Resep Gado2 Suroboyo, Sempurna

Gado2 Suroboyo. Gado-gado Surabaya sedikit beda dengan Gado-gado yang pernah saya makan di Jakarta.

Gado2 Suroboyo

Sedang mencari inspirasi resep gado2 suroboyo yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gado2 suroboyo yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gado2 suroboyo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gado2 suroboyo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah gado2 suroboyo yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gado2 Suroboyo menggunakan 24 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gado2 Suroboyo:

  1. Sediakan 200 gr kacang tanah goreng.
  2. Ambil 75 gula jawa.
  3. Siapkan 1 kotak santan kara kental(200 ml).
  4. Ambil 300 ml santan kara encer(100 ml kental+ 250 ml air panas, aduk2).
  5. Siapkan 1 sdt munjung tepung beras.
  6. Siapkan 1 sdt air asamjawa (larutkan asam jawa dgn air panas,takar 1sdt).
  7. Siapkan Bumbu2.
  8. Siapkan 4 siung bawang putih(goreng utuh).
  9. Ambil 2 bh cabe besar(suka pedas silahkan tambah)(goreng utuh).
  10. Sediakan Bumbu yg tidak dihaluskan:.
  11. Gunakan 6 lembar daun jeruk purut.
  12. Ambil 1/2 sdt garam halus.
  13. Gunakan 1 sdt peres kaldu jamur(optional).
  14. Siapkan Bahan Pelengkap.
  15. Siapkan Telur rebus.
  16. Siapkan Taoge rebus.
  17. Siapkan Wortel rebus(iris korek api).
  18. Siapkan Buncis rebus.
  19. Ambil Tempe goreng.
  20. Ambil Tahu goreng.
  21. Sediakan Jipang rebus(iris korek api).
  22. Sediakan Selada mentah.
  23. Ambil Emping goreng.
  24. Siapkan Bawang merah goreng.

Cara menyiapkan Gado2 Suroboyo:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Siapkan semua bumbu.
  3. Siapkan lontongnya dulu.Jika beli silahkan beli.Jika mau bikin silahkan bikin sendiri.Saya bikin sendiri pake plastik foodgrade dan merebusnya di magiccom aja biar hemat gas.Hasilnya maknyus putih bersih dan lezat.Plastik foodgrade itu aman digunakan utk merebus makanan dan tahan panas ya..ada kode HDPE.Silahkan cek di mbah gugel..
  4. Siapkan jg bahan pelengkap lainnya. Rebus telur.Rebus telur bersama potongan jeruk lemon agar mudah dikupas.Sisihkan. Rebus sayur2an yg harus direbus.Sisihkan. Goreng tahu&tempe.Sisihkan..
  5. Membuat Saus Kacang(Bumbu Gado2): Ambil wajan.Goreng bawang putih dan cabe.Sisihkan.
  6. Blender kacang tanah hingga halus.Sisihkan..
  7. Blender bumbu yg telah digoreng(no.4) bersama gula jawa yg telah dipotong2 kecil dan santan kara encer 300 ml.Blender hingga halus.Keluarkan dari tabung dan pindahkan ke wajan anti lengket.Rebus hasil blenderan ini dgn ditambahin daun jeruk yg telah dibuang tulang nya(biar wangi).Rebus hingga meletup2..
  8. Bumbui dgn garam halus dan kaldu jamur.Aduk rata.Masukkan 1 sdt air asam jawa.Aduk rata.Terakhir masukkan 1 sdt tepung beras Aduk rata.Koreksi rasa.Jika udah pas matikan api.Pindahkan ke wadah saji..
  9. Jika ingin disantap, tata dipiring lontong,telur rebus iris,tahu tempe goreng,sayur2an rebus.Siram dgn kuah gado2.Atasnya taburi dgn bawang merah goreng dan kerupuk/emping..

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Gado2 Suroboyo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *