Tips Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

Tips Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game – Game merupakan salah satu jenis aplikasi yang cukup berat. Umumnya kapasitasnya mencapai puluhan hingga ratusan MB. hal inilah yang membuat android terkadang lemot ketika memainkan game. Sebenarnya walaupun spesifikasi smartphone terbatas, bermain game tetap menyenangkan tanpa khawatir lag. Yang terpenting adalah cermat dalam membagi kapasitas memori penyimpanan serta RAM-nya. Untuk mencegah lemot ketika main game, anda bisa mencoba beberapa cara sederhana dulu.

Misalnya dengan mengatasi cache yang menumpuk, data aplikasi yang sudah tertimbun, hingga melegakan ruang penyimpanan. Jika ruang penyimpanan lega, kinerja smartphone pun akan lebih ringan. Untuk mengatasi lemotnya smartphone ini, sebenarnya tidak perlu tambahan aplikasi pihak ketiga. Cara manual pun bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Nah jika anda ingin mencoba tips agar hp tidak lemot saat main game, cobalah beberapa cara mudahnya berikut ini.

Tips Agar HP Tidak Lemot Saat Main Game

1. Bersihkan cache aplikasi

Cache merupakan residu aplikasi yang jika menumpuk di memori penyimpanan akan menyebabkannya mudah penuh dan membuat smartphone melambat. Agar tidak selalu lamban, upayakan membersihkan cache secara berkala. Anda bisa melakukannya secara manual. Yakni dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih Aplikasi Terinstall. Pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya. Tekan Hapus data dan pilih Hapus Cache.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Membersihkan cache secara manual pun bisa semakin mudah dengan hadirnya aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mengunduh aplikasi pembersih cache. Misalnya Clean Master, DU Speed Booster, dll. Aplikasi tersebut mampu membersihkan cache secara otomatis. Bahkan kerap memberikan pemberitahuan dan menjadwalkan pembersihan cache. Dengan pembersihan cache yang ter-jadwalkan, android pun akan bebas lemot meskipun sedang memainkan game berat.

3. Update game

Android bisa melambat kinerjanya disebabkan oleh aplikasi yang tidak dalam versi baru. Tidak ada salahnya mencoba update game secara berkala. dengan update terbaru, game pun akan sesuai dengan pembaruan-pembaruan smartphone. Cobalah sering ke Play Store dan cek update game tersebut. Jika tersedia opsi pembaruan, jangan ragu untuk memperbaharui game tersebut.

4. Tutup aplikasi yang sedang aktif

Game yang anda mainkan bisa melambat dan mempengaruhi smartphone sebab banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. banyaknya aplikasi aktif ini akan menyedot kinerja RAM dan memerlukan kapasitas memori internal cukup besar. Hal inilah yang membuat beban kerja smartphone bertambah. Ketika hendak bermain game, ada baiknya tutup aplikasi yang sedang aktif guna meringankan kinerja smartphone tersebut.

5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Masuk ke menu Setelan kemudian pilih opsi Aplikasi Terinstall dan hapus aplikasi yang anda inginkan. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan memberikan ruang lebih pada penyimpanan. Dengan cara tersebut, kita bisa mendapati kinerja smartphone yang lebih lega. Untuk bermain game pun terasa lebih cepat karena beban penyimpanan ponsel yang lebih ringan. Kinerja RAM ponsel pun lebih ringan jika tidak banyak aplikasi yang anda install.

Itu dia sejumlah cara agar smartphone tetap bekerja lancar meskipun sedang digunakan untuk bermain game. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *