Resep Praktis Telur Masak Kuning Yang Enak dan Mudah

Resep Praktis Telur Masak Kuning – Memasak telur bumbu kuning memang cukup sederhana yang bisa disajikan sebagai menu sehari-hari. Sesuai dengan namanya telur bumbu kuning akan dihidangkan dengan kuah berwarna kuning alami yang berasal dari bumbu kunyit. Resep masakan yang satu ini menjadi alternatif jika merasa bosan dengan telur ceplok atau dadar. Maka olahan telur menggunakan kuah bumbu kuning tentu memperkaya aneka masakan.

Membuat telur masak kuning seringkali menjadi alternatif menyiapkan masakan yang enak namun mudah sekali dalam pengolahannya. Menu masakan berbahan dasar telur ini memang merupakan salah satu dari menu lauk pauk hewani, telur ayam, bebek, dan puyuh. Dimana bahan-bahan tersebut seringkali dikreasikan sebagai pelengkap makanan karena lebih mudah didapat.

Rahasia kelezatan menu masakan telur kuah bumbu kuning terletak pada pemilihan bahan-bahan yang segar seperti menggunakan telur segar serta memasaknya hingga tanak / matang sempurna untuk mencegah masakan cepat basi. Karena masakan ini mengandung santan, sebaiknya hangatkan masakan di pagi dan sore hari bila menu yang satu ini belum habis. Oke untuk anda yang penasaran dengan resep sederhana dari telur masak kuning, berikut ulasan lengkap resep masakan telur bumbu kuning lengkap dengan cara memasaknya.

resep praktis telur masak kuning
Ilustrasi esep praktis telur masak kuning

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Spesial

Cara Membuat Telur Masak Kuning

Masakan bumbu kuning selain biasanya diaplikasikan untuk ikan ternyata enak juga dibuat untuk membuat masakan telur.

Baca juga: Resep Masakan Ikan Kuah Kuning Khas Maluku

Berikut ini adalah resep telur masak kuning berupa bahan dan bumbu yang mudah didapat yang disertai dengan tahap-tahap cara memasak telur bumbu kuning yang enak …

Bahan dan Bumbu Resep Telur Masak Kuning :

  • 9 butir telur rebus
  • 400 ml santan cair
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdm air asam jawa
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Bawang goreng untuk taburan
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 ruas jari kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 buah cabe merah besar
Baca juga:  3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga Agar Dapat Berguna Kembali

Cara Membuat Telur Kuah Bumbu Kuning :

  1. Sediakan semua bahan dan bumbu dalam membuat resep telur kuah bumbu kuning.
  2. Kupas telur yang telah direbus matang dan kemudian digoreng menggunakan minyak panas hingga berkulit kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan daun salam hingga berbau harum.
  4. Masukkan santan dan masak sambil diaduk, kemudian tuangkan air asam jawa, garam dan gula pasir baru kemudian masukkan telur.
  5. Masak hingga mendidih dan kuah mengental, aduk sesekali saja. Setelah kuah menyusut (sudah berkurang) baru matikan api.
  6. Sajikan dalam piring atau mangkuk saji dan siap untuk dihidangkan dengan disertai taburan bawang goreng.

Itulah resep praktis telur masak kuning yang bisa anda praktikan sendiri di rumah. Bagaimana mudah bukan cara membuat masakan telur kuah bumbu kuning? Sajian telur sangat cocok disajikan sebagai lauk nasi. Semoga menu masakan kali ini disukai keluarga anda karena rasanya enak dan nikmat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *