Cara Gampang Membuat Ketoprak Ibu, Menggugah Selera

Ketoprak Ibu Resep Ketoprak, Jadikan Sarapan di Rumah Lebih Menyenangkan. Ketoprak (Pristolepis fasciata) atau disebut juga patung, empatung, sepatung; adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Nandidae. Ikan ini menyebar di Asia Tenggara dan Indonesia.

Sedang mencari inspirasi resep ketoprak ibu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ketoprak ibu yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ketoprak ibu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ketoprak ibu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ketoprak ibu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ketoprak Ibu menggunakan 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ketoprak Ibu:

  1. Siapkan 10 buah ketupat.
  2. Siapkan 10 buah tahu kuning.
  3. Gunakan 1 bungkus bihun, isinya dua keping.
  4. Gunakan 100 gr toge.
  5. Siapkan 3 buah telur rebus.
  6. Gunakan Bumbu dihaluskan.
  7. Siapkan 120 gr kacang tanah.
  8. Ambil 2 siung bawang putih.
  9. Gunakan 4 buah cengek jablay, boleh ditambah sesuai selera.
  10. Siapkan 20 gr gula merah, sesuai selera.
  11. Siapkan 75 ml air asem Jawa (asem seruas jempol).
  12. Gunakan 1/4 teh sdt garam, sesuaikan selera.

Langkah-langkah menyiapkan Ketoprak Ibu:

  1. Siapkan semua bahannya, rebus toge, goreng tahu, rebus bihun dan telur.
  2. Buat bumbunya: goreng kacang tanah sampai kecoklatan. Di cobek tambahkan bawang, cengek jablay, gula merah,garam,uleg kemudian tambahkan kacang tanah sedikit demi sedikit uleg kembali sampai halus, koreksi rasa.
  3. Di piring saji, ambil 3 sdm bumbu halus, tata toge, bihun, ketupat, tahu, aduk rata. Beri kecap, kerupuk dan setengah bagian telur..
  4. Siap disantap…

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ketoprak Ibu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *