Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian – Indonesia adalah negara dengan kelembaban udara tinggi. Kandungan air di udara inilah yang menyebabkan pertumbuhan jamur sangat mudah di negeri tercinta ini, baik jamur di tembok, jamur di makanan, maupun jamur di pakaian. Adanya jamur di pakaian biasanya meninggalkan noda bintik-bintik hitam. Pakaian yang disimpan lama dalam lemari rentan terhadap serangan jamur apalagi bila rumah Anda sangat lembab. Pertanyaannya bagaimana cara membersihkan pakaian berjamur ?

Baca juga: Cara Praktis Merawat Mukena agar Tetap Wangi, Bersih, dan Awet

Mengapa Penting Sekali Mengetahui Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian ?

Noda jamur pada pakaian selain membuat warna pakaian tidak menarik lagi juga bila dibiarkan lama akan merusak pakaian itu sendiri. Anda tentunya tak mau bila pakaian yang mengikuti model fashion terbaru tsb rusak begitu saja kan? Cara mengatasi jamur pada pakaian sangat penting diketahui bagi siapa saja yang ingin tampil sehat dan menarik.

Noda jamur pada pakaian dapat terlihat sebagai bintik-bintik hitam atau bintik-bintik putih dan tercium bau apek. Selain itu noda jamur pada pakaian dapat menyebabkan iritasi pada penggunanya, seperti alergi kulit maupun alergi saluran pernapasan. Untuk itu Anda harus mengetahui cara mengatasi jamur pada pakaian, baik cara mencegah jamur pada pakaian maupun cara menghilangkan noda bintik hitam jamur pada pakaian.

Cara Mencegah Jamur Pada Pakaian

Sebelum Cara Praktis membahas mengenai cara menghilangkan jamur pada pakaian lebih baik Anda ketahui dulu tindakan pencegahannya agar pakaian tidak berjamur karena tiada cara yang lebih baik untuk mengatasi jamur pada pakaian selain mencegahnya.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah jamur pada pakaian, baju, maupun kain:

  1. Pastikan lemari yang akan Anda gunakan untuk menyimpan pakaian dalam keadaan bersih dan bebas lembap.
  2. Pastikan pakaian yang akan Anda simpan dalam kondisi bersih dan kering. Ingat penyebab utama timbulnya jamur adalah adanya air sebagai media hidupnya.
  3. Gunakan anti lembap yang banyak dijual di pasaran. Seperti yang telah diulas sebelumnya, kelembapan udara yang tinggi di Indonesia seringkali tidak dapat dihindari. Namun masih ada cara mencegah jamur pada pakaian yaitu dengan menggunakan anti lembap atau bahan penyerap kelebihan air dalam lemari.
  4. Gunakan pakaian secara bergantian, ini selain dapat mencegah jamur pada pakaian juga mencegah munculnya bintik kuning pada pakaian karena terlalu lama disimpan.
Baca juga:  3 Cara Mudah Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian

Itulah 4 cara mencegah jamur pada pakaian yang dapat Anda coba praktekan di rumah. Cara menghindari tumbuhnya jamur pada pakaian di atas berlaku juga untuk baju maupun kain dan produk lainnya yang berbahan kain. Lalu bagaimana cara mengatasi jamur pada pakaian / cara menghilangkan jamur pada pakaian bila jamur tsb sudah terlanjur bersarang di pakaian?

Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

Ada beberapa bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda atau mengatasi jamur pada pakaian. Yuk simak ulasannya berikut ini:

cara mengatasi dan menghilangkan jamur pada pakaian
image credit: classroom.synonym.com

1. Cara Menghilangkan Noda Jamur Pada Pakaian Menggunakan Cuka

Cuka dipercayai dapat mengatasi jamur pada pakaian hingga 80%. Selain efektif menghilangkan jamur pada pakaian, cuka pun sangat baik menghilangkan bau apek pakaian.

Ada 2 cara mengatasi jamur pada pakaian menggunakan cuka yaitu menggunakan mesin cuci dan tanpa mesin cuci.

Cara Menghilangkan Jamur Di Pakaian  Menggunakan Mesin Cuci

  • Masukan pakaian jamuran ke dalam mesin cuci, lalu tambahkan beberapa sendok takar deterjen serta air.
  • Tambahkan 1-2 sendok makan cuka ke dalam cucian dan biarkan cuka tersebut tercampur dengan air dan deterjen.
  • Nyalakan mesin cuci dan lakukan proses pencucian sampai selesai.
  • Keringkan pakaian tsb dibawah sinar matahari.

Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian Tanpa Mesin Cuci

  • Rendam pakaian yang berjamur di dalam air yang sudah ditambahkan cuka, biarkan selama 60 menit.
  • Cucilah pakaian tsb dengan deterjen untuk menghilangkan bau cuka dan jamur yang masih tertinggal.
  • Keringkan pakaian tsb dibawah sinar matahari.

2. Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian Menggunakan Sitrun

Sitrun atau asam sitrat cukup efektif menghilangkan jamur di baju. Caranya cukup dengan melarutkan sitrun pada air panas dalam sebuah ember. Lalu masukkan pakaian berjamur ke dalam larutan sitrun tadi dan rendam sekitar 10 menit. Kucek pakaian saat suhu air rendaman hangat atau normal. Bilas dengan air bersih dan cucilah dengan detergent untuk menghilangkan bau asam dan keringkan di bawah sinar matahari.

