4 Cara Mudah Membuat Desain Rumah Hemat Energi Yang Murah

Membuat desain rumah hemat energi merupakan keinginan setiap orang yang sadar pentingnya keselarasan alam dan penghematan energi untuk kelangsungan hidup bangsa di masa yang akan datang. Sebuah konsep “Go Green Go Healthy” adalah tren sekarang ini dan perlu Anda ikuti bila Anda ingin generasi penerus Anda hidup sehat dan sejahtera.

Sebuah perubahan besar akan lebih mudah dilakukan bila dimulai dari diri sendiri. Termasuk salah satunya penghematan energi. Membuat desain rumah hemat energi adalah sebuah solusi yang baik bagi Anda yang ingin menyelamatkan sumber daya alam untuk generasi berikutnya, menghindari pemanasan global, dan menghindari kerusakan bumi yang semakin parah.

cara mudah membuat desain rumah hemat energi yang murah
cara mudah membuat desain rumah hemat energi yang murah (image credit: lamidge.net)

Baca juga: Ciptakan Desain Taman Dalam Rumah Untuk Rumah Hemat Energi Anda

Apa Itu Desain Rumah Hemat Energi?

Secara umum, desain rumah hemat energi adalah sebuah desain rumah yang dirancang sedemikian hingga penggunakan sumber daya energi di rumah tsb dapat dilakukan secara efektif namun tetap nyaman untuk penghuninya. Misalnya bagaimana penerangan di siang hari dapat dilakukan hanya mengandalkan sinar matahari tanpa menggunakan lampu? atau bagaimana Anda tidak merasa kepanasan di rumah tanpa harus menggunakan AC?

Bagaimana Cara Membuat Desain Rumah Hemat Energi Yang Mudah dan Murah?

Membuat desain rumah hemat energi yang wah memang memerlukan biaya tidak sedikit, namun Anda tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat rumah Anda hemat energi namun dengan cara murah dan mudah.

1. Hindari Arah Barat

Rumah yang menghadap ke arah barat akan terasa jauh lebih panas karena rumah Anda akan terkena banyak sinar matahari siang. Untuk itu salah satu tips membuat desain rumah hemat energi adalah dengan menghindari arah barat. Anda pun dapat membuat rumah Anda menghadap utara yang sangat baik untuk fengshui bila Anda mempercayainya.

Lalu bagaimana bila Anda terlanjur memiliki rumah yang menghadap ke barat? Cara termudah dan terbaik untuk mengakali dan membuat desain rumah hemat energi adalah dengan menanam atau meletakkan pepohonan di depan rumah Anda untuk menyaring sinar matahari yang masuk ke rumah Anda. Atau Anda pun dapat memasang kanopi di depan rumah Anda untuk menyaring cahaya matahari.

Baca juga:  Begini Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

2. Perbanyak Ventilasi dan Jendela

Ventilasi berfungsi untuk pertukaran udara sehingga udara panas yang ada di dalam rumah dapat diganti dengan udara yang lebih segar dari luar rumah. Jendela berfungsi selain sebagai ventilasi juga untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam rumah. Perhatikan jumlah ventilasi dan jendela untuk setiap ruangan dalam membuat desain rumah hemat energi sehingga Anda tidak akan merasa kepanasan dan tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Ingat menyalakan lampu membuat suhu udara di ruangan meningkat selain memerlukan biaya listrik.

Banyaknya ventilasi pun akan membuat sirkulasi udara di rumah Anda lebih baik sehingga terhindar dari udara lembab di dalam rumah penyebab jamur di tembok rumah.

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur di Tembok Rumah

3. Buatlah Bak Penampungan

Air hujan kadang tidak dapat terserap dengan baik ke dalam tanah karena beberapa alasan. Salah satu solusi untuk memanfaatkan air hujan agar tidak terbuang percuma adalah dengan membuat bak penampungan air hujan untuk selanjutnya digunakan untuk menyiram tanaman atau kebun di halaman rumah Anda. Dengan membuat desain rumah hemat energi ini, walaupun musim kemarau maka Anda tidak akan kesulitan mendapatkan air, selain itu bila Anda pengguna air ledeng maka Anda tak perlu mengeluarkan biaya air untuk keperluan kebun Anda dan keperluan sehari-hari Anda. Ingat air hujan adalah air bersih dan sumber rejeki, jadi sudah sepantasnya kita manfaatkan.

4. Perbanyak Tanaman di Halaman Rumah

Tanaman sangat erat kaitannya dengan membuat desain rumah hemat energi. Fungsi tanaman bermacam-macam, misalnya untuk keindahan, sebagai sumber makanan, menyaring cahaya matahari, dan memperbanyak produksi oksigen sehingga rumah Anda terasa lebih adem. Anda dapat menanam apa saja yang Anda sukai, namun menanam buah-buahan dan sayuran untuk konsumsi keluarga Anda akan jauh lebih baik. Selain dapat membuat desain rumah hemat energi, dengan menanam sayuran dan buah akan menghemat pengeluaran Anda membeli bahan makanan dan enaknya lagi semua bahan makanan tsb lebih aman karena tak mungkin Anda menggunakan pestisida atau bahan pengawet untuk makanan Anda.

Baca juga:  Teks Prosedur Cara Merawat Tanaman Anggrek

Bagaimana bila rumah Anda sempit atau memiliki lahan terbatas? Anda masih dapat berkebun dengan menggunakan pot secara vertikal untuk membuat desain rumah hemat energi yang Anda idamkan.

Itulah 4 tips membuat desain rumah hemat energi yang mudah dan murah. Semoga bermanfaat …

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *