Resep Cireng, Sempurna

Cireng. Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Cireng Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Cireng biasa disajikan dengan saus kacang atau saus tomat atau saus sambal. Saus-saus ini akan menambah kenikmatan cireng yang semakin menggugah selera.

Anda sedang mencari inspirasi resep cireng yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Fried Tapioca Flour aka Cireng is snack from Bandung, Indonesia. Have you ever want something warm food that easy, simple, and of course delicious in this cold weather? Let us introduce Indonesian food from tapioca flour.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cireng, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cireng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cireng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cireng memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cireng:

  1. Sediakan 250 gr tepung tapioka.
  2. Sediakan 3 siung bawang putih/2 sdt bawang putih bubuk.
  3. Siapkan 2 sdt kaldu bubuk.
  4. Siapkan 1/2 sdt garam.
  5. Siapkan 200 ml air.
  6. Gunakan Bahan Saos :.
  7. Sediakan 2 sdm kecap manis.
  8. Ambil 1 sdt cabe bubuk.
  9. Siapkan 2 sdm saos sambal.
  10. Ambil 3 sdm air matang.

Ada pula yang menyajikan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berbentuk bubuk-bubuk halus. Sama seperti jajanan yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima ini, cireng juga banyak variasinya. Suara.com – Cireng alias aci digoreng merupakan jajanan khas Sunda yang sudah dikenal banyak orang. Dalam penyajiannya, cireng biasanya ditemani dengan bumbu rujak yang manis dan pedas.

Langkah-langkah menyiapkan Cireng:

  1. Campur air, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, garam, 1 sdm tepung tapioka. Aduk rata lalu masak hingga kental dan mendidih..
  2. Tuang larutan ke dalam wadah berisi tepung. Aduk menggunakan sendok kayu. Asal tercampur saja..
  3. Ambil sedikit adonan, pipihkan menggunakan tangan. Jangan lupa tangan di baluri tepung tapioka biar ga lengket. Lakukan sampai habis..
  4. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang dengan api sedang kecil. Asal sudah terlihat kering, angkat..
  5. Untuk saos, campur semua bahan jadi satu. Aduk rata. Sajikan cireng bersama saosnya..

Ternyata, cara membuat cireng sangatlah mudah. Meski mudah, tak semua orang bisa membuat cireng dengan tekstur krispi sekaligus kenyal saat digigit. Cireng merupakan jajanan khas Bandung yang banyak digemari orang seantero Nusantara. Cireng dibuat dari bahan dasar tepung kanji dan tepung tapioka. Kemudian dikaliskan dan dibentuk pipih lalu digoreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cireng yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *