Resep Kue Ku Kukus/Kue Tok, Enak

Kue Ku Kukus/Kue Tok. Resep kue ku tanpa blender !!! Lihat juga resep Kue Ku, Angkuh Kue, Kue Tok enak lainnya. Page ini berisikan tentang serba serbi kue kukus plus tiramisu, yang halal dan lezat.

Kue Ku Kukus/Kue Tok Sudah lama saya ingin membuat tapi tak punya cetakan dan tak mungkin untuk membeli dari tempat tinggal saya sekarang. Kue cucur (Indonesian) or kuih cucur (Malay), known in Thai as khanom fak bua (ขนมฝักบัว, pronounced [kʰā.nǒm fàk būa̯]) or khanom chuchun (ขนมจู้จุน or จูจุ่น), is a traditional snack from Indonesia, and popular in parts of Southeast Asia. Kue ku atau kue tok atau kue kura-kura merah (Hanzi: 紅龜粿; Pe̍h-ōe-jī: Âng-ku-kóe) adalah kue tradisional berbentuk bulat atau oval kecil yang dibungkus dengan kulit ketan yang lengket dan lembut dengan isian manis di tengahnya.

Lagi mencari inspirasi resep kue ku kukus/kue tok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue ku kukus/kue tok yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue ku kukus/kue tok, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue ku kukus/kue tok yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Resep kue ku tanpa blender !!! Lihat juga resep Kue Ku, Angkuh Kue, Kue Tok enak lainnya. Page ini berisikan tentang serba serbi kue kukus plus tiramisu, yang halal dan lezat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kue ku kukus/kue tok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Kue Ku Kukus/Kue Tok memakai 17 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Ku Kukus/Kue Tok:

  1. Ambil Bahan adonan kulit:.
  2. Gunakan 300 gram tepung ketan.
  3. Gunakan 50 gram tepung terigu.
  4. Sediakan 50 gram tepung tapioka.
  5. Ambil 1/2 sdt garam.
  6. Sediakan Secukupnya air.
  7. Gunakan Pewarna makanan (merah, hijau, kuning, oren dan ungu).
  8. Siapkan Bahan isian kacang ijo:.
  9. Gunakan 150 gram kacang ijo kupas (rendam semalaman).
  10. Gunakan 1 bungkus santan kara (65 ml).
  11. Siapkan 100 gram gula pasir.
  12. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  13. Gunakan 1/2 sdt garam.
  14. Ambil Bahan pelengkap:.
  15. Siapkan Secukupnya daun pisang (alas kue).
  16. Gunakan Secukupnya minyak goreng (olesan).
  17. Sediakan 2 tangkai daun singkong (potong 2 cm).

Resep Kue Kukus-Seperti yang sudah kita ketahui bersama kue kukus memang banyak dijajakan dipasaran dengan berbagai jenis dan rasa. Untuk itu tidak ada salahnya bila kita membuatnya sendiri dirumah, karena dengan membuatnya sendiri dirumah kita bisa. Kue Tok QQ atau di kenal dengan nama cinanya Ang Ku Kue ini terbuat dari tepung ketan pilihan dan kacang hijau yang diolah secara khusus, kemudian di kukus dalam cetakan kue tok. Setelah di cetak kue ini di masak dengan temperatur suhu yang sesuai agar matang dan bagus kulitnya.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Ku Kukus/Kue Tok:

  1. Bahan isian kacang ijo: cuci bersih kacang ijo kupas yang sudah direndam semalaman. Rebus hingga empuk dan tiriskan. Blender dengan santan hingga halus. Masukkan dalam panci campur gula pasir, garam dan daun pandan. Masak hingga set jika sudah dingin bentuk bundar seukuran kelengkeng 😁.
  2. Bahan kulit: campur tepung ketan, tepung beras, tepung tapioka dan garam. Masukkan air sedikit demi sedikit hingga bisa dipulung (jangan terlalu lembek ya nanti susah dibentuk) bagi menjadi 5 bagian sama rata. Beri masing-masing warna merah, hijau, kuning, oren dan ungu.
  3. Waktunya berkreasi 😍 siapkan semua bahan dan waktu luang tentunya. Panaskan kukusan jangan lupa tutup kukusan dibungkus serbet agar air tidak menetes keatas kue, potong daun pisang ukuran 5 cm x 5 cm, siapkan minyak goreng juga buat olesan ketika baru keluar dari kukusan.
  4. Bentuk buah manggis : ambil adonan warna ungu, bentuk bulat seukuran bola pingpong. Ambil adonan warna hijau, bentuk bulatan kecil masing-masing 3 buah dan rekatkan. Ambil adonan ungu, pipihkan beri isian kacang ijo dan bulatkan kembali. Beri atasnya dengan adonan hijau lalu tekan sampai menempel. Letakkan diatas daun pisang tanpa dioles minyak goreng ya.
  5. Bentuk buah jeruk: ambil adonan warna oren, bentuk bulat seukuran bola pingpong. Ambil adonan warna hijau, bentuk bulat kecil. Pipihkan adonan oren beri isian kacang ijo dan bulatkan. Tekan atasnya dengan jari telunjuk hingga cekung dan tempelkan adonan hijau yang dibentuk panjang pipih beri guratan buat daunnya. Letakkan diatas daun pisang.
  6. Bentuk jagung: ambil adonan warna kuning pipihkan beri isian kacang ijo dan bentuk bulat agak lonjong, gurat kotak-kotak dengan ujung spatula/bagian atas pisau yang tidak tajam sehingga berbentuk seperti biji jagung 😁 beri adonan hijau yang dibentuk seperti daun jeruk tadi tapi lebih panjang dan tekan agar menempel. Letakkan diatas daun pisang.
  7. Bentuk jambu air: ambil adonan warna merah atau hijau, pipihkan dan beri isian kacang ijo. Bentuk lonjong dan tekan memutar diantara ibu jari dan jari telunjuk hingga berbentuk seperti jambu air. Tekan bagian atasnya dengan jari telunjuk hingga cekung. Letakkan diatas daun pisang.
  8. Letakkan diatas loyang dan kukus sampai matang. Kenapa harus diletakkan diatas loyang ndak langsung diatas kukusan?.
  9. Jawabannya agar memudahkan ketika memasukkan dan mengangkat kue ku nanti. Jadi tidak perlu ambil satu-satu ya 😁.
  10. Kukus selama 20 menit, tiap 5 menit sekali buka tutup kukusan agar hasil kue ku cantik tidak terlalu mengembang dan kopong pas udah dingin 😁 ketika kue ku matang langsung angkat dan oles tipis dengan minyak goreng agar permukaan kue mengkilap tidak kering 😉.
  11. Taraaa…kue ku/kue tok bentuk buah siap dinikmati 😀 bentuknya lucu ya. Buat buah jambu air dan jeruk beri tangkai pakai batang daun singkong ya 😄.
  12. Cantik, mengkilap mirip buah mainan ya 😀.
  13. Ayo buah nya dipilih mau buah apa? Kalo mau dijual bisa dibungkus dalam mika bening yah. 😁😁😁 selamat mencoba.

Cara Membuat Kue Kukus Gula Jawa. Kue Ku Ketan yang sering di sebut dengan Ang Kue Kueh, Kue Tok atau Kue Kura-kura ini merupakan kue basah tradisional yang populer di daerah jawa. Namun jika kita telurusi ternyata kue ku ketan ini berasal dari negeri tiongkok loh. Memiliki rasa yang enak, kenyal dengan isian kacang hijau. Mulai dari kue kukus mekar, kue kukus brownies, kue kukus tepung beras, dan sebagainya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue ku kukus/kue tok yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *