Cara Gampang Membuat Cireng Nasi Bumbu Kencur Anti Gagal

Cireng Nasi Bumbu Kencur. Lihat juga resep Nasi Goreng Kuning Kencur enak lainnya. Umumnya nasi cikur menggunakan bumbu kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya. Hal Inilah yang membuat nasi cikur terasa lebih renyah, meskipun tersa sedikit getir dan memiliki aroma yang lebih harum.

Cireng Nasi Bumbu Kencur Warna kuning dari Resep Nasi Goreng Kencur Kunyit ini berasal dari kunyit. Lihat juga resep Cireng nasi enak lainnya. Cireng, camilan khas Jawa Barat ini kenyal gurih rasanya.

Lagi mencari ide resep cireng nasi bumbu kencur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi bumbu kencur yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cireng nasi bumbu kencur, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cireng nasi bumbu kencur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Nasi Goreng Kuning Kencur enak lainnya. Umumnya nasi cikur menggunakan bumbu kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya. Hal Inilah yang membuat nasi cikur terasa lebih renyah, meskipun tersa sedikit getir dan memiliki aroma yang lebih harum.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cireng nasi bumbu kencur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cireng Nasi Bumbu Kencur memakai 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cireng Nasi Bumbu Kencur:

  1. Sediakan 1 piring nasi putih.
  2. Ambil 6 sdm tepung tapioka.
  3. Siapkan 3 siung bawang putih.
  4. Ambil lada + merica.
  5. Ambil kaldu bubuk (me : masako/royco).
  6. Siapkan irisan seledri dan daun bawang.
  7. Siapkan Bahan Bumbu Kencur :.
  8. Gunakan 3 cabe besar.
  9. Gunakan 1 cabe rawit.
  10. Sediakan 2 buah kencur.
  11. Gunakan 3 siung bawang putih.
  12. Ambil 4 siung bawang merah.
  13. Sediakan 1/2 sdm garam.

Sensasi rasanya lebih renyah, makin enak dicocol saus cabe. Cireng termasuk deretan jajanan khas Sunda yang terkenal se-Indonesia. Awal mulanya, cireng hanya dibuat dari campuran tepung, garam, dan bawang putih. Semakin berkembangnya zaman, cireng pun makin berinovasi.

Langkah-langkah menyiapkan Cireng Nasi Bumbu Kencur:

  1. Terlebih dahulu haluskan nasi serta haluskan juga bawang putih, lada dan merica..
  2. Masukkan semua bahannya ke dalam wadah : nasi yg sudah di haluskan, tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan tadi dan irisan seledri + daun bawang. Setelah itu uleni adonanya hingga tercampur merata..
  3. Kemudian tambahkan kaldu bubuk ke dalam adonan tersebut dan setelah merata pipihkan adonannya..
  4. Kemudian bisa langsung di goreng yaa cirengnya..
  5. Langkah membuat bumbunya : haluskan semua bahan bumbu yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, kencur dan garam..
  6. Setelah halus, panaskan wajan kasih sedikit minyak yaa kemudian masukkan bumbu yg sudah di haluskan tersebut dan tumis hingga aromanya berasa..
  7. Setelah semua sudah jadi, sudah dehh langsung sajikan😋.

Ada yang diisi ayam, sosis, telur, atau pun bakso. Setelah itu, dicampur bumbu lezat yang bikin makin nikmat. Campurkan nasi, tepung bumbu dan daun bawang ke dalam satu wadah. Panaskan minyak di atas api sedang, lalu ambil adonan satu sendok. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cireng nasi bumbu kencur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *