Resep Membuat Udang Masak Saus Padang, Pedasnya Menggugah Selera

ads

Resep Membuat Udang Masak Saus Padang – Salah satu menu sajian berbahan udang yang dapat menjadi favorit keluarga adalah menu udang saus padang. Jenis masakan ini memiliki rasa gurih dan pedas memang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia terutama yang menyukai makanan pedas.

Menyajikan masakan favorit untuk keluarga tercinta memang memiliki keuntungan sendiri, salah satunya dengan membuat udang masak saus padang. Selain proses pembuatan mudah dan tak membutuhkan waktu lama, bahan maupun bumbu  juga bisa ditemukan di pasar tradisioal. Ada baiknya memang memilih mengolah masakan sendiri daripada harus membeli di restaurant. Pasalnya kepastian kebersihan dan kesehatan tetap terjamin untuk keluarga.

Coba juga: Resep Ikan Bakar Gurame Manis Gurih dan Cara Membuatnya

Sementara itu, untuk membuat udang masak saus padang anda tidak perlu mengupas ataupun membuang kulit udang. Namun cukup mencuci bersih udang dan buang kotoran di kepala dan punggungnya, kemudian langsung diolah. Sebaiknya pilih udang yang masih segar agar rasanya manis alami saat dimasak nanti. Berikut ini resep memasak udang saus padang yang enak dan lezat.

resep membuat udang masak saus padang

Ilustrasi resep membuat udang masak saus padang

Coba juga: Resep Masakan Cumi Goreng Tepung Khas Manado, Gurih dan Lezat

Cara Membuat Udang Masak Saus Padang

Daripada membeli udang saus padang di restoran ataupun tenda kaki lima yang belum tentu kebersihannya, lebih baik Anda mencoba memasaknya sendiri di rumah. Rasa pedasnya pun dapat Anda sesuaikan sendiri sesuai selera Anda dan keluarga.

Berikut ini resep udang saus padang lengkap dengan cara memasaknya …

Bahan-Bahan Resep Udang Saus Padang :

sponsor
  • 750 gram udang segar bersih
  • 150 ml air yang bersih dan matang
  • 5 siung bawang merah, diiris
  • 1 pcs tomat merah, iris tipis
  • 1 sdt merica bubuk
  • ½ pcs bawang bombay
  • 3 pcs cabe rawit
  • 5 pcs cabe merah
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 cm jahe
  • 1 btg bawang daun
  • 3 sdm tepung maizena
  • Margarine
  • Gula pasir dan garam beryodium

Cara Memasak Udang Saus Padang :

  1. Bersihkan udang dengan air, kemudian masak air dalam panci dan masukkan udang ke dalamnya, dan rebus udang hingga matang atau berubah warna.
  2. Sediakan wajan penggorengan, masukkan margarine dan panaskan. Tambahkan bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih, lalu tumis sampai matang dan harum baunya.
  3. Berikan tomat, jahe, cabe merah besar, dan cabe rawit aduk semuanya hingga tercampur merata. Masukkan saus sambal atau bisa juga dengan saus tomat, saus tiram dan aduklah dengan bahan lainnya agar tercampur.
  4. Tambahkan gula pasir, merica, dan garam aduk kembali hingga rata. Supaya hasilnya maksimal, anda boleh mencicipinya agar tahu bumbu yang kurang dengan menambahkannya. Tuangkan air dan sedikit tepung maizena aduk hingga rata dan mengental.
  5. Masukkan udang dan aduk semua bahan dan saus hingga tercampur dan meresap bumbunya ke dalam udang serta terasa rasa saus padangnya.
  6. Masak hingga matang, angkat dan siap untuk di sajikan.

Itulah resep udang saus padang yang layak Anda coba. Bagaimana mudah bukan cara membuat udang masak saus padang di atas? Menu sajian ini sangatlah nikmat bila disajikan masih panas dengan sepiring nasi. Semoga cara memasak udang saus padang di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.