5 Cara Praktis Mengusir Kecoa dari Rumah

Apakah Anda termasuk orang yang jijik sama kecoa? Ya kecoa memang termasuk binatang menjijikan dan menakutkan apalagi bila termasuk kecoa terbang. Rasanya ingin cepat-cepat mengusir kecoa dari rumah.
Baca: Serangan Kecoa Terbang dan 7 Fakta Menarik Seputar Kecoa

Kecoa dapat hidup dimana saja di rumah Anda, bisa hidup di tempat sampah, di wc, di dapur, di lemari, bahkan di kamar tidur. Cara membasmi kecoa dari rumah memang agak sulit karena pertumbuhan kecoa sangat cepat sehingga mati 1 tumbuh 1000. Tak hanya menjijikan, kecoa pun sering ikut menyebarkan penyakit. Lalu bagaimana cara mengusir kecoa dari rumah?

 

cara mengatasi kecoa di rumah

Tips Sukses Mengusir Kecoa dari Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa cara / tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kecoa di rumah Anda sehingga rumah Anda terlihat bersih dan bebas kecoa.

1. Menjaga Kebersihan Rumah

Cara pertama untuk mengusir kecoa dari rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah. Rumah yang selalu bersih akan mempersempit ruang tinggal kecoa. Mulailah membersihkan dari area dapur, seperti membersihkan peralatan masak dan makan setelah selesai digunakan serta membersihkan sisa-sisa makanan. Tidak adanya sumber makanan bagi kecoa akan membuat kecoa tsb pergi dari rumah Anda.

2. Memutuskan Rantai Hidup

Cara berikutnya untuk mengusir kecoa dari rumah adalah dengan memutuskan rantai hidup kecoa misalnya dengan membasmi telur kecoa. Cobalah Anda periksa setiap tempat tersembunyi yang gelap, biasanya kecoa senang bersarang di daerah tsb seperti di kolong kasur, dsb.

3. Cara Mengusir Kecoa Menggunakan Bahan Alami

Sebelum Anda menggunakan bahan kimia, sebaiknya Anda coba dulu cara mengusir kecoa menggunakan bahan alami seperti daun salam, mentimun, dan lemon. Aroma dari bahan alami ini tidak disukai oleh kecoa dan untuk menggunakannya pun sangat mudah, yaitu irislah bahan alami tadi menjadi potongan yang kecil lalu letakkan di sekitar sarang kecoa, maka kecoa pun akan kabur dari situ. Untuk hasil terbaik, gunakanlah bahan alami yang masih fresh sehingga aroma yang dihasilkan pun masih kuat.

Baca juga:  Cara Buat Lampu Taman Sendiri

4. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memang memiliki banyak fungsi, selain dapat mengatasi jamur di lemari pakaian, kapur barus pun dapat digunakan untuk mengusir kecoa loh. Caranya letakkanlah kapur barus tsb di tempat persembunyian kecoa, misalnya di lemari, dsb.

Cara mengusir kecoa menggunakan kapur barus ini dirasa lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan bahan alami di atas, namun ingat peletakannya harus hati-hati ya karena dikhawatirkan akan tertelan oleh bayi / anak kecil dan dijauhkan dari makanan.

5. Menggunakan Obat Anti Kecoa

Bila Anda sudah menggunakan cara mengusir kecoa dari rumah seperti yang telah disebutkan di atas namun kecoa masih betah berada di rumah Anda, mungkin ini saatnya Anda menggunakan obat anti kecoa. Obat ini tak hanya mengusir bahkan membasmi kecoa. Walaupun obat ini banyak dijual di pasaran namun pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian agar terhindar dari bahaya / efek samping obat tsb terhadap kesehatan Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi banyaknya kecoa di rumah Anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *