Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu yang Lezat Sekali

Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu. Ratakan sampai semua permukaan ayam tertutup. Tumis cabai dan bawang hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, daun kemangi, daun bawang, jahe, tomat, daun kunyit, dan daun pandan.

Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu Selain itu, ayam juga bisa diolah dengan bumbu bacem yang bercita rasa manis, lalu digoreng dan disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas. "Menu Nusantara khas dari Manado ini merupakan ikan gurame goreng yang dilengkapi dengan sambal dabu-dabu. Potongan bumbu seperti bawang merah, tomat, dan cabai yang meresap membuat daging ikan gurame menjadi gurih, pedas dan asem, sangat menggugah selera," tulis Instagram @vhe.veronicaa. Segar Ikan Tude Dabu-dabu dan Ayam Tuturuga Pedasnya Cumi Sambel Sereh sampai Paru Sambel Ceriwit Jontor Foto: Bikin Laper Trans TV Cakalang disajikan mirip seperti abon yang sudah diasap,.

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng pandan dan sambal dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng pandan dan sambal dabu-dabu yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ratakan sampai semua permukaan ayam tertutup. Tumis cabai dan bawang hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, daun kemangi, daun bawang, jahe, tomat, daun kunyit, dan daun pandan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng pandan dan sambal dabu-dabu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam goreng pandan dan sambal dabu-dabu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam goreng pandan dan sambal dabu-dabu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu menggunakan 22 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu:

  1. Ambil 6 potong paha ayam.
  2. Gunakan 6 lembar daun pandan ukuran besar.
  3. Sediakan Secukupnya minyak goreng.
  4. Siapkan Bumbu halus untuk Ayam.
  5. Ambil 6 siung bawang putih.
  6. Sediakan 8 siung bawang merah.
  7. Siapkan 1 ruas jari jahe.
  8. Ambil 1 ruas jari kunyit.
  9. Siapkan 2 ruas jari lengkuas.
  10. Gunakan 1 batang serai.
  11. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  12. Ambil 1 bungkus masako ayam.
  13. Sediakan Secukupnya garam.
  14. Ambil Sambal Dabu-Dabu.
  15. Sediakan 20 buah cabai rawit merah (diiris).
  16. Sediakan 2 buah tomat ukuran besar (potong kotak-kotak & buang bagian tengahnya).
  17. Gunakan 6 siung bawang merah (diiris).
  18. Sediakan 4 buah jeruk limau (diperas airnya).
  19. Ambil 3 lembar daun jeruk (diiris tipis, buang bagian tengahnya).
  20. Sediakan Secukupnya garam.
  21. Sediakan Secukupnya gula.
  22. Sediakan 1 sendok sayur minyak panas sisa menggoreng ayam.

Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya. Sambal matah biasanya disajikan sebagai pelengkap makan. Sambal matah paling cocok dinikmati dengan gorengan, ikan goreng, ayam goreng, dan seafood.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu:

  1. Tusuk-tusuk permukaan ayam menggunakan tusuk gigi agar bumbu menyerap sampai ke dalam, lalu Campurkan ayam dengan bumbu halus yang sudah disesuaikan rasanya, jika sudah lilit lalu simpul menggunakan daun pandan lalu marinasi dalam kulkas minimal 30 menit (saya 2 jam).
  2. Panaskan minyak menggunakan api sedang di atas teflon yang cekung /bisa menggunakan panci kecil agar hemat minyak karena digoreng dengan teknik deep frying, goreng ayam sampai warna golden brown sekitar 10-12 menit, menggorengnya jangan ramai-ramai ya bun, cukup 2/3 potong ayam sekali goreng agar suhu tidak turun..
  3. Sambil menunggu ayam kita membuat sambal dabu-dabunya; campurkan semua bahan lalu bumbui sampai taste nya terasa gurih dan asamnya harus terasa ya, agar lebih segar jika sudah dicampurkan aduk-aduk dan diberi sedikit tekanan pada saat mengaduk, terakhir tambahkan minyak panas lalu aduk kembali hingga merata..
  4. Ayam goreng pandan sambal dabu-dabu siap disajikan, lebih nikmat disajikan dengan nasi hangat 🤗.

Masak dengan api kecil. – Masak sampai bumbu kental dan meresap semua ke ayam juga airnya menyusut. Ayam goreng bumbu kuning. foto: Instagram/@febriyanti_fauziah. Jakarta – Ayam geprek dengan sambal pedas memang bikin kangen. Gerai yang satu ini sajikan ayam geprek tanpa tulang, dengan aneka sambal dan terong goreng. ResepMedia.com – Resep sambal dabu-dabu yang pedas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Pandan dan Sambal Dabu-Dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *