Resep Otak-otak ebi yang Sempurna

Otak-otak ebi. Selamat menjalankan ibadah puasa buat yang menjalankannya ya 😊🙏.. Kali ini aku recook otak-otak ebi resepnya mbak cantik Joanne Sebastian. Yuk bikin mak buat stok cemal cemil buka puasanya.

Otak-otak ebi Hay Hay kuliners.kalau denger kata otak otak pasti yang terlintas itu 'ikan tenggiri' ya kuliners.kalau kalian bingung mau buat otak otak tapi gak ad ikan nya, nah.kali ini aku mau . Ada sisa ebi dirumah, bingung bikin apa akhirnya jatuh pilihan ke otak otak dari Bunda Ei. Sajikan otak-otak bersama saus sambal botolan atau saus kacang supaya lebih nikmat.

Sedang mencari inspirasi resep otak-otak ebi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal otak-otak ebi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari otak-otak ebi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan otak-otak ebi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Selamat menjalankan ibadah puasa buat yang menjalankannya ya 😊🙏.. Kali ini aku recook otak-otak ebi resepnya mbak cantik Joanne Sebastian. Yuk bikin mak buat stok cemal cemil buka puasanya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat otak-otak ebi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Otak-otak ebi memakai 18 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Otak-otak ebi:

  1. Ambil 2 sdm ebi halus.
  2. Ambil 12 sdm tepung tapioka.
  3. Siapkan 6-7 sdm tepung terigu.
  4. Ambil 1 butir telur.
  5. Ambil 3 siung bawang putih.
  6. Gunakan Sehelai daun bawang.
  7. Sediakan 100 ml air biasa.
  8. Siapkan Secukupnya garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk.
  9. Gunakan Secukupnya air untuk merebus.
  10. Siapkan Secukupnya minyak goreng.
  11. Siapkan Bahan saus:.
  12. Sediakan 5 cabai rawit merah (sesuai selera).
  13. Sediakan 2 sdm saus cabai.
  14. Siapkan 1 sdt saus tomat.
  15. Gunakan 1/2 bawang bombay.
  16. Siapkan 1 siung bawang putih.
  17. Siapkan Secukupnya air, gula, dan garam.
  18. Gunakan Secukupnya larutan tapioka untuk pengental.

Otak-otak ikan tenggiri salah satu makanan yang sangat populer dan digemari, terutama bagi pecinta kuliner jajanan kaki lima. Rasanya yang gurih, bertekstur kenyal dan memiliki aroma bakaran yang khas ini membuat sulit untuk menolaknya, apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang semakin menggugah selera. Shape the mixture into long oval and deep fry in hot oil until cooked and golden brown. Otak otak Ebi Goreng Ada sisa ebi dirumah, bingung bikin apa akhirnya jatuh pilihan ke otak otak dari Bunda Ei.

Cara menyiapkan Otak-otak ebi:

  1. Uleg halus bawang putih dan garam lalu sisihkan..
  2. Tuang air pada wajan /sejenisnya. Tambahkan ebi halus, bawang putih halus, kaldu bubuk, merica bubuk, dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata..
  3. Tambahkan tepung tapioka lalu aduk kembali hingga tepung larut. Masukkan telur..
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil. Aduk terus hingga air berkurang dan adonan menjadi lembek, cek rasa. (usahakan adonan jangan sampai menjadi lem/kering).
  5. Jika adonan tapioka sudah lembek, dinginkan sebentar..
  6. Masukkan tepung terigu pada wadah lalu campurkan dengan adonan tapioka. Uleni hingga kalis..
  7. Panaskan air hingga mendidih dengan menambahkan sedikit minyak goreng agar nantinya otak-otak tidak saling menempel..
  8. Sambil menunggu air mendidih, bentuk adonan sesuai selera lalu rebus hingga otak-otak mengapung (tanda sudah matang), tiriskan..
  9. Goreng otak-otak dengan minyak panas agar tidak lengket..
  10. Untuk sausnya potong kecil cabai, bawang putih, dan bawang bombai lalu gongso hingga harum..
  11. Tambahkan air dan dua jenis saus, aduk..
  12. Masukkan gula dan garam, aduk, cek rasa. Jika rasa sudah pas, tambahkan larutan tepung tapioka dan aduk kembali..
  13. Dannn otak-otak ebi siap dicocol dengan saus..

Kenyal, tanpa bahan pengawet dan rasanya enak. Bisa di panggang pakai teflon atau pakai arang. Umumnya, masakan otak otak akan disajikan bersama dengan kuah asam pedas, akan tetapi tidak sedikit juga yang lebih memilih menikmatinya tanpa makanan ataupun kuah pendamping. Banyak kok yang jual otak-otak ikan tenggiri. Pedagang keliling sampai yang mangkal dekat stasiun juga banyak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Otak-otak ebi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *