Tips Memilih Dan Membeli Rice Cooker

ads

Di zaman yang serba modern ini, sangat jarang kita menemui mereka yang masih memasak nasi dengan cara konvensional karena sejak hadirnya rice cooker, memasak nasi menjadi jauh lebih praktis dan cepat.

Seperti yang kita tahu, rice cooker sedari dulu memang sudah menjadi salah satu barang paling “wajib” yang mesti ada di setiap rumah. Apalagi dengan berkembangnya zaman, saat ini terdapat berbagai macam rice cooker yang tersedia di pasaran. Beberapa diantaranya bahkan memiliki fungsi serbaguna yang tidak hanya digunakan untuk memasak nasi tapi juga untuk mengukus kue, membuat roti, dan lain sebagainya.

Terlepas dari banyaknya jenis rice cooker yang tersedia, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rice cooker. Banyaknya fitur pada rice cooker, bukan berarti merupakan rice cooker terbaik untuk Anda. Karena percuma saja, jika semua fitur itu tidak Anda gunakan, hal itu hanya akan membuang uang saja.

Nah biar tidak salah,  Anda bisa mengikuti tips dalam memilih rice cooker berikut ini.

#1 Pertimbangkan Ukuran Rice Cooker dan Kapasistas Listrik Yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Rice Cooker adalah ukuran atau kapasistas penampungan beras dari rice cooker tersebut. Bila Anda tinggal bersama keluarga misalnya, usahakan membeli rice cooker yang agak besar agar supaya Anda tidak perlu memasak dua kali. Berbeda halnya bila Anda tinggal seorangdiri, maka carilah rice cooker yang berukuran kecil atau mini. Saat ini banyak tersedia rice cooker ukuran mini dipasaran.

Selanjutnya, perhatikan juga daya (watt) dari rice cooker yang Anda beli. Daya listrik yang digunakan rice cooker berbeda-beda tergantung merk-nya. Anda sebaikyna membandingkan daya listrik rice cooker satu sama lain. Dan pilih rice cooker dengan daya terendah.

#2 Pilih Rice Cooker Sesuai Kebutuhan

Saat ini banyak rice cooker yang bisa digunakan untuk menanak nasi, juga mengukus, atau bahkan memasak telur. Beberapa rice cooker bahkan dibuat semenarik mungkin dengan tambahan teknologi dan juga tampilan yang premium.

Baca juga:  Ini Dia Cara Mengatasi Dispenser Yang Tidak Panas

Bila Anda memiliki budget yang terbatas dan hanya memerlukan rice cooker runtuk menanak nasi, maka pilihlah rice cooker yang biasa saja. Pilih rice cooker sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan.

#3 Hindari Merk Abal-Abal

Dalam membeli rice cooker, sebisa mungkin pilih dari perusahaan yang sudah memiliki reputasi. Membeli rice cooker dengan merk abal-abal memang bisa lebih murah, tapi tidak ada jaminan bahwa rice cooker tersebut bisa bertahan lama.

Reputasi yang baik adalah cerminan kualitas. Itu artinya, jika Anda ingin rice cooker yang berkualitas, pilih merk yang terkenal karena rice cooker ini akan Anda gunakan setiap hari dalam waktu yang lama.

sponsor

Beberapa merk bagus untuk rice cooker antara lain : Miyako, Philips, Maspion, Cosmos, dll.

# 4 Pertimbangkan Harga

Harga rice cooker saat ini berada dalam kisaran 150.000 – 200.000 rupiah. Bila harganya lebih dari 200.000 itu bisa dipastikan bukan rice cooker tetapi magiccom. Rice cooker dan magicom memang sepintas terlihat sama tetapi fungsinya berbeda. Ketahui dulu fungsi keduanya biar tidak salah pilih. Jika Anda hanya ingin memasak nasi, rice cooker adalah pilihan terbaik karena untuk membeli magicom bisa sangat mahal.

Dalam memilih rice cooker, pilihlah yang memiliki harga tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Memilih rice cooker yang terlalu murah sangat beresiko karena bisa jadi rice cooker tersebut tidak berusia lama.

 

Itu dia beberapa tips memilih dan membeli rice cooker dari kami.

Semoga bermanfaat !

Iklan

 

 

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

tips membeli rice cooker -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.