Tips Merawat Smartphone Android Agar Selalu Awet

Tips Merawat Smartphone Android Agar Selalu Awet – Meskipun harga smartphone android saat ini sudah sangat terjangkau, bukan berarti kita abai dalam menjaga keawetannya. Semakin awet smartphone tentu membuat budget semakin hemat. Anda pun tidak perlu repot backup data, pindah kartu, dll ketika hendak mengganti smartphone. Merawat smartphone juga bertujuan ketika anda ingin menjualnya, harga second-nya tidak turun begitu jauh. Banyak harga second yang begitu jatuh karena smartphone mengalami kerusakan di beberapa komponen.

Misalnya baterai, cashing, layar, hingga hilangnya komponen bawaan. Terlebih jika smartphone anda pada mulanya dibeli dengan harga cukup tinggii, tentu saja menjaganya agar tetap awet perlu kita lakukan. Menjaga keawetan smartphone bisa dilakukan dengan merawat baterai, layar, hingga beberapa komponen yang mudah rusak. Nah jika anda ingin smartphone android lebih awet, anda bisa mencoba beberapa tips merawat smartphone yang akan diulas berikut ini.

Tips Merawat Smartphone Android

1. Berikan cashing tambahan dan pelindung layar

Memang smartphone sudah dilengkapi dengan cashing yang kuat. Namun tidak ada salahnya menambah cashing tambahan. Misalnya garskin, cashing plastik, dan berbagai pelindung lain. Tujuannya agar cashing asli tidak tergores dan cepat rusak. Selain itu tambahkan pelindung layar agar kualitas layar asli tetap terjaga dan baru. Jika ingin dijual pun harga smartphone tidak turun jauh.

2. Simpan di tempat aman

Selalu simpan smartphone di tempat yang aman. Maksudnya simpan di suhu ruangan normal. Hindarkan medan magnet. Misalnya mendekatkannya dengan alat elektronik. Karena medan magnet akan menyebabkan beberapa komponennya cepat aus dan bereaksi cukup keras. Oleh sebab itu simpan smartphone di tempat aman dan jauh dari panas serta kelembapan.

3. Matikan ponsel ketika sedang di-charge

Tujuan mematikan ponsel ketika dicharge agar pengisian lebih cepat. Selain itu, arus masuk smartphone lebih optimal. Arus keluar yang tidak terjadi karena smartphone non-aktif bisa kita cegah. Pengisian yang lebih fokus juga akan membuat baterai lebih awet. Bagi baterai tanam, cara tersebut sangat menguntungkan karena akan memperpanjang umur baterai tersebut.

4. Bersihkan secara berkala

Jangan sepelekan masalah debu pada smartphone. Karena penumpukan debu ini akan menyebabkan kondisi mesin, kamera, dan berbagai sistem lainnya mengalami kerusakan. Upayakan rutin membersihkan smartphone. Pastikan tangan bersih dan bebas minyak agar smartphone selalu bersih. Terutama di bagian layarnya, anda mesti rutin membersihkannya.

5. Charge sesuai kebutuhan

Jangan sampai smartphone terus mengalami overcharging. Pasalnya overcharging akan menyebabkan baterai lebih aus. Komponen di baterai yang selalu diisi berlebihan akan cepat rusak. Charge smartphone jangan sampai terlalu lama. Jika sudah mendekati 100%, sebaiknya hentikan proses pengisian daya. Jika baterai sudah 20%, segera isi agar kualitas baterai lebih terjaga.

Itu dia sejumlah cara merawat smartphone android agar selalu awet. Semoga membantu anda dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *