Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Yang Berdecit

ads

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Yang Berdecit – Terkadang terjadi masalah pada rem cakram, seperti rem yang tidak mempan ataukah mala rem cakram berdecit. Ini sangatlah mengganggu bukan? Apalagi saat berkendara di jalan yang ramai, dan tiba-tiba Anda mengerem decitan rem terdengar oleh pengendara lain? anda akan menjadi pusat perhatian mereka bukan? Jika tidak inginkan seperti ini terjadi Anda bisa segera memperbaiki rem cakram belakang.

Lalu, bagaimana sih cara memperbaiki rem cakram belakang yang berdecit? Jika Anda penasaran bisa menyimak artikel ini hingga akhir. Dikarenakan kami akan membahas solusi da cara agar rem cakram Anda tidak berdecit lagi. Yuk, simak yah!!

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Yang Berdecit, Apa Saja?

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Yang Berdecit

Dibawah ini merupakan beberapa acar memperbaiki rem cakram belakang yang berdecit yang bisa Anda terapkan dan ketahui. Adapun beberapa solusi dan cara memperbaiki rem cakram sebagai berikut ini:

Mengusahakan Untuk Meratakan Brake Pad

Nah yang menjadi hal pertama cara memperbaiki rem cakram belakang yang berdecit adalah mengusahakan untuk meratakan brake pada. Untuk meratakan brake pad, Anda bisa menggunakan ampelas agar bisa halus. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh para pemilik motor yang dapat membongkar sendiri remnya.
Jika Anda belum pengalaman mending langsung saja pergi ke bengkel dan menyerahkan pada petugas setempat untuk memperbaiki rem cakram belakang agar tidak berdecit lagi. Tips ini memang butuh dana, namun Anda bisa merasakannya langsung saat selesai melakukan perbaikan. Rem cakram bagian belakang akan tidak berdecit dan semakin mantap lagi dalam pengereman.

Membersihkan Rem Cakram Secara Rutin

Salah satu cara memperbaiki rem cakram belakang yang berdecit lainnya adalah dengan membersihkan rem cakram secara rutin. Ini karena saat berkendara bisa saja terdapat banyak debu maupun kotoran lainnya yang menempel pada rem. Jadi karena banyak kotoran tadi, supaya tidak makin menumpuk Anda bisa membersihkannya secara rutin.

Untuk cara pembersihan rem cakramnya Anda bisa membongkar terlebih dahulu remnya lalu membersihkan degan air bersih. Tidak disarankan untuk menggunakan cleaner yang disemprot, karena kan membuat rem nantinya licin. Hal ini pun biasanya tidak direkomendasikan oleh pihak perusahaan motor, jadi Anda jangan mencobanya yah.

Melumuri Kampas Dengan Oli Mesin

Cara memperbaiki rem cakram belakang yang selanjutnya adalah dengan melumuri kampas dengan oli mesin. Dengan cara membongkar rem lalu membersihkannya dengan kompresor kalau ada, jika tidak Anda bisa menggunakan lap yang telah dibasahi sebelumnya.

Setelah itu Anda bisa melumir rem tersebut dengan oli mesin hingga merata. Jika sudah merata diamkanlah selama 1 – 2 menit. Jika sudah Anda bisa menempelkan sisi kampas rem dengan dengan arah yang sama (berhadapan). Lalu Anda bisa menggesek-gesekkan satu sama lain sebentar saja. Jika warna oli berubah menjadi lebih hitam, berarti kotoran pada rem bisa terangkat. Setelah selesai Anda dapat membersihkan rem tersebut dengan kain lalu mengeringkannya.

sponsor

Anda jangan memasangnya dahulu, karena da baiknya juga piringan pada cakram rem juga dibersihkan menggunakan air sabun maupun lap yang telah dibasahkan. Setelah cukup bersih Anda bisa melumuri oli yang baru lagi.

Nah, Itulah beberapa cara memperbaiki rem cakra belakang ayang berdecit yang bisa Anda coba dan terapkan. Mungkin ketika Anda rasa cara praktis diatas sangat sulit untuk dilakukan atau Anda tidak bisa membongkar rem lalu memasangnya kembali, Anda bisa membawa motor tersebut ke bengkel yang benar-benar mengerti. Sehingga nantinya rem cakram belakang Anda tidak akan berdecit lagi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua sekian dan terima kasih

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.