Baca juga:  Cara Praktis Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Beraktivitas

3. Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian Menggunakan Boraks

Daripada digunakan untuk mengenyalkan makanan, akan lebih baik bila borak digunakan untuk mengatasi jamur pada pakaian. Cara menghilangkan noda bintik hitam karena jamur pada pakaian menggunakan boraks cukup mudah, yaitu cukup dengan melarutkan boraks dalam air panas lalu tambahan air boraks ini kedalam mesin cuci yang telah berisi pakaian berjamur. Jangan lupa tambahkan detergen secukupnya lalu nyalakan mesin cuci untuk memulai proses pencucian. Jangan lupa untuk mengeringkan pakaian yang telah bersih tadi di bawah sinar matahari.

Itulah beberapa cara mengatasi jamur pada pakaian yang dapat Anda lakukan di rumah. Dalam penggunaan bahan-bahan di atas sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan, apalagi bila Anda memiliki kulit sensitive. Biasakanlah menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung karena sinar ultraviolet pada matahari terbukti ampuh membunuh bibit penyakit pada pakaian termasuk jamur. Semoga informasi cara mengatasi jamur pada pakaian seperti yang diuraikan di atas dapat bermanfaat …

Oh ya bila Anda ingin tahu model fashion terbaru dan tips trik soal fashion silahkan kunjungi fashionmodelku.com untuk mendapatkan referensi terbaik.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan jamur pada pakaian -cara menghilangkan jamur di baju -cara menghilangkan jamur pada baju -cara menghilangkan bintik hitam di baju dengan cepat -cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan sitrun -cara menghilangkan jamur membandel pada baju -cara menghilangkan jamur di pakaian -cara menghilangkan bintik hitam pada baju akibat keringat -https://carapraktis info/2015/06/ternyata-ini-loh-cara-mengatasi-jamur-pada-pakaian html/ -cara menghilangkan bintik hitam di baju -

54 thoughts on “Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

  1. Jika kita mencuci pakaian berjamur menggunakan mesin cuci, kita cukup menambahkan 2 sendok makan cuka pada pakaian.. lalu jika kita mencuci manual/menggunakan tangan, berapa takar yg harus digunakan? apakah sama dgn jika menggunakan mesin cuci? mohon penjelasannya

  2. Iya sama aja sis .. bedanya hanya di waktu prosesnya saja, bila mesin cuci mengikuti waktu cuci yang ada di mesin, sementara bila cuci manual sebaiknya direndam dulu 1jam.

  3. Wah sayang amat ya sis, saya kurang tahu lebih efektif yang mana antara sitrun dan cuka, karena tergantung juga dari jenis serat kainnya. Dicoba saja sis, ada juga yg berhasil menghilangkan jamur di pakaian menggunakan sabun mandi, silahkan dicoba, semoga berhasil…

  4. Jamur pada pakaian ternyata bisa dihilangkan dengan menggunakan cuka, menggunakan sitrun, dan juga menggunakan boraks.Terima kasih untuk informasinya mengenai cara mengatasi jamur pada pakaian.

  5. maaf ,kalo bajunya warna hitam cara menghilangkan jamurnya gimana gan ,apa pake cuka juga , apa gimana gan , tolong solusinya

    1. Bila pakaian warna hitam sih biasanya tidak terlihat ada jamurnya atau tidak karena adanya jamur biasanya terlihat sebagai bintik hitam pada pakaian. Maaf, Agan tahu darimana kalau pakaian tsb berjamur?

  6. Tolong di jawab keluhan saya yaa gan,, cara yg ampuh apa yg harus kita lakukan agar jamur pakaian hilang, cuka,boraks atau apa

    1. Cukup untuk mencuci seember besar gan, bila noda terlalu membandel dosis dapat dinaikkan atau kombinasi dengan sabun mandi batangan..

  7. Gue ada celana kerja gan
    Tpi ada bintik2 putih berjamur gan istri saya lupa tuk mencuci clana saya tipe cardinal
    Kjadian na skitar 2 bulan yang lalu dan celana yg terkena jamur itu udah di cuci keg biasa berkali2 tapi msih ada putih gtu kayak panu bentuk nya mohon bntuan na gan apa msih bisa di pake cuka atau want3k(pewarna tekstill)?????

    1. Sayang sekali ya gan .. silahkan dicoba tips mengatasi jamur di baju seperti yg diulas di atas. Bila nodanya membandel silahkan dibantu dengan sabun mandi batangan untuk menghilangkan bekas noda jamurnya. Semoga berhasil ..

  8. Jangan mencoba mencuci menggunakan sabun mandi batangan, saya pernah coba dan membuat warna pakaian luntur

    1. Terima kasih atas sharingnya mba Reny. Namun bagi saya & keluarga, sabun mandi masih tetap menjadi favorit untuk menghilangkan segala macam noda.

    1. Bila kualitas warnanya bagus sih ga luntur, tapi untuk mencegah hal yg tdk diinginkan bisa dicoba dengan meneteskan cuka di bagian kecil gambar. Bila ok2 saja berarti ga luntur sis .. selamat mencoba ..

    1. Bila bahan tasnya katun, cara menghilangkan jamur di pakaian dapat saja diaplikasikan. Namun hati2 karena biasanya bahan tas merupakan kombinasi beberapa bahan yg mungkin ga cocok. Jadi coba dulu di bagian tas yg tersembunyi & sedikit saja. Bila ok & tidak merusak tampilan tas, silahkan dilanjut :-). Good luck ..!

    1. Klo segala macam cara menghilangkan jamur pada baju di atas ga berhasil, mungkin sekarang saatnya Anda mengganti baju tsb. Cobalah cara pencegahan agar jamur ga menempel di baju. Karena mencegah tentunya akan lebih mudah dibandingkan membersihkan noda yg sudah membandel ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *