel terdekat atau bengkel resminya dengan membawa uang 100 ribuan – 200 ribuan, Tangki motor Anda akan bersih dan terawat.

Nah, itulah beberapa cara praktis bersihkan tangki motor yang bisa Anda coba dan ketahui. Memang bukan hanya mesin yang perlu dirawat maupun bodi, namun tangki motor pun juga harus dirawat dengan cara dibersihkan secara rutin dan berkala. Hal ini dilakukan agar motor Anda tidak mudah mogok dan tetap awet serta lancar jika digunakan berkendara kemana pun. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua J

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara agar bensin tidak ember dari tanki -cara membersihkan tangki bensin dg mudah dan praktis -usir air di tangki bensin dengan kamfer -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *