Resep Klepon/ Buah Malaka yang Bikin Ngiler

Klepon/ Buah Malaka. Hari ni upload kuih traditional lagi. Kuih yang sinonim dengan bulan puasa iaitu onde-onde atau juga dikenali dengan nama kuih buah melaka. Usually it is made with pandan juice but today I tried new recipe by using different flavours /paste.

Klepon/ Buah Malaka Find klepon stock images in HD and millions of other royalty-free stock photos, illustrations and vectors in the Shutterstock collection. Klepon dalam budaya Jawa bisa dimaknai sebagai petunjuk dalam laku hidup. Klepon aslinya merupakan penganan tradisional dari Jawa yang berwarna hijau dari daun suji.

Anda sedang mencari inspirasi resep klepon/ buah malaka yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon/ buah malaka yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Hari ni upload kuih traditional lagi. Kuih yang sinonim dengan bulan puasa iaitu onde-onde atau juga dikenali dengan nama kuih buah melaka. Usually it is made with pandan juice but today I tried new recipe by using different flavours /paste.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon/ buah malaka, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan klepon/ buah malaka yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah klepon/ buah malaka yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Klepon/ Buah Malaka memakai 9 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Klepon/ Buah Malaka:

  1. Sediakan 250 grTepung ketan (sy tepung rose brand).
  2. Sediakan 50 gr tepung beras (sy pakai rose brand).
  3. Sediakan Gula merah sisir halus.
  4. Gunakan Sejumput garam.
  5. Siapkan Pewarna hijau (sy daun pandan diblender dn disaring).
  6. Siapkan Pewarna makanan kuning dan merah jambu.
  7. Gunakan Daun pandan.
  8. Ambil Kelapa parut setengah butir (ambil yg putihnya saja)).
  9. Gunakan 1 sdk makan gula pasir.

Malaka atau melaka adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Dalam bahasa Jawa disebut mlåkå atau kemlåkå. Kemungkinan nama ini berasal dari bahasa Sanskerta amalaka, yang kemudian diadopsi oleh berbagai bahasa lain. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan.

Cara menyiapkan Klepon/ Buah Malaka:

  1. Pertama. Kukus kelapa parut yg sudah diberi sedikit garam dan 1 sdk makan gula pasir. Kira2 10 mnt.
  2. Campur tepung ketan dan tepung beras menjadi satu. Beri sejumput garam. Aduk rata.
  3. Bagi tepung menjadi 3 bagian..
  4. Tepung bagian pertama, campur dg air hangat warna hijau sedikit demibsedikit. Uleni tepung hingga bersatu dn tdk pecah.
  5. Bagi menjadi beberapa bagian. Bulat2kan..
  6. Kemudian pipihkan, isi dg gula merah yg sudah disisir halus. Tutup kembali.
  7. Lakukan hal yg serupa pd adonan kedua dan ketiga. Beri warna kuning dan warna merah jambu. Lalu bulat2 kan adonan. Beri gula merah, hingga adonan habis.
  8. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sehelai daun pandan. Masukkan klepon.
  9. Jika klepon sudah mengambang, angkat. Artiny sudah masak.
  10. Gulingkan klepon kedalam parutan kelapa.
  11. Jadi deh😁.

Mengutip Taste Atlas, klepon berasal dari Jawa. Sementara itu, hidangan yang sama juga ada di Sumatera, Sulawesi, dan Malaysia dengan nama onde-onde atau buah melaka. Klepon bisa dikatakan salah satu jajanan tradisional yang paling banyak diburu. Kamu juga bisa membuat klepon dari bahan-bahan lainnya. Berikut resepnya yang dilansir brilio.net dari berbagai.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat klepon/ buah malaka yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *