Cara Menjaga Kondisi Sistem Pengapian Saat Musim Hujan

ads

Cara Menjaga Kondisi Sistem Pengapian Saat Musim Hujan – Saat musim hujan pastilah sangat merugikan pengendara, apalagi saat musim hujan deras dan kondisi jalan berlubang akhirnya banyak genangan air bahkan bisa banjir. Anda sebagai pengendara motor harus tidak mau melewati genangan air tersebut bukan? Nah, ketika melewati genangan terkadang ada saja masalah yang terjadi pada pengapian. Ini akan menyebabkan motor Anda biasanya mogok mendadak ditengah jalan atau pun pinggiran jalan.

Hal ini biasanya dirasakan oleh pegendara motor matic, mereka terkadang berada di pinggir jalan untuk menangani motornya yang mogok karena adanya percikan air yang mungkin mengganggu kabel maupun mesin. Jika Anda pernah mengalami ha seperti ini pastilah sangat menyebalkan bukan? Tapi Anda jangan khawatir karena da solusinya untuk mengatasi sistem pengapian tersebut saat musim hujan yang pastinya akan ampuh dan tahan lama.

Bagaimana Anda ingin mengetahui cara menjaga kondisi sistem pengapian saat musim hujan? kami akan membahas tips dan solusinya untuk Anda, agar motor tidak kembali mogok saat berkendara melintasi genangan air. Oleh karena itu yuk langsung saja menyimak artikel berikut ini.

Cara Menjaga Kondisi Sistem Pengapian Saat Musim Hujan, Bagaimana?

Cara Menjaga Kondisi Sistem Pengapian Saat Musim Hujan

Dibawah ini merupakan beberapa cara menjaga kondisi sistem pengapian saat musim hujan yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara menjaga motor Anda saat musim hujan sebagai berikut ini:

Sambungan Dari Kabel Ditutup Lakban

Cara menjaga kondisi sistem pengapian saat musim hujan yang pertama adalah sambungan dari kabel haruslah ditutup kabel. Ini dikarenakan biasanya air mudah sekali masuk ke selalu-sela sambungan kabel dan mengakibatkan terkadang mesin mati mendadak saat berada digenangan air. Jika Anda tidak mau hal ini terjadi lagi bisa menutup sambungan kabel dari koilnya ke cangklong dengan mengunakan lakban. Usahakan untuk menggunakan lakban yang hitam karena akan tahan lama jika harus terkena air.

Usahakan Kondisi Cangklong atau Tutup Busi Tidak Usang

Selain menutup sambungan kabel dengan lakban. Untuk cara menjaga kondisi sistem pengapian saat musim hujan yang lainnya adalah dengan mengusahakan kondisi cangklong tidak usang.. nah, jika Anda tidak ingin perapian kemasukan air, Anda harus merawat cangklong agar tidak mudah rusak dan masih bagus. Karena saat cangklong masih bagus, sambungan kabel tidak akan mudah kemasukan air.

Jika memang sudah terlanjur terkena air, Anda bisa membuka kabel. Kemudian bersihkan sisa-sisa air yang mengganggu hingga kering. Untuk bagian elektrodanya jangan lupa untuk dibersihkan juga dari air. Satu-satunya cara membersihkannya dengan meniup ,atau pun dikibas agar airnya dapat keluar, lalu setelah selesai Anda bisa memasang kabelnya kembali.

sponsor

Sering melakukan Pergantian Cangklong atau Tutup Busi

Apakah Anda tahu jika penyebab utama motor mogok saat berada digenangan air ada;ah tutup busi yang rusak atau sudah keras. Ada baiknya Anda harus mengganti secara rutin tutup busi ini agar motor tidak mudah mogok saat melewati genangan air. Untuk melakukan pergantian busi bisa dibengkel resmi motor Anda atau bengkel yang benar-benar mengerti. Ketika Anda sudah mengganti tutup busi tersebut, tidak ada peristiwa lagi motor mogok saat berada pada kondisi hujan.

Nah, itulah beberapa cara praktis menjaga kondisi sistem pengapian saat musim hujan yang dapat Anda ketahui. Memang sangat mudah, namun Anda juga perlu memeriksakan mesin perapian pada dibengkel jika memang kurang yakin terhadap cara mudah tersebut. Dan sangat disarankan juga untuk rutin memeriksa tutup busi maupun menggantinya,, agar tidak kemasukan air yang mengakibatkan motor Anda mogok nantinya. Semoga artikel berikut ini dapat berguna untuk Anda semua. J

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.