Cara Gampang Menyiapkan Otak-Otak Ikan, Menggugah Selera

Otak-Otak Ikan. Selain dibakar, otak-otak juga bisa loh diolah dengan cara digoreng. Keduanya sama-sama nikmat saat dijadikan camilan, tergantung dari selera masing-masing. Jika kamu nggak suka dengan ikan.

Otak-Otak Ikan Lihat juga resep Otak otak tenggiri bakar enak lainnya. Mumpung Ada waktu.aku bikin otak otak ikan. Bahan dasar otak otak adalah ikan, tepung tapioka dan beberapa rempah yang akan menjadi perasa untuk makanan ini.

Sedang mencari inspirasi resep otak-otak ikan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal otak-otak ikan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari otak-otak ikan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan otak-otak ikan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Selain dibakar, otak-otak juga bisa loh diolah dengan cara digoreng. Keduanya sama-sama nikmat saat dijadikan camilan, tergantung dari selera masing-masing. Jika kamu nggak suka dengan ikan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan otak-otak ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Otak-Otak Ikan menggunakan 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Otak-Otak Ikan:

  1. Gunakan 500 gr ikan, saya pakai ikan salem.
  2. Ambil 250 gr tepung tapioka.
  3. Ambil 1 butir telur.
  4. Sediakan 1 genggam irisan daun bawang.
  5. Sediakan 3 siung bawang merah.
  6. Siapkan 3 siung bawang putih.
  7. Siapkan 125 ml (secukupnya) santan kental.
  8. Ambil 1/2 sdt merica butiran.
  9. Siapkan 1/2 sdm gula pasir.
  10. Ambil 1 sdm kaldu bubuk.
  11. Ambil 3/4 sdt garam.
  12. Sediakan 💕 Pelengkap:.
  13. Ambil Secukupnya daun pisang untuk membungkus, layukan, sobek kecil².
  14. Gunakan Secukupnya semat lidi, bisa juga pakai staples.
  15. Siapkan Secukupnya minyak goreng untuk olesan daun.

Dan biasanya otak otak yang masih tradisonal menggunakan daun pisang. Masukkan ikan dan putih telur ke dalam food processor, proses hingga ikan halus. Panaskan pemanggang di atas api, panggang otak-otak sambil balik-balikkan. Otak-otak umumnya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan untuk selingan di antara jadwal makan besar.

Langkah-langkah menyiapkan Otak-Otak Ikan:

  1. Cincang ikan yang sudah dicuci dan dibersihkan durinya. Sisihkan..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica butiran..
  3. Campur semua bahan kecuali santan, aduk rata. Kemudian tambahkan santan sampai adonan bisa dibentuk (jangan terlalu padat ataupun terlalu encer)..
  4. Siapkan daun, oles dengan sedikit minyak goreng. Beri 1 sdm adonan, bentuk memanjang, lipat berbentuk panjang lalu semat lidi / staples. Lakukan sampai adonan habis..
  5. Kukus selama 20 menit dalam dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan. Angkat lalu biarkan agak dingin..
  6. Rapikan bagian atas dan bawah daun. Ini tergantung selera ya, kalau mau panjang² juga g pa²..
  7. Bakar otak² agar aromanya semakin keluar..
  8. Sajikan dengan saos kacang rasanya sangat nikmat 😍😋.

Otak Otak Ikan Recipe. by Global Cookbook. Fold up both the ends and staple the middle portion to secure. Make as many bundles of otak-otak as possible. Resep otak-otak ikan merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh anak saya. Rasanya sangat gurih, bisa dijadikan sebagai cemilan bisa juga sebagai teman makan nasi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Otak-Otak Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *