Resep Kue ku ketan/ kue angku yang Bisa Manjain Lidah

Kue ku ketan/ kue angku. Kue Ku Ketan Hitam isi Kacang Hijau Kue Ku secara tradisional adalah kue kecil merah yang berbentuk penyu, yang mereprensentasikan umur panjang. Kue ku adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang hijau. Memiliki tekstur kenyal dan legit, berwarna merah, serta berbentuk gundukan kecil yang menyerupai tempurung kura-kura.

Kue ku ketan/ kue angku Kue ku ketan ini disajikan dengan bahan isi tepung ketan dan juga kacang hijau yang sudah jelas kaya akan kandungan nutrisi. Pertama buat terlebih dahulu kulit kue nya dengan cara mencampurkan tepung ketan, santan encer, gula pasir dan garam dapur. Kue Ku Ketan yang sering di sebut dengan Ang Kue Kueh, Kue Tok atau Kue Kura-kura ini merupakan kue basah tradisional yang populer di daerah jawa.

Sedang mencari ide resep kue ku ketan/ kue angku yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue ku ketan/ kue angku yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kue Ku Ketan Hitam isi Kacang Hijau Kue Ku secara tradisional adalah kue kecil merah yang berbentuk penyu, yang mereprensentasikan umur panjang. Kue ku adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang hijau. Memiliki tekstur kenyal dan legit, berwarna merah, serta berbentuk gundukan kecil yang menyerupai tempurung kura-kura.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue ku ketan/ kue angku, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue ku ketan/ kue angku enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue ku ketan/ kue angku yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kue ku ketan/ kue angku memakai 14 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kue ku ketan/ kue angku:

  1. Gunakan 200 gr tepung ketan.
  2. Sediakan 50 gr kentang (kukus & haluskan).
  3. Sediakan 50 gr gula halus (bisa juga pk gula pasir).
  4. Gunakan 110-120 ml santan hangat (sampai adonan bisa d bentuk).
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Sediakan Secukupnya pewarna mknan (sy : merah cabe).
  7. Ambil Bahan Isian :.
  8. Ambil 150 gr kacang hijau kupas (rendal kurang lebih 2jam).
  9. Ambil 6 sdm gula pasir.
  10. Ambil 1/4 sdt garam halus.
  11. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  12. Siapkan Bahan Tambahan :.
  13. Ambil Secukupnya daun pisang bentuk kotak2.
  14. Siapkan Secukupnya minyak goreng.

Namun jika kita telurusi ternyata kue ku ketan ini berasal dari negeri tiongkok loh. Bagi masyarakat Cina, kue ku adalah kue yang secara tradisional dibuat untuk kelahiran anak dan ulang tahun. Lihat juga resep Kue Ku, Angkuh Kue, Kue Tok enak lainnya. Kue khas perayaan Imlek berwarna merah menyala dengan isi kacang hijau.

Langkah-langkah membuat Kue ku ketan/ kue angku:

  1. Membuat isian : setelah kc ijo d rendam, cuci sampai bersih..kemudian rebus hingga empuk. Tiriskan kemudian haluskan. Pindahkan kedlm wajan, tambahkan gula garam dan daun pandan masak dengan api kecil sampai kesat dan kadar air habis. Matikan.
  2. Membuat kulit : campur kentang, tepung ketan, gula dan garam tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit sampai adonan bisa d bentuk.
  3. Beri pewarna sesuai selera.
  4. Siapkan cetakan kue olesi dgn minyak goreng ambil adonan kulit secukupnya, bulatkan dan pipihkan kemudian beri isian bulatkan lg dan rapatkan lalu masukkan ke dlm cetakan, keluarkan pelan2 taruh diatas daun pisang. Lakukan sampai semua adonan habis.
  5. Panaskan kukusan hingga beruap bnyk, bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih. Masukkan adonan kue ke dlm kukusan dan kukus selama 15menit dengan api sedang.
  6. Note : buka tutup kukusan tiap 2-3menit agar hasil kue tidak melebar.
  7. Setelah matang angkat.
  8. Selagi masih panas olesi dengan minyak goreng bagian atasnya supaya hasil akhirnya bisa kinclong 🤗.

Kulit: Campur tepung ketan, santan dan gula pasir halus dalam wadah. Aduk dan uleni hingga adonan lentur dan lemas. Kue ku pake kentang dan ubi ungu angku kuih with mung bean filling. Cara membuatnya; campurkan tepung ketan, gula pasir, ubi jalar, pewarna makanan orangye, santan secara bertahap, aduk sampai tercampur semua. Taburkan sedikit tepung pada cetakan kue angku, masukkan adonan ke dalam cetakan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue ku ketan/ kue angku yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *