Cara Praktis Mencuci Sepatu Yang Baik dan Benar Agar Lebih Bersih dan Awet

ads

Tips Mencuci Sepatu Yang Baik dan Benar – Sepatu yang bersih dan bebas bau tak sedap akan menunjang penampilan Anda dan meningkatkan rasa percaya diri. Nah, ternyata cara membersihkan sepatu pun tidak dapat dilakukan serampangan loh, karena Anda pun perlu memperhatikan bahan pembuat sepatu tsb. Kesalahan dalam mencuci, membersihkan ataupun perawatan sepatu dapat berakibat fatal dan justru merusak sepatu. Walaupun tidak ada petunjuk cara mencuci ataupun merawat sepatu setiap kali Anda membeli sepatu, namun bukan berarti Anda tidak merawat sepatu Anda tsb.

Perlu Anda ketahui, barang apapun yang Anda rawat tentunya akan semakin awet dan lebih tahan lama, termasuk halnya sepatu. Walaupun sepatu merupakan item fashion yang sudah biasa dan familiar namun tak banyak orang yang mengetahui cara mencuci sepatu yang baik dan benar, bagaimana cara merawat sepatu agar selalu bersih, bebas kusam dan bebas bau namun tak merusak sepatu?

cara mencuci sepatu yang baik dan benar

cara mencuci sepatu yang baik dan benar (image: boysco.com)

Baca juga: Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

Begini Cara Mencuci Sepatu Yang Tepat Agar Selalu Bersih, Bebas Bau, dan Lebih Awet

Nah di atas telah disinggung sedikit bahwa cara merawat dan mencuci sepatu yang benar adalah dengan mempertimbangkan bahan pembuatnya. Namun sebelum jauh membahas hal tsb, CaraPraktis.Info ingin menginformasikan bahwa ada aturan umum dalam mencuci sepatu tsb, yaitu:

  • Jangan pernah merendam sepatu
  • Jangan pernah mencuci menggunakan mesin cuci
  • Untuk membersihkan sepatu bagian luar, tergantung bahan sepatunya, Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan noda kering.
  • Untuk membersihkan sepatu bagian dalam, usap sepatu menggunakan alkohol atau tea tree oil atau bedak anti jamur, lalu lap menggunakan kain bersih yang kering.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit atau Berbahan Leather

Sebaiknya hindari mencuci sepatu kulit karena adanya air dan kelembaban justru dapat menimbulkan bau tak sedap. Anda cukup membersihkan noda yang menempel pada sepatu kulit dengan lap basah lalu keringkan dengan lap kering yang lembut untuk mencegah munculnya jamur. Untuk merawat sepatu kulit sebaiknya lakukan penyemiran sepatu minimal seminggu sekali untuk mempertahankan warnanya.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Kulit Yang Perlu Diketahui

Cara Mencuci Sepatu Berbahan Beludru

Seperti halnya sepatu kulit, sepatu berbahan beludru pun sebaiknya tidak dibersihkan menggunakan air karena dapat membuatnya berjamur dan susah keringnya.

Baca juga:  Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

Untuk membersihkan sepatu beludru atau bahan sintetis lainnya dapat dilakukan dengan melihat seberapa banyak kotoran yang menempel. Untuk menghilangkan noda ringan pada sepatu beludru, cukup sikap dengan lembut dengan gerakan searah tekstur bahannya agar tidak merusak sepatu dan kotoran pun tak menyebar ke bagian lainnya.

Lalu bagaimana bila sepatu beludru terlanjur basah? Anda dapat menggunakan kain bersih yang kering dan lembut untuk menyerap air pada sepatu, lalu angin-anginkan sepatu tsb hingga kering. Menjemur sepatu di bawah sinar matahari dapat membuat bahan sepatu lebih cepat rusak dan kaku.

sponsor

Cara Praktis Mencuci Sepatu Berbahan Suede

Untuk membersihkan noda pada jenis sepatu suede, Anda dapat menyikatnya dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas. Sikatlah sepatu dengan gerakan searah serat bahannya sehingga tidak akan merusak tekstur bahan sepatu. Dalam perawatan sepatu suede, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mencuci sepatu menggunakan air. Bila nodanya tidak terlalu parah, cukup sikat bagian yang bernoda saja.

Perlu Anda ketahui juga bahwa karakteristik sepatu suede adalah mudah menyerap air jadi sebaiknya tidak Anda gunakan saat musim hujan, karena basah sedikit saja akan membuat sepatu Anda berbau dan berjamur.

Tips Mencuci Sepatu Berbahan Kanvas dan Denim

Jenis sepatu kanvas atau denim merupakan jenis sepatu yang paling mudah dibersihkan. Untuk menghilangkan noda kering dan debu, Anda dapat menepuk-nepuk permukaan sepatu hingga kotoran dan nodanya rontok.

Untuk membersihkan noda berat dan membandel pada sepatu kanvas atau denim, Anda dapat mencucinya menggunakan air dan deterjen / sabun colek. Sikat menggunakan sikat gigi bekas dengan gerakan satu arah, lalu bilas hingga sisa sabun hilang. Hindarilah menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Sisa sabun yang tertinggal dan sinar matahari langsung dapat memudarkan warnanya.

Iklan

Nah itulah beberapa info penting mengenai tips cara mencuci sepatu yang baik dan benar berdasarkan bahan pembuatnya. Semoga dengan cara membersihkan sepatu di atas, sepatu Anda dapat terawat, tetap bersih, bebas bau, dan tetap awet. Semoga bermanfaat …

Baca juga:  Cara Praktis Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Dengan Mudah Dan Cepat

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mencuci sepattu yang baik dan benar -yhs-joydream_002 -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.