Cara Gampang Menyiapkan Pempek Belah yang Bisa Manjain Lidah

Pempek Belah.

Pempek Belah

Anda sedang mencari ide resep pempek belah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek belah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek belah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan pempek belah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek belah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Belah memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pempek Belah:

  1. Sediakan 130 gr tepung terigu / gandum.
  2. Sediakan 500 ml air panas / mendidih.
  3. Gunakan 350 gr tepung tapioka / sagu.
  4. Gunakan 1 butir telur.
  5. Gunakan 1 bungkus kaldu bubuk.
  6. Gunakan secukupnya Garam.
  7. Sediakan Bahan isian.
  8. Siapkan 250 gr ebi atau udang kering.
  9. Siapkan 2 buah bawang merah.
  10. Gunakan 2 buah bawang putih.
  11. Ambil 12 buah cabai rawit.
  12. Gunakan secukupnya Kecap manis.
  13. Ambil secukupnya Garam.
  14. Ambil secukupnya Kaldu bubuk.
  15. Sediakan Sedikit minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat Pempek Belah:

  1. Siapkan bahan bahan tepung gandum, tepung sagu, garam, dan kaldu bubuk..
  2. Masukan tepung gandum dan air panas mendidih aduk aduk hingga rata tambahkan garam dan kaldu bubuk kemudian tambahkan telur lalu aduk aduk hingga rata..
  3. Setelah adonan rata tambahkan tepung sagu aduk aduk buat menjadi adonan, kemudian bentuk pempek menjadi adonan pempek, agak lengket namun jangan ditambah tepung sagu lagi,.
  4. Lalu rebus adonan dan tambahkan 2 sdm minyak goreng, rebus hingga adonan mengambang dan ketika adonan mendidih dan matang adonan sudah mengambang angkat dan tiriskan, lalu goreng adonan hingga garing setelah adonan garing angkat dan tiriskan kemudian sisihkan, dan jika sudah agak dingin belah pempek denggan pisau lalu sisihkan..
  5. Bahan Isian: siapkan udang kering / Ebi cabai rawit, bawang putih dan bawang merah. Blender atau haluskan semua bahan bahan, jangan terlalu halus untuk ebinya, kemudian siapkan sedikit minyak goreng lalu tumis semua adonan yang sudah dihaluskan tadi tambahkan garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk aduk hingga rata, dan matang. Setelah matang angkat dan masukan bahan isian ditengah tengah pempek yang sudah diiris atau dibelah tadi..
  6. Peempek belah siap disajikan bersama cuko pempek atau tanpa cuko pempek..
Baca juga:  Resep Pangsit goreng isi aci Anti Gagal

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek belah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *