Resep Klepon Ubi Ungu, Menggugah Selera

Klepon Ubi Ungu. Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

Klepon Ubi Ungu

Hancurkan ubi ungu hingga halus, setelah halus, campurkan ubi ungu dengan tepung ketan, vanil, garam dan air lalu aduk hingga rata. Lumuri klepon yang sudah matang dengan parutan kelapa. Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak.

Sedang mencari inspirasi resep klepon ubi ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ubi ungu yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan klepon ubi ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Klepon Ubi Ungu memakai 8 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Klepon Ubi Ungu:

  1. Sediakan 200 gr Ubi Ungu yg sudah dikukus dan dihaluskan.
  2. Ambil 100 gr Tepung Ketan.
  3. Siapkan 2 sdm Tepung Tapioka.
  4. Ambil 1/4 sdt Garam.
  5. Gunakan 60 ml Air/santan hangat (±) tergantung kadar air dari ubi.
  6. Siapkan secukupnya Gula merah.
  7. Gunakan Baluran: Kelapa parut secukupnya (tdk tua tapi juga tdk muda).
  8. Gunakan secukupnya Daun pandan.
Baca juga:  Langkah Mudah untuk Membuat Kue Keranjang Goreng Gurih, Enak

Ubi ungu salah satu jenis dari ubi jalar. Biasanya kue klepon terbuat dari singkong ubi kayu dan tepung ketan. Resep klepon yang pertama adalah Klepon ubi ungu. Kue ini termasuk pada aneka kue tradisional yang khas.

Langkah-langkah membuat Klepon Ubi Ungu:

  1. Kukus terlebih dahulu kelapa untuk baluran selama 10menit, beri garam sedikit saja dan beri daun pandan saat dikukus supaya lebih harum. Jika sudah, sisihkan dahulu..
  2. Siapkan wadah, masukkan ubi ungu yg sudah dihaluskan, garam, tepung ketan dan tepung tapioka..
  3. Tuang air/santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk hingga adonan dapat dibentuk..
  4. Bulat²kan adonan dan tengahnya diberi gula merah secukupnya, bulatkan kembali sampai tertutup rapat supaya gula merah tidak lumer saat adonan direbus. Lakukan hingga adonan habis..
  5. Rebus selama ± 10 menit atau sampai adonan mengapung. Jika sudah mengapung tandanya sudah matang, angkat dan tiriskan. Air rebusannya Saya kasih pandan supaya lebih wangi..
  6. Baluri dgn kelapa parut dan klepon siap disajikan 😃..

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat klepon ubi ungu ini yaitu Klepon adalah salah satu jajanan pasar tradisional yang di dalamnya terdapat gula merah yang siap Kami buat sesuatu yang berbeda dengan menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Sajikan klepon ubi ungu dengan taburan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan garam. Itulah resep mudah membuat klepon ubi ungu yang unik, tapi rasanya tetap lezat. Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue basah tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bulat berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Klepon Ubi Ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *