Cara Gampang Menyiapkan Klepon ubi ungu yang Enak Banget

Klepon ubi ungu. Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

Klepon ubi ungu Hancurkan ubi ungu hingga halus, setelah halus, campurkan ubi ungu dengan tepung ketan, vanil, garam dan air lalu aduk hingga rata. Lumuri klepon yang sudah matang dengan parutan kelapa. Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak.

Sedang mencari ide resep klepon ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ubi ungu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon ubi ungu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan klepon ubi ungu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon ubi ungu memakai 6 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Klepon ubi ungu:

  1. Siapkan 2 buah ubi ukuran sedang.
  2. Ambil 1/4 tepung tapioka.
  3. Sediakan 1/2 sendok teh garam.
  4. Ambil 1/2 sd vanili.
  5. Sediakan 1 buah gula aren.
  6. Gunakan Parutan kelapa(jangan terlalu tua/muda).

Ubi ungu salah satu jenis dari ubi jalar. Biasanya kue klepon terbuat dari singkong ubi kayu dan tepung ketan. Resep klepon yang pertama adalah Klepon ubi ungu. Kue ini termasuk pada aneka kue tradisional yang khas.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon ubi ungu:

  1. Kupas ubi dan cuci bersih.Kukus hingga matang kurang lebih 30 menit..
  2. Setelah matang,haluskan ubi hingga benar-benar lumat.Tambahjan tepung tapioka,garam,dan vanili.Uleni hingga kalis..
  3. Bulat-bulat adonan,kemudian beri isian gula aren yang telah disisir kasar..
  4. Didihkan air,kemudian masukjan klepon.Klepon yang sudah matang nanti akan mengapung dengan sendirinya..
  5. Angkat klepon yang sudah mengapung kemudian baluri kelapa parut..
  6. Klepon siap dihidangkan..

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat klepon ubi ungu ini yaitu Klepon adalah salah satu jajanan pasar tradisional yang di dalamnya terdapat gula merah yang siap Kami buat sesuatu yang berbeda dengan menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Sajikan klepon ubi ungu dengan taburan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan garam. Itulah resep mudah membuat klepon ubi ungu yang unik, tapi rasanya tetap lezat. Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue basah tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bulat berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Klepon ubi ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *