Langkah Mudah untuk Membuat Kelepon Pelangi, Lezat Sekali

Kelepon Pelangi. Kelepon pelangi merupakan jajanan tradisional has indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kali ini kita membuat kue cemilan warna-warni yang biasanya disebut kelepon,salah satu makanan favorit di tanah jawa selain karena pembuatannya yang praktis juga enak rasanya jajan yang berupa. Kue kelepon original pada umumnya terbuat dari beras ketan dengan isian saus gula merah yang memiliki warna putih dan hijau dari daun pandan / pasta pandan dengan aroma yang khas.

Kelepon Pelangi

Sedang mencari ide resep kelepon pelangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kelepon pelangi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kelepon pelangi merupakan jajanan tradisional has indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kali ini kita membuat kue cemilan warna-warni yang biasanya disebut kelepon,salah satu makanan favorit di tanah jawa selain karena pembuatannya yang praktis juga enak rasanya jajan yang berupa. Kue kelepon original pada umumnya terbuat dari beras ketan dengan isian saus gula merah yang memiliki warna putih dan hijau dari daun pandan / pasta pandan dengan aroma yang khas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kelepon pelangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kelepon pelangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kelepon pelangi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kelepon Pelangi memakai 6 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kelepon Pelangi:

  1. Sediakan 250 g tepung ketan.
  2. Siapkan 50 g tepung beras.
  3. Gunakan /+ 200 ml air.
  4. Gunakan 150 g gula merah, sisir.
  5. Ambil 100 g kelapa parut, kukus dahulu agar tidak cepat basi.
  6. Siapkan pewarna makanan : merah oren ungu.

Langkah-langkah membuat Kelepon Pelangi:

  1. Campur tepung ketan tepung beras dan air. Uleni hingga kalis dan dapat dibentuk..
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing2 beri pewarna..
  3. Ambil sedikit adonan, letakkan ditangan (tangan sudah di cuci) tekan2. Isi gula merah di tengahnya, tutup rapat adonan. Bentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis..
  4. Didihkan air, masukkan bulatan2 tadi kedalamnya. Masak hingga kelepon mengapung (tandanya sudah matang).
  5. Angkat dan diamkan sebentar. Setelah itu baru diguling2kan kedalam kelapa parut. Siap disajikan..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kelepon Pelangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *