Cara Gampang Menyiapkan Cireng yang Sempurna

Cireng. Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Cireng Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Cireng biasa disajikan dengan saus kacang atau saus tomat atau saus sambal. Saus-saus ini akan menambah kenikmatan cireng yang semakin menggugah selera.

Anda sedang mencari inspirasi resep cireng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cireng yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cireng, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cireng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cireng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cireng memakai 6 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cireng:

  1. Sediakan 2-3 siung bawang putih.
  2. Gunakan 120 gr tepung tapioka.
  3. Ambil 100 ml air.
  4. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk.
  5. Sediakan Secukupnya garam.
  6. Gunakan Minyak goreng.

Ada pula yang menyajikan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berbentuk bubuk-bubuk halus. Sama seperti jajanan yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima ini, cireng juga banyak variasinya. Suara.com – Cireng alias aci digoreng merupakan jajanan khas Sunda yang sudah dikenal banyak orang. Dalam penyajiannya, cireng biasanya ditemani dengan bumbu rujak yang manis dan pedas.

Langkah-langkah menyiapkan Cireng:

  1. Siapkan wajan/teflon kemudian campurkan air, bawang putih yg sudah dihaluskan, garam dan kaldu bubuk serta 1 sdm tepung tapioka, aduk sampai tidak ada yg bergerindil.
  2. Lalu nyalakan api kompor, kemudian aduk bahan tadi hingga mengental putih transparan.
  3. Jika sudah tuangkan dalam wadah sisa tepung tapioka lalu aduk dan ulen.
  4. Tidak perlu sampai sampai kalis dan tepung tercampur semua.
  5. Bagi cireng menjadi beberapa bagian.
  6. Kemudian goreng cireng hingga matang.
  7. Selesai.

Ternyata, cara membuat cireng sangatlah mudah. Meski mudah, tak semua orang bisa membuat cireng dengan tekstur krispi sekaligus kenyal saat digigit. Cireng termasuk deretan jajanan khas Sunda yang terkenal se-Indonesia. Awal mulanya, cireng hanya dibuat dari campuran tepung, garam, dan bawang putih. Semakin berkembangnya zaman, cireng pun makin berinovasi.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Cireng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *