Cara Gampang Menyiapkan Bakmi ketoprak ala solo yang Bisa Manjain Lidah

Bakmi ketoprak ala solo. Bakmi Toprak Khas Solo: Cita Rasa Uniknya Nampol! Kalo Jakarta punya ketoprak, Solo punya Bakmi Toprak. Sedikit berbeda dengan Ketoprak Jakarta yang berkuah.

Bakmi ketoprak ala solo Bakmi ketoprak adalah makanan kuliner yang banyak dijajakan di daerah Solo. Campuran kuah kaldu sapi dengan aneka bumbu menghasilkan rasa yang mantap dan gurih. Bakmi ketoprak dengan kuah kaldu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk.

Lagi mencari ide resep bakmi ketoprak ala solo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bakmi ketoprak ala solo yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakmi ketoprak ala solo, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bakmi ketoprak ala solo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bakmi Toprak Khas Solo: Cita Rasa Uniknya Nampol! Kalo Jakarta punya ketoprak, Solo punya Bakmi Toprak. Sedikit berbeda dengan Ketoprak Jakarta yang berkuah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bakmi ketoprak ala solo sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bakmi ketoprak ala solo memakai 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bakmi ketoprak ala solo:

  1. Gunakan 250 gram tetelan sapi/ sandung lamur.
  2. Siapkan 3 lembar kol putih.
  3. Siapkan 2 gemgam toge.
  4. Siapkan 1 keping bihun jagung.
  5. Gunakan 1 keping mie telur / mie kuning.
  6. Sediakan 1 genggam kacang tanah.
  7. Ambil 1 kotak tempe uk. Sedang.
  8. Gunakan 1 kotak tahu uk. Sedang.
  9. Gunakan 5 batang daun seledri.
  10. Gunakan 1 batang daun bawang.
  11. Ambil 5 siung bawang merah.
  12. Gunakan 5 siung bawang putih.
  13. Ambil 5 buah cabe rawit merah.
  14. Ambil 1 sdt lada.
  15. Siapkan 1 lembar daun salam.
  16. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  17. Siapkan 1 butir jeruk nipis.
  18. Gunakan Sepotong lengkuas geprek.
  19. Gunakan secukupnya Bawang goreng.
  20. Ambil secukupnya Gula, kaldu jamur, garam,.
  21. Gunakan 1 liter air.

Selain kuah kaldu, hidangan khas Solo ini juga menarik karena Bakmi Ketoprak menjadi salah satu sajian wajib bagi para abdi keraton dalam menghadapi acara besar atau tamu undangan keraton. Warung bakmi ketoprak ini letaknya ada di samping gedung SDN Kartodipuran, di Jalan Pandu Dewanata, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Surakarta. Ketoprak di Solo sejatinya adalah bakmi ketoprak. Salah satu warung makan pelopor bakmi ketoprak adalah Bakmi Ketoprak Yu Nani yang terletak di Jalan Pandu Dewanata, tepatnya di samping.

Cara menyiapkan Bakmi ketoprak ala solo:

  1. Rebus tetelan hingga empuk, air rebusan pertama dibuang ya biar gak bau amis.
  2. Setelah tetelan empuk masukan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan 2 batang daun seledri.
  3. Haluskan bawang merah & bawang putih kemudian tumis hingga harum, lalu masukan kedalam rebusan daging lalu tambahkan gula, garam, kaldu jamur masak hingga matang kemudian masukan daun bawang yg sudah dipotong potong.
  4. Potong2 dadu tempe dan tahu rendam dalam air garam sebentar lalu goreng hingga matang, kacang tanah juga di goreng hingga matang.
  5. Rebus mie kuning & bihun, kemudian potong2 lembut kol putih & sisa daun seledri.
  6. Setelah semua matang susun bihun, mie dan kol tambahkan tempe, tahu & kacang tanah kemudian siram dgn kuah tetelan tadi.
  7. Sajikan dgn perasan jeruk nipis, taburan daun seledri & bawang goreng, untuk cabe nya bisa di gerus atau di potong2 ya bunda.

Ketoprak (kethoprak) adalah kesenian rakyat Jawa yang berasal dari Jawa Tengah, diyakini terlahir di Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta. Ketoprak merupakan seni panggung yang khas terutama melalui ceritanya yang mempertunjukkan kisah-kisah masyakarat Jawa, baik kisah legenda. Karena di Solo banyak warung ala kaki lima yang juga menyediakan menu ini. Kalau di Jakarta kita mengenal ada Ketoprak, di Solo ternyata ada menu masakan yang memiliki nama serupa yakni Bakmi Toprak. Berbeda dengan ketoprak Jakarta yang menggunakan sambal kacang, ketupat dan bihun, ketoprak ala Solo -atau biasa disebut Bakmi Toprak- disajikan Menu lain yang nggak kalah spesial ada ikan gurami ala Thailand, ayam goreng asam manis hingga kangkung cah belacan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bakmi ketoprak ala solo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *