9 Cara Praktis Merawat Peralatan Masak di Dapur Agar Awet, Kinclong, Bebas Bau

ads

Cara merawat peralatan masak di dapur perlu diketahui dan dilakukan untuk menjaga kebersihan dan agar peralatan tsb tetap awet / tahan lama. Peralatan dapur yang tertata bersih dan rapi tentunya akan membuat penggunanya lebih nyaman dan semangat berkreasi membuat aneka masakan yang lezat untuk keluarga.

Yah memasak bukan hanya kegiatan wajib yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga untuk menyediakan aneka menu makanan yang lezat dan sehat. Namun ternyata memasak pun dapat dijadikan hobi yang menyenangkan. Nah salah satu hal yang penting dalam memasak adalah peralatan masak selain bahan-bahan untuk memasak tentunya.

Agar tak mengganggu kegiatan memasak dan hasil kreasi Anda sempurna seperti yang diharapkan, tentunya Anda harus merawat peralatan masak di dapur tsb. Dengan demikian, peralatan dapur tsb memiliki daya guna yang lebih tahan lama, tetap kinclong dan menarik penggunanya untuk segera menggunakannya.

cara merawat peralatan masak di dapur

Ilustrasi cara merawat peralatan masak di dapur (image: amazon.com)

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Kulkas, Mudah dan Alami Loh!

Tips Merawat Peralatan Masak di Dapur Yang Mudah

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan peralatan dapur yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Cuci – keringkan