Cara Gampang Menyiapkan Bubur Ayam Kuah Kuning Anti Gagal

Bubur Ayam Kuah Kuning. Tak hanya pagi hari, bubur ayam sekarang juga mudah ditemui sore hingga malam hari. Selain suwiran ayam, bubur ayam juga sering disajikan dengan kacang kedelai, irisan cakue, tongcai, irisan daun bawang, bawang goreng, dan tak ketinggalan kerupuk atau emping. Haiii hari ini aku masak bubur ayam kuah kuning.

Bubur Ayam Kuah Kuning Kemudian untuk bubur ayam Tegal, memiliki ciri penyajian bubur dengan kuah bumbu kuning yang khas. Salah satunya bubur ayam kuah kuning. Karena varian bubur ini biasanya sangat enak dinikmati dengan tambahan sedikit kuahnya yang berwarna kuning.

Anda sedang mencari ide resep bubur ayam kuah kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bubur ayam kuah kuning yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Tak hanya pagi hari, bubur ayam sekarang juga mudah ditemui sore hingga malam hari. Selain suwiran ayam, bubur ayam juga sering disajikan dengan kacang kedelai, irisan cakue, tongcai, irisan daun bawang, bawang goreng, dan tak ketinggalan kerupuk atau emping. Haiii hari ini aku masak bubur ayam kuah kuning.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur ayam kuah kuning, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bubur ayam kuah kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bubur ayam kuah kuning yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bubur Ayam Kuah Kuning menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bubur Ayam Kuah Kuning:

  1. Siapkan 6 cup beras.
  2. Ambil 1 ekor ayam kampung.
  3. Sediakan Kuah kuning.
  4. Sediakan 8 bawang merah.
  5. Gunakan 6 bawang putih.
  6. Siapkan 5 butir kemiri.
  7. Siapkan 1 sdt ketumbar sangrai.
  8. Sediakan Kunyit seruas jari.
  9. Sediakan 4 lembar daun jeruk.
  10. Sediakan 4 lembar daun salam.
  11. Ambil 2 ruas serai digeprek.
  12. Siapkan Lengkuas seruas jari.
  13. Ambil Toping:.
  14. Gunakan Bawang goreng.
  15. Ambil Kedelai goreng.
  16. Siapkan Seledri.
  17. Gunakan Kerupuk.
  18. Gunakan Sambal kacang:.
  19. Ambil segenggam Kacang tanah.
  20. Sediakan 5 cabe rawit merah.
  21. Ambil 3 cabe merah keriting.

Tambahkan juga kecap dan sambal sesuai selera. Bubur ayam Cianjur menggunakan kuah pais, yakni bahan dan bumbu yang sering digunakan untuk membuat pepes. Bubur yang satu ini tidak berkuah alias tanpa kuah. Yang lebih khas lagi, bubur ayam ini diberi kuning telur mentah dan topingnya memakai cheese stick.

Langkah-langkah menyiapkan Bubur Ayam Kuah Kuning:

  1. Rebus 1 ekor ayam & tulang ayam dengan air yang cukup banyak sampai kaldu keluar. Angkat ayam & tulang. Kuah kaldu di gunakan untuk membuat bubur, ayam disuir2 dagingnya. Untuk olahan ini, krn saya masih mempunyai sisa ayam goreng dari olahan sebelumnya, saya hanya membuat kuah kaldu dari tulang ayam..
  2. Cuci bersih beras. Masak beras dengan kuah kaldu dari proses no. 1 menggunakan api kecil sambil sesekali di aduk & di tambahkan kuah kaldu jika kurang..
  3. Membuat kuah kuning: haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, & kunyit. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Masukkan daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk. Tambahkan air secukupnya. Bumbui dengan gula, garam, & lada. Masak hingga mendidih. Angkat, kemudian saring.
  4. Membuat sambal: sangrai segenggam kacang tanah dengan sedikit minyak. Pisahkan kacang dari kulitnya. Blender halus kacang, cabe merah keriting, & cabe rawit dengan sedikit air. Bumbui dengan sedikit cuka, garam, & gula sesuai selera.
  5. Tata bubur di atas mangkok. Tambahkan kuah kuning, toping, & sambal. Siap disajikan.

Bubur Ayam Kuning merupakan menu khas untuk makan pagi orang Indonesia yang sangat legendaris. Meskipun banyak versi, tapi yang satu ini dipastikan Misalnya saja bubur ayam Cirebon. Tentunya ini berbeda dengan versi Bandung yang tidak menggunakan kuah kuning sama sekali. Selamat pagi teman-teman, Beberapa hari ini udara pagi hari dingin banget ya? Jadi ingin sarapan bubur ayam nich, tapi mau jajan masih takut jadi baiknya mari kita buat sendiri aja bubur ayamnya ya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bubur ayam kuah kuning yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *