Langkah Mudah untuk Membuat Mie ayam Solo Anti Gagal

Mie ayam Solo. Mie Ayam Tugu Lilin foto by tripadvisor.co.id. Resep Mie Ayam Khas Solo Asli Yang Melegenda – Hay pecinta mie se Nusantara pasti pada suka dengan Mie Ayam Solo kan, yah mie ayam ini memang ada disetiap kota, dengan rasa yang enak dan gerobak coklat yang menjadi cirikhasnya, membuat banyak orang suka dengan Mie Ayam Solo ini. Sama seperti Mie Ayam Bangka, mie ini menggunakan bumbu-bumbu spesial yang dicampur dengan kaldu ayam dan saos.

Mie ayam Solo Pertama, kita akan belajar cara membuat mie ayam khas Solo. Mie ayam dari daerah ini menggunakan lebih banyak bumbu, terutama untuk ayam kecapnya. Selain kunyit, rempah-rempah yang digunakan adalah jahe, kemiri, dan ketumbar.

Lagi mencari ide resep mie ayam solo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mie ayam solo yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mie Ayam Tugu Lilin foto by tripadvisor.co.id. Resep Mie Ayam Khas Solo Asli Yang Melegenda – Hay pecinta mie se Nusantara pasti pada suka dengan Mie Ayam Solo kan, yah mie ayam ini memang ada disetiap kota, dengan rasa yang enak dan gerobak coklat yang menjadi cirikhasnya, membuat banyak orang suka dengan Mie Ayam Solo ini. Sama seperti Mie Ayam Bangka, mie ini menggunakan bumbu-bumbu spesial yang dicampur dengan kaldu ayam dan saos.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mie ayam solo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mie ayam solo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mie ayam solo yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mie ayam Solo menggunakan 24 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mie ayam Solo:

  1. Ambil 1/2 kg dada ayam.
  2. Siapkan 1/2 sayap ayam (optional).
  3. Siapkan 3 keping mie burung darah.
  4. Siapkan 2 ikat sayur sawi.
  5. Siapkan Bumbu ayam :.
  6. Gunakan 1 bawang bombay uk.sedang.
  7. Siapkan 10 siung bawang merah.
  8. Sediakan 7 siung bawang putih.
  9. Gunakan 1 ruas jempol jahe.
  10. Sediakan 4 butir kemiri.
  11. Siapkan 1 ruas laos di geprek.
  12. Siapkan 2 batang serai di geprek.
  13. Ambil 4 lembar daun jeruk.
  14. Gunakan 2 lembar daun salam.
  15. Sediakan 5 sdm kecap bangau.
  16. Ambil 3 sdm saos saori.
  17. Sediakan 1 sdm ladaku.
  18. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk desaku.
  19. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk desaku.
  20. Gunakan 1 sdt royco sapi.
  21. Sediakan 2 sdt gula pasir.
  22. Siapkan 5 sdm minyak wijen.
  23. Sediakan Penyajian 1 porsi :.
  24. Sediakan 2 sdm kecap asin+2sdm minyak wijen, tambahkan mie dan toppingnya.

Sama seperti pada proses membuat resep mie ayam yang lain, resep mie ayam khas Solo ini dibuat dengan perpaduan bumbu rempah khas solo yang sudah disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. Nah, jika anda ingin mencoba membuat sendiri mie ayam solo yang enak dan lezat dirumah, kali ini kami akan membagikan tips dan panduan cara membuat menu olahan mie ayam khas dari Solo yang bisa anda. Makan mi ayam di sini kamu bakal puas dengan potongan ayamnya yang besar-besar dengan kuah gurih berwarna kecoklatan dan taburan daun bawang sebagai toping. Resep Mie Ayam diberbagai daerah memang berbeda dan mempunyai cita rasa yang berbeda-beda pula.

Langkah-langkah membuat Mie ayam Solo:

  1. Persiapkan bahan terlebih dahulu. Kucuri ayam dg jeruk lalu bilas, Rebus mie dan sayur sawi hijau..
  2. Haluskan bombay, duo bawang,kemiri dan jahe saja, Lalu tumis dg sdkit minyak cemplungkan laos serai daun jeruk daun salam, Tambahkan ketumbar dan kunyit bubuk. Tumis hingga menguning dan kering.lalu tambahkan air secukupnya..
  3. Setelah air mendidih, masukan ayam yg sudah d potong kecil, kecap, saos saori, daun bawang, ladaku,royco,gula,,minyak wijen. Masak hingga ayam melembut dan koreksi rasa seduai slera. jika air kurang bisa tmbhkan lagi hingga surut sesuai slera..
  4. Mie ayam siap d hidangkan. Saya pisah sayap nya karena untuk lauk dan topping tambahan. Hehee.

Tetapi yang paling terkenal adalah Resep Mie Ayam khas Solo. Dibawah ini kami paparkan cara membuat Mie Ayam Solo yang lezat. Mie ayam Solo anda siap disajikan. Demikian resep dan cara membuat mie ayam hijau/ijo ini. Jangan lupa berbagi bersama teman dan keluarga anda mengenai resep mie ayam Solo mudah dan sederhana ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mie ayam Solo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *