Bagaimana Menyiapkan Mie celor (mie rebus Palembang) yang Bisa Manjain Lidah

Mie celor (mie rebus Palembang). Cara Membuat Mie Celor Khas Palembang yang Spesial. Mie yang satu ini memang selalu bikin kangen. Asik disantap di sore atau malam hari.

Mie celor (mie rebus Palembang) Resep Mie Celor Palembang Asli Paling Enak. Mie celor Palembang adalah adalah aneka masakan mie khas Palembang yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), disajikan bersama irisan bawang merah goreng dan juag telur yang dibelah dua serta taoge atau kecambah. Kepengen mie celor diperantawan😄😄😄 Berhubung di Cibitung ga ada yg jual mie basah khusus mie celor jd kita pakai mie seadanya 😉😉😉 Kali ini resep dengan menggunakan mie gomak atw mie khas Medan secara mie ini tampilan dan rasanya tdk berbeda dengan mie celor basah yang ada di Palembang.

Sedang mencari inspirasi resep mie celor (mie rebus palembang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mie celor (mie rebus palembang) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara Membuat Mie Celor Khas Palembang yang Spesial. Mie yang satu ini memang selalu bikin kangen. Asik disantap di sore atau malam hari.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mie celor (mie rebus palembang), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mie celor (mie rebus palembang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mie celor (mie rebus palembang) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mie celor (mie rebus Palembang) memakai 20 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mie celor (mie rebus Palembang):

  1. Siapkan Bahan :.
  2. Sediakan 500 gr Mie basah besar / mie burung dara jg boleh.
  3. Siapkan 500 gr udang basah (ambil kepala dan kulitnya untuk kaldu).
  4. Siapkan 500 ml santan.
  5. Sediakan 5 Sdm ebi (disangrai dan giling).
  6. Siapkan 1 sdt garam / sesuai selera.
  7. Siapkan 1 sdt gula.
  8. Sediakan 1 sdt kaldu jamur.
  9. Ambil 100 gr toge.
  10. Ambil 1 liter air.
  11. Gunakan 5 butir telor.
  12. Ambil Kerupuk udang.
  13. Gunakan 5 sdm tepung maizena/kanji/terigu (untuk pengental).
  14. Ambil Bumbu halus :.
  15. Ambil 12 cabe merah.
  16. Ambil 5 butir kemiri.
  17. Gunakan Seruas jahe.
  18. Ambil 10 siung bawang putih.
  19. Ambil 5 siung bawang merah.
  20. Siapkan 1 sdt merica.

Makanan khas Palembang yang satu ini punya citarasa gurih seafood yang kuat. Kuahnya sedikit kental dan berwarna putih dari penambahan santan. Sajian ini cukup unik karena mie kuning sebagai bahan utama tidak dimasak bersamaan dengan bahan lainnya. Sesaat akan disajikan, mie kuning baru akan disiram dengan kuah berbumbu yang telah dimasak tersendiri dengan bahan lainnya.

Cara menyiapkan Mie celor (mie rebus Palembang):

  1. Taroh 1 liter air dalam panci. Rebus kepala udang dan kulitnya yg telah di bersihkan hingga mendidih. Saya disini mengunakan daging udangnya, karena Kapala dan kulit ya sudah saya buat di mie rebus Medan. Untuk kaldu lebih terasa di bagian kepala dan daging. Setelah kaldu jadi, keluarkan udang/kepala dan kulitnya. Sisihkan..
  2. Rendam mie basah dan toge dengan air panas sebentar…
  3. Rebus telor Hinga masak. Lalu kupas dan belah jadi 2..
  4. Blender bahan halus dan ebi halus lalu tumis sebentar dengan dikit minyak. Jangan banyak ya.. karena kuah ini tidak berminyak. Tumis agar dapat aroma bumbu halus itu dan rasa lebih enak..
  5. Masukkan tumisan bumbu halus ke kuah kaldu tadi. Yang mana udangnya sudah kita sisihkan. Aduk hingga rata, kemudian masukkan santan, aduk terus jangan sampai pecah santannya. Kasih garam, kaldu jamur, gula. Test rasa..
  6. Ambil tepung maizena/kanji/terigu.. kasih air sedikit agar tepung jadi lunak. Masukkan dalam kuah kaldu, aduk langsung agar tepung tersebut tidak menggumpal dan pecah. aduk terus hingga kuah kaldu jadi kental. Matikan kompor sisihkan.
  7. Siapkan bahan" pelengkap seperti mie, toge, daun bawang, bawang merah goreng, telor rebus, kerupuk (saya habis 😁).
  8. Ambil sedikit semua bahan pelengkap, tuang kuah kaldu. Mie celor siap di santap. Mie celor emang enak makan selagi panas..

Palembang memang populer sebagai kota asal pempek. Namun, Palembang tidak hanya punya makanan khas berupa pempek saja. Ada banyak makanan lezat lainnya yang jadi kebanggaan Palembang, salah satunya adalah mie celor. Berkunjung ke kota tersebut rasanya belum komplit jika tidak mencicipi mie celor Palembang. Nah, ini dia tempat makanan mie celor yang paling direkomendasikan seantero Palembang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mie celor (mie rebus palembang) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *