5 Cara Praktis Memilih Telur Segar Agar Tidak Membeli Yang Busuk

ads

Cara Memilih Telur Segar – Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling diminati karena kepraktisannya dalam pengolahan menjadi makanan atau kuliner yang enak dan menarik. Menu sarapan dengan membuat telor ceplok, telor dadar, ataupun nasi goreng spesial plus telor pun menjadi menu andalan para ibu.

Bahkan untuk membuat kue pun diperlukan telur sebagai bahan bakunya, termasuk dalam membuat mayones. Namun kadang kala kita sering dibingungkan untuk memilih telur segar karena penampakan fisik telur segar dan telur busuk adalah hampir sama. Nah bagaimana ya cara membeli telur ayam ataupun telur bebek yang segar? yuk simak ulasannya berikut ini …

cara praktis memilih telur segar

Memilih telur segar sangat diperlukan agar terhindar membeli telur busuk

Baca juga: Cara Praktis Memilih Buah Semangka yang Matang dan Manis

Begini Cara Memilih Telur Segar Yang Mudah …

Berikut ini adalah beberpa tips membeli telur segar yang dapat Anda praktekan, yaitu:

  1. Belilah telur di tempat / penjual yang laku atau perputaran telurnya cepat. Hal ini untuk menghindari membeli telur yang sudah tersimpan lama. Akan lebih baik lagi membeli telur di tempat langganan sehingga bila terjadi apa-apa sama telur yang dibeli akan lebih mudah komplainnya hehehe.
  2. Jangan pernah tergiur dengan harga murah. Karena bisa jadi lebih murah tapi dengan kualitas kurang baik.
  3. Lihat penampakan fisiknya, pilihlah telur yang bersih, tidak ada cacat atau retakan, dengan warna cerah.
  4. Diterawang menggunakan lampu. Pilihlah telur dengan hasil penerawangan yang masih bagus. Biasanya di pasar sudah disediakan alat terawang telur menggunakan lampu. Bila Anda membelinya di tukang sayur, Anda dapat menggunakan lampu di rumah untuk memilih telur segar.
  5. Pemilihan telur segar menggunakan air. Caranya yaitu dengan memasukkan telur dalam posisi tidur ke dalam wadah yang berisi air secukupnya sampai telur terendam sempurna. Jika setelah tangan Anda dilepaskan lalu telur masih dalam posisi tidur maka berarti telur tsb masih dalam keadaan segar. Jika telur mengambang atau agak miring maka usia telur sekitar 4-9 hari. Sementara posisi telur tegak artinya telur tsb sudah tersimpan lama lebih dari 10 hari.

Tips memilih telur segar di atas dapat pula Anda gunakan di rumah bila Anda ragu telur yang ada di rumah sudah tidak baik. Bila Anda curiga demikian, sebaiknya lakukan cara memilih telur segar di atas sebelum menggunakan telur tsb untuk kue atau menu masakan lainnya.

Itulah cara praktis memilih telur yang masih segar. Pastikan untuk menggunakan telur yang telah dibeli lebih dahulu sehingga dapat menghindari tersimpannya telur lebih lama. Bila istilah dalam ilmu logistik adalah “First In First Out” (FIFO), yang masuk duluan maka keluar duluan. Semoga tips membeli telur segar di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba…

sponsor

Photo credit: pixabay.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.