Cara Praktis Mengatasi dan Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor

ads

Tips Mudah Menambal Bak Mandi Keramik Yang Bocor – Desain kamar mandi menggunakan bak mandi masih menjadi favorit sekarang ini terutama untuk tipe rumah sedang kelas menengah ke bawah. Adanya bak mandi ini dimaksudkan sebagai tempat penampungan air. Sementara untuk kelas menengah ke atas, desain kamar mandi lebih sering menggunakan bathtub dan kran shower.

Desain bak mandi menggunakan keramik lebih disukai dibandingkan desain bak mandi tembok ataupun bak plastik. Alasannya karena penggunaan keramik ini lebih mudah dibersihkan, lebih mudah perawatan, dan lebih tahan lama. Walaupun demikian, bak mandi berbahan keramik ini juga kadang mengalami kebocoran. Bila sudah begini, Anda pun ingin sekali segera memperbaiki dan menambal bak mandi keramik yang bocor tsb.

Namun sebelum membahas mengenai kiat-kiat mengatasi dan menambal kebocoran bak mandi keramik, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Penyebab kebocoran bak mandi adalah adanya retakan ataupun celah, baik retakan pada keramik itu sendiri maupun di nat penghubung antar keramik. Hal ini dikarenakan karena kualitas keramik yang kurang baik, salah pemasangan keramik, ataupun kesalahan konstruksi bak mandi. Perlu Anda ketahui bahwa air memiliki kekuatan sehingga dalam pembuatan bak mandi pun perlu memperhatikan kekuatan tekanan air ini. Lalu bagaimana cara mudah menambal bak mandi keramik yang bocor ini? Atau bagaimana pula kiat-kiat mengatasi kebocoran bak mandi keramik? Yuk ikuti ulasan CaraPraktis.Info berikut ini ..

cara memperbaiki dan menambal bak mandi keramik yang bocor

cara memperbaiki dan menambal bak mandi keramik yang bocor (image: desaingambarrumahminimalis.com)

sponsor

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pipa Air Penyebab Rembesan di Rumah

Tips Mudah Memperbaiki dan Menambal Bak Mandi Keramik Yang Bocor

Untuk mengatasi kebocoran bak mandi maka Anda harus mampu menemukan dulu letak kebocorannya, apakah ada celah, lubang ataupun retakan di bak tsb. Selanjutnya bila telah ditemukan titik kebocorannya, maka Anda dapat menambalnya menggunakan adukan semen dan atau mengganti keramik yang pecah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini ..

Mencari Titik Kebocoran di Bak Mandi Keramik

Langkah pertama dalam memperbaiki dan menambal bak mandi keramik yang bocor adalah dengan mencari titik kebocorannya. Titik kebocoran ini bisa satu ataupun lebih dari satu, sehingga Anda harus teliti dalam mencarinya. Biasanya bagian-bagian yang perlu dicurigai adalah nat keramik, retakan pada keramik, dan saluran pembuangan air.

Baca juga:  Ide Desain Taman Minimalis Bernuansa Tropis

Cobalah isi bak mandi hingga penuh. Lalu biarkan, bila air berhenti berkurang, carilah celah, lubang, dan retakan di atas permukaan air, lalu tandai.

Iklan

Baca juga: 3 Cara Memperbaiki Kolam Ikan yang Bocor, Praktis dan Mudah

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Bak Mandi Keramik

  • Untuk menambal bak mandi keramik yang bocor karena adanya celah / lubang di nat keramik, gunakan grouter (bahan pengisi nat) water proof untuk menutupi lubang di nat keramik secara sempurna. Jangan lupa ikuti petunjuk penggunaan grouter yang ada di kemasannya. Pastikan tambalan tsb mengering sempurna sebelum mengisi kembali bak mandi dengan air.
  • Bila cara pertama tidak berhasil, kemungkinan besar masih ada lubang atau retakan lain yang belum diperbaiki. Cobalah cari titik kebocoran tsb lalu tambal lagi seperti cara pertama.
  • Untuk menambal bak mandi keramik yang bocor karena adanya keramik yang pecah atau retak, Anda dapat menggunakan lem silikon (untuk aquarium) untuk menambalnya atau mengganti keramik tsb. Untuk menambalnya, cukup korek bagian yang retak dengan cutter (agar lebih mudah melakukan penambalan) lalu oleskan lem silikon. Biarkan mengering sempurna lalu ratakan tonjolan lem menggunakan cutter.
  • Bila Anda sudah yakin menambal bak mandi keramik yang bocor tadi secara sempurna namun masih terjadi kebocoran, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan struktur bak mandi. Bisa jadi lapisan plesteran / acian bagian dalam bak mandi tsb sudah rusak, retak, keropos, ataupun berlubang. Bila sudah begini maka Anda harus melakukan perbaikan pada seluruh bagian bak mandi. Caranya adalah dengan membongkar seluruh keramik bagian sisi dalam bak mandi, lalu buat adukan semen dan plesterlah seluruh permukaan sisi bagian dalam bak mandi yang sudah dibongkar keramiknya tadi. Biarkan adukan mengering sempurna (biasanya perlu waktu 1-2 hari). Setelah kering tambahkan lapisan waterproof secara merata di atasnya, lalu biarkan mengering lalu tes lah dengan air apakah masih ditemukan kebocoran. Bila masih bocor, ulangi tahapan penambalannya. Bila tidak ditemukan kebocoran, atau ketinggian air tetap stabil seharian, berarti Anda sudah berhasil menambal bak mandi keramik yang bocor tsb. Selanjutnya pasang keramik baru dan aplikasikan lapisan nat di garis-garis penghubungnya. Pastikan bak mandi sudah kering sempurna (biasanya 3-5 hari) lalu Anda sudah bisa menggunakannya seperti biasa.
Baca juga:  Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Karpet

Nah itulah cara mudah memperbaiki dan menambal bak mandi keramik yang bocor yang dapat Anda coba. Semoga dengan cara di atas dapat mengatasi kebocoran pada bak mandi yang Anda alama. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menambal bak mandi -menambal bak mandi -Cara memperbaiki bak -cara menambal bak mandi yang bocor -https://carapraktis info/2018/02/menambal-bak-mandi-keramik-yang-bocor html/ -cara menambal kolam keramik yang bocor -cara nambal bak -cara pasang bak mandi keramik -cara mengatasi bak mandi keramik bocor -cara menambal nat keramik yang bocor -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.