Bagaimana Menyiapkan Asam Mangga Bugis (pakecci pao) yang Enak

Asam Mangga Bugis (pakecci pao). Mangga : pao, Mangga masak/matang = Pao Tase, Mangga Busuk/Ranum = Pao Bonynyo. Bahasa Bugis dari palopo juga beda, apalagi di Pinrang ada Bugis Langnga yang dialeknya agak halus dan ucapannya berirama mirip orang Bone tapi tidak sama bahasanya, karena asal muasal.

Asam Mangga Bugis (pakecci pao) Pasalnya asam lambung sering ditakuti bagi orang yang sedang berpuasa. Sebab puasa harus menahan makan dan minum mulai dari sang fajar terbit hingga terbenam. Tak jarang juga asam lambung menjadi alasan kuat yang membuat banyak orang terpaksa harus berhenti puasa atau batal.

Lagi mencari inspirasi resep asam mangga bugis (pakecci pao) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal asam mangga bugis (pakecci pao) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari asam mangga bugis (pakecci pao), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan asam mangga bugis (pakecci pao) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah asam mangga bugis (pakecci pao) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Asam Mangga Bugis (pakecci pao) menggunakan 2 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Asam Mangga Bugis (pakecci pao):

  1. Ambil Mangga muda yang masih segar.
  2. Ambil secukupnya Garam kasar.

Makanan khas Indonesia memang tiada habisnya, kali ini ada rekomendasi makanan khas Bugis yang bisa kalian coba. Kuah yang kental pada makanan ini dibuat dari bahan kemiri dengan campuran rempah-rempah yang membuat cita rasa dari kuah pallu mara ini menjadi enak, asam dan pedas. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan keluwek, cengkeh, daun salam , daun jeruk , air asam, aduk rata.

Langkah-langkah menyiapkan Asam Mangga Bugis (pakecci pao):

  1. Kupas mangga muda, lalu iris tipis-tipis. Semakin tipis maka semakin cepat proses pengeringan,.
  2. Setelah semua mangga selesai diiris,maka beri garam secukupnya saja, lalu aduk agar garam menyebar. Proses ini diamkan semalaman. Bertujuan agar warna asam mangga yang dihasilkan tidak hitam..
  3. Keesokan harinya, letakkan irisan mangga pada kain sebagai alas dibawah sinar matahari. Tujuannya untuk menyerap air garam..
  4. Setelah asam mangga setengah kering, pindahkan penjemuran dengan tampah, atau pun nampan aluminium..
  5. Ulangi pengeringan hingga 2-3 hari. Tergantung kondisi sinar matahari. Semakin kering asam mangga in syaa Allah semakin lama bertahan..
  6. Ini dijemur 3 hari saja, tapi sudah mampu bertahan beberapa bulan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan asam mangga bugis (pakecci pao) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *