Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Akibat Banjir, Bagaimana?

ads

Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Akibat Banjir – Pasti jika musim hujan datang yang menjadi salah satu masalah bagi pengendara motor adalah mengalami mogok mendadak saat menerjang banjir mendadak. Apalagi jika pengendara tersebut menggunakan motor matic pastilah akan mengalami hal tersebut. Karena bagaimanapun motor matic memiliki bodi yang pendek sehingga komponen sangat mudah kemasukan air terus motor jadi mogok.

Untuk motor mogok di pinggir jalan dan lainnya pastilah harus segera diatasi agar tidak berpengaruh pada komponen yang lainnya. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi motor yang mogok akibat banjir yang bisa diterapkan? Berikut kami akan membahasnya untuk Nada semua. Yuk simak artikel berikut hingga akhir yah!

Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Akibat Banjir, Apa Saja?

Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Akibat Banjir

Dibawah ini Cara praktis akan memberikan beberapa cara mengatasi motor yang mogok akibat banjir yang bisa Anda terapkan. Adapun beberapa cara mengatasinya sebagai berikut ini:

Tetap Merasa Tenang

Nah, untuk mengatasi motor mogok pastilah Anda harus tetap tenagn. Apalagi jika terjadi di tengah jalan, Anda bisa mencoba menepikan kendaraan Anda dan berteduh ditempat yang sekiranya aman, lalu mengotak-atik motor yang biasanya menjadi penyebab utama motor mogok seperti busi yang kemasukan air dan semacamnya. Coba lah untuk tetap berpikir tenang dan jangan berfikir negatif. Ada bisa fokus memperbaiki komponen tersebut, njika tidak bisa memintalah bantuan kepada orang sekitar atau menuntun sepeda Anda ke bengkel terdekat.

Memeriksa Filter Udara

biasanya komponen yang membuat mogok saat banjir adalah filter udara, maka dari itu ketika motor Anda mogok periksalah filter udara, apakah kemasukan air atau tidak. Karena biasanya jika filter udara terkena air membuat motor selalu mati mendadak apalagi bila terjadi pada motor matic. Karena memang jika filter pada motor matic letaknya berada dibawah jadi akan mudah untuk kemasukan air.

Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkan filter udara tersebut dengan menutup kran bensin. Setelah itu kuras air hingga filter udara menjadi kering, dan motor Anda bisa kembali dinyalakan.

sponsor

Melakukan Pengecekan Pada Busi

Selain filter dara, penyebab terjadi motor mati mendadak atau mogok adalah busi yang kemasukan air. Nah, maka tak heran jika banyak motor yang mengalami kemogokan ketika melawati banjir banyak yang mogok sebab busi berada dibawah. Jadi sangat mudah terkena air dan kemasukan air.

Untuk mengatasi hal yang satu ini Anda bisa membuka tutup busi, lalu mengibas kabel tersebut berulang-ulang agar air yang sebelumnya masuk dapat keluar. Dan setelah kering Anda dapat menutupnya kembali. Jika tidak ingin busi kemasukan air, Anda bisa menutup sambungan dengan lakban hitam yang mampu menghambat air masuk ke kabel busi.

Memeriksa Oli Motor

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan pemeriksaan terhadap oli motor. Karena biasanya jika motor terkena banjir pastinya air akan merembes ke oli, dan jika oli tercampur air maka performa mesin akan semakin menurun dan motor Anda bisa saja mogok. Jadi setelah ini Anda harus cepat-cepat mengganti oli motor Anda akan lebih tahan lama dan tidak mudah mogok.

Iklan

Nah, itulah beberapa acara mengatasi motor yang mogok akibat banjir yang bisa Anda ketahui. Memang saat banjir pasti ada masalah pada motor seperti oli yang tercampur dengan air, filter udara yang tersumbat air begitupun juga oli yang kemasukan air. Untuk menghindari hal yang satu ini, memang jalan satu-satunya hanya menghindari dari genangan air yang dalam, jadi ketika Nada mengetahui jika rute jalan tersebut tergenang banjir, langsung berputar baliklah. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan terima kasih 🙂

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.