Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Hitam, Bagaimana Sih?

ads

Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Hitam – Pernah mengalamketika berkendara motor mengeluarkan asap hitam? Masalah yang satu ini pasti akan terjadi jika motor Anda tidak pernah dirawat atau membawanya ke tempat servis. Karena bagaimanapun jika Anda tidak melakukan hal tersebut bisa saja motor kesayangan tidak akan tahan lama, lho.

Jika Anda masih terus hanya mendiamkan motor di garasi dan hanya digunakan saja tidak melakukan perawatan maka akan banyak kerusakan terjadi pada motor Anda. misalnya saja dapat keluar asap hitam. Yang satu ini pasti memiliki penyebabnya, seperti busi yang rusak, filter udara yang tersumbat kotoran, tidak pernah memeriksa secara rutin dan sebagainya.

Akan sangat disayangkan sekali jika itu semua harus terjadi, karena Anda membeli motor dengan uang kan? jadi tak ada salahnya untuk merawat dan mengatasi masalah yang terjadi pada motor tersebut.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi motor keluar asap hitam yang bisa Anda coba? Anda jangan khawatir karena kami akan membahayakan untuk Anda semua, maka dari itu yuk simak artikel berikut ini hingga akhir.

Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Hitam, Apa Saja?

Cara Mengatasi Motor Keluar Asap Hitam

Dibawah ini Cara Praktis akan memberikan beberapa cara mengatasi motor keluar asap hitam yang bisa Anda ketahui.adapun beberapa cara mengatasinya sebagai berikut ini:

Mengganti Busi Penyebab Kerusakan

Nah, cara mengatasi motor keluar asap hitam yang pertama adalah dengan mengganti busi penyebab kerusakan. Memang biasanya yang membuat motor mengeluarkan asap berwarna hitam karena busi yang rusak dan tidak dapat berfungsi secara optimal. Jadi untuk mengatasinya Anda harus segera melakukan pergantian busi agar kerusakan tidak semakin menyebar pada mesin lainnya atau komponen.

Lakukan Pengisian Dengan Bahan Bakar Secukupnya

Penyebab motor mengeluarkan asap biasanya karena penggunaan bahan bakarnya berlebihan. Nah, terkadang Anda mungkin sering mengisi bahan bakar hingga full. Padahal hal ini bisa menimbulkan keluarnya asap hitam karena pembakaran terjadi secara berlebihan.

Jadi untuk mengatasinya Anda harus segera membawanya ke bengkel resmi agar dapat dilakukan penanganan mengenai kerusakan yang terjadi pada mesin motor Anda.

Membersihkan Knalpot Yang Kotor

Membersihkan knalpot yang kotor merupakan salah satu cara mengatasi motor yang mengeluarkan asap hitam. Ini biasanya disebabkan Anda mengendarai motor terlalu pelan sehingga banyak karbon yang mengumpul dan menjadi kotoran. Apalagi jika Anda menggunakan motor matic yang menggunakan filter produksi terdahulu itu sangat mudah dimasuki kotoran.

sponsor

Untuk mengatasi hal yang satu ini Anda bisa saja membersihkan kotoran knalpot namun hanya pada bagian luar saja, seperti menghilangkan kerak dan sebagainya. Dan tak hanya itu untuk mengatasi knaplot bagian dalam Anda bisa berkendara dengan kencang agar motor tidak mengeluarkan asap berwarna hitam. Jadi bisa mengendarai dengan kecepatan 40 – 60 KM saja.

Membersihkan Filter Udara Yang Tersumbat

Seperti yang telah dijelaskan sebelum,nya, jika penyebab utama motor mengeluarkan asap adalah filter udara yang tersumbat kotoran. Jadi ada baiknya sebelum kotoran semakin menebal dan filter udara menjadi rusak, Anda dapat membersihkan filter tersebut atau agar tidak ribet bisa langsung menggantinya dengan filter yang lebih baru di bengkel resminya.

Itulah beberapa cara mengatasi motor keluar asap hitam yang bisa Anda ketahui. Memang untuk asap berwarna hitam terlihat seperti biasa. Namun Ada jangan menyepelehkannya, karena tanda motor mengeluarkan asap berwarna motor berarti adanya kerusakan pada  komponen-komponen yang ada. Jadi ada baiknya untuk Anda selalu memeriksa motor tersebut agar lebih prima dan tahan lama. Semoga dengan adanya artikel berikut dapat berguna untuk pengendara motor!!  🙂

 

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.