Tips Merawat Kulkas Agar Lebih Awet

ads

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kulkas adalah salah satu perlengkapan elektronik yang sangat berguna keberadaanya. Dengan adanya kulkas di rumah, kita bisa menyimpan persediaan makanan atau minuman untuk beberapa hari kedepan. Jadi dengan adanya kulkas kita tidak lagi perlu ke pasar tiap hari untuk membeli bahan-bahan masakan serta makanan yang kita simpan di dalam kulkas pun bisa bertahan lebih lama dibandingkan disimpan pada suhu ruangan.

Tips Merawat Kulkas Agar Lebih Awet

Nah, mengingat fungsinya yang istimewa tersebut, kulkas tentunya memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar tetap awet. Pasalnya kulkas akan dinyalakan nonstop untuk waktu yang lama. Perawatan kulkas itu sendiri tidaklah sulit dan tentunya dengan merawat kulkas dengan baik akan memperpanjang usia kulkas Anda dan terhindar dari beberapa masalah yang sering muncul pada kulkas.

Untuk merawat kulkas agar lebih awet,  disini kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

sponsor
  1. Buka kulkas pintu seperlunya. Sebisa mungkin jangan terlalu sering membuka pintu kulkas atau membiarkan pintu kulkas terlalu lama terbuka. Hal tersebut akan menambah beban kerja mesin pendingin karena suhu yang tidak stabil akibat keluar masuknya udara dari luar kulkas. Membuka pintu kulkas terlalu lama seperti ini juga dalam jangka panjang bisa mengakibatkan mesin pendingin  rusak. Semakin berat kerja mesin pendingin tentunya bisa berimbas pada penyerapan listirk yang lebih besar. Akibatnya tagihan listrik bisa meningkat.
  2. Gunakan bak freezer seperlunya. Hindari menyimpan makanan seperti buah-buahan atau sayuran ke dalam baki freezer. Karena sisa-sisa makanan yang tertinggal tersebut nantinya akan sulit dibersihkan. Kemudian jangan menyimpan botol kaca di freezer karena kaca memiliki sifat yang gampang pecah apabila air didalamnya membeku.
  3. Cairkan kembang es. Secara berkala Anda perlu mencairkan kembang es yang terdapat pada freezer. Anda bisa mencairkan kembang es tersebut dengan menekan tombol peleburan (defroting) yang terdapat di kulkas. Tapi jika kulkas Anda tidak memiliki fitur tersebut, Anda bisa mencairkan kembang es dengan cara mematikan kulkas hingga kembang es mencair. Dengan demikian, kulkas akan menjadi bersih kembali dan kinerja kulkas bisa kembali normal.
  4. Hindari menyimpan benda panas didalam kulkas. Anda sebaiknya tidak menyimpan makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas. Peningkatan suhu didalam kulkas akan menyebabkan mesin pendingin bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu didalam kulkas. Hal ini selain kurang baik untuk mesin pendingin, juga bisa menyerap listrik yang banyak hingga suhu dingin didalam kulkas tercapai.
  5. Ketahui masa simpan makanan. Jangan terlalu lama menyimpan makanan dalam kulkas dan membiarkannya busuk. Biasanya, untuk buah-buahan dan sayuran segar bisa bertahan 3-4 hari, ikan 1-2 hari,daging ayam 4-5 hari, serta telur ayam 2 minggu, keju kerasasekitar satu bulan dan juga untuk minuman olahan yang bisa dilihat masa simpannya dari tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan.
  6. Bersihkan secara rutin. Membersihkan kulkas secara rutin dapat menjaga agar kulkas tetap awet dan tahan lama. Cara membersihkan kulkas juga sangat mudah. Pertama cabut saklar dari stop kontak, dan keluarkan semua yang ada di dalam kulkas termasuk wadah dan rak plastiknya. Setelah itu cuci semua wadah plastiknya dan untuk bagian luar gunakan air hangat untuk membersihkannya.
Baca juga:  Cara Memasang dan Merawat Pompa Air Yang Baik dan Benar

 

Demikian tips yang bisa Anda terapkan agar kulkas Anda di rumah bisa lebih terawat dan bertahan lama.

Iklan

Semoga berguna !

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.