Cara Menghemat Listrik Pada Pemakaian AC

ads

Penggunaan AC (air conditioner atau pendingin ruangan) sudah menjadi kebutuhan apalagi buat Anda yang tinggal di kota-kota berudara panas seperti di Jakarta, Medan dan Surabaya. Semakin banyaknya penggunaan AC ternyata menimbulkan masalah baru yaitu naiknya biaya listrik yang digunakan apalagi dengan kenaikan TDL baru-baru ini rasanya semakin mencekik. Namun ternyata ada cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik pada pemakaian AC.

Sebelum saya melanjutkan memberikan tips penghematan listrik AC, alangkah baiknya Anda dapat membaca Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, mungkin cara tsb dapat Anda terapkan untuk menghilangkan pemakaian AC sama sekali. Namun bila kondisi yang tidak memungkinkan misalnya Anda tinggal di apartemen atau rusun mungkin cara penghematan ini dapat berguna untuk Anda.

Cara Menghemat Listrik Pada Pemakaian AC

cara hemat listrik pemakaian ac, cara pemakaian ac biar hemat listrik, cara pemakaian ac supaya hemat listrik, agar ac tidak boros listrik

1. Belilah AC Hemat Energi

Banyak merk yang menawarkan AC hemat energi namun untuk memastikan bahwa AC tsb benar-benar hemat energi maka Anda harus memeriksa spesifikasi AC tsb, lihat jumlah daya / watt yang digunakan dan nilai EER (Efficiency Energy Ratio). Semakin kecil daya listrik yang diperlukan dan semakin tinggi nilai EER maka AC tsb semakin hemat energi.

2. Belilah AC Dengan PK Yang Sesuai

PK (Paard Karcht) adalah ukuran kapasitas pendingian ruangan. Untuk dapat menentukan PK yang sesuai maka Anda harus mengetahui tujuan AC tsb akan diletakkan di ruangan mana. Cara menentukan PK AC yang sesuai adalah dengan menghitung BTU nya yaitu hasil perkalian dari luas ruangan dengan 500 lalu cocokkan dengan data di bawah mana yang paling mendekati.
1/2 PK setara dengan 5000 BTU
3/4 PK setara dengan 7000 BTU
1 PK setara dengan 9000 BTU
Jadi untuk ruangan ukuran 3×3 meter atau luas 9 meter persegi maka memerlukan 4500 BTU dan setara dengan 1/2 PK.

2. Peletakkan Unit AC Yang Benar

Bagian AC terdapat 2 bagian yaitu bagian indoor yang diletakkan di dalam ruangan dan bagian outdoor yang diletakkan di luar ruangan. Jangan letakkan unit indoor di atas pintu atau jendela karena dengan peletakkan yang demikian memungkinkan udara untuk berpindah ke ruangan lain. Jangan letakkan unit Indoor terlalu dekat dengan plafon. Hal ini dilakukan untuk memberikan cukup ruang pada AC sehingga terjadi sirkulasi udara yang cukup dan ruangan lebih cepat dingin. Pastikan terdapat ruang udara yang cukup untuk meletakkan unit outdoor, jangan sampai pengeluaran udara panas dari AC terhalang atau terhambat.

3. Nyalakan AC Saat Diperlukan Dan Matikan Saat Tidak Diperlukan

Gunakan AC seperlunya, penggunaan AC di saat kita tidak berada dalam ruangan dan tidak diperlukan adalah pemborosan. Gunakanlah timer untuk mematikan sehingga bila Anda tertidur, AC akan tetap mati setelah batas waktu yang ditentukan.

sponsor

4. Nyalakanlah AC Pada Suhu Sesuai Kebutuhan

Penyetelan suhu yang terlalu dingin selain mengganggu kesehata juga memboroskan energi listrik karena AC akan dipaksa terus bekerja sampai suhu ruangan yang telah disetel tadi.

5. Tutup Jendela dan Pintu Saat Menyalakan AC

Tutuplah semua jendela, pintu dan ventilasi udara agar AC lebih cepat mendinginkan ruangan dan lebih hemat.

6. Perawatan AC

Agar AC tidak mudah rusak dan tetap bekerja efisien maka lakukanlah perawatan AC sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pabrik pembuatnya. Biasanya perawatan rutin yang diperlukan adalah pencucian filter tiap bulan.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara hemat pemakaian ac -cara mebuat ac 1/2 pk merk samsung agar hemat listrik -cara mengatasi ac 1 pk supaya irit -cara menghemat daya ac -cara pemakaian ac yang hemat -menghidupkan listrik di apartemen -Pake ac biar hemat -tips menghemat pemakaian ac -

2 Comments

  1. Rendy Brilliant

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.