Kenali Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam Saat Dipanasi

ads

Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam Saat Dipanasi – Apakah kalau motor dipanaskan keluar asap hitam pada knalpot wajar? Ini tidak semua motor dapat mengeluarkan asap berwarna hitam. Jika memang terjadi berarti ada komponen pada mesin yang mengalami kerusakan dan harus diganti atau adanya pembakaran bahan bakar yang boros sehingga ada asap hitam pada knalpot. Tak hanya itu penyebabnya, masih ada yang lainnya.

Lalu, apa sih penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam saat dipanasi? Anda jangan khawatir karena kami akan membahasnya untuk Anda semua. Maka dari itu yuk simak artikel berikut ini hingga akhir.

Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam Saat Dipanasi, Apa Saja?

Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam Saat Dipanasi

Dibawah ini Cara praktis akan memberikan beberapa penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam saat dipanasi yang bisa Anda ketahui. Adapan beberapa penyebabnya sebagai berikut ini :

Bahan Bakar Yang Berlebihan

Penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam saat dipanasi yang pertama adalah bahan bakar yang berlebihan. Bensin yang digunakan untuk menghidupkan mesin yang terserap sangat banyak, jadi jika motor dipanasi akan ada efek asap yang berwarna hitam pada knalpot.

Ada baiknya Anda melakukan servis ke bengkel yang resmi agar dapat mengerti kerusakan apa yang terjadi sehingga bensin terserap terlalu banyak dan asapnya menjadi hitam.

Banyak Tumpukan Kotoran Di Knalpot

Penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam saat dipanasi selanjutnya adalah banyak tumpukan kotoran di knalpot. Hal ini biasanya terjadi karena pengguna motor terlalu pelan jika berkendara. Maka dari itu semakin banyak karbon dan juga kotoran yang mengumpul. Apalagi jika digunakan adalah motor matic yang lama dan filter yang diproduksi dulunya mudah dimasuki kotoran. Jadi lakukan service agar tidak ada kerusakan yang lainnya.

sponsor

Anda juga bisa mengendarai motor dengan kencang agar tidak keluar asap motor berwarna hitam. Yang biasanya mengendarai dengan kecepatan 40 – 60 km/jam mungkin bisa menambah kecepatannya sedikit lagi.

Filter Udara Yang Tersumbat

Seperti hal yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab keluar asap hitam adalah filter udara yang tersumbat. Filter udara biasanya tersumbat karena adanya kotoran atau kerak yang menumpuk. Sehingga pada knalpot keluar asap berwarna hitam ketikan mesin dihidupkan. Dan jika Anda ingin menghindar hal yang satu ini sebaiknya segera menservis dan mengganti filter yang lebih baru lagi ke bengkel resmi agar tidak keluar asap hitam pada knalpot.

Baca juga:  Cara Membersihkan Kaca Helm Tanpa Membuatnya Lecet

Busi Yang Mulai Rusak

Selanjutnya penyebab dari keluarnya asap hitam pada knalpot karena busi yang rusak. Salah satu komponen yang ada di tempat pembakaran ini tidak dapat berkerja sempurna sehigga menimbulkan asap berwarna hitam. Jadi ada baiknya Anda segera mengganti businya agar tidak mencemari udara karena asap hitam yang dihasilkan.

Setelah Langsam Yang Tidak Tepat

Ini terjadi juga karena setelah langsam yang tidak tepat. Seringkali terjadi pada setela udara yang terlalu kecil. Jadi langsam udara yang masuk kurang dan menyebabkan keluar asap hitam pada knalpot. Untuk mengatasi hal yang satu ini bisa menambahkan putaran ke kiri pada setelah angin di karburator sampai dapat putaran yang lebih tepat.

Iklan

Itulah beberapa penyebab knalpot mengeluarkan asap hitam saat dipanasi yang bisa Anda ketahui. Memang untuk asap berwarna hitam terlihat seperti biasa. Namun Ada jangan menyepelehkannya, karena tanda motor mengeluarkan asap berwarna motor berarti adanya kerusakan pada komponen-komponen yang ada. Jadi ada baiknya untuk Anda selalu memeriksa motor tersebut agar lebih prima dan tahan lama. Semoga dengan adanya artikel berikut dapat berguna untuk pengendara motor!! 🙂

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

kapur barus bisa menghilangkan asap motor -akibat mengeluarkan asap hitam saat dihidupkan -asap hitam di knalpot motor lagi di hidupkan -cara mengatasi asap hitam pada motor yang keluar saat di panaskan -kenalpot mengeluarkan kotoran hitam -Kenapa motor dipanasi keluar asep hitam -kepulan asap hitam dan kotoran filter terjadinya -motor mengeluaran sedikit asap hitam -penyebab asap hitam pada motor saat baru dihidupkan pada motor -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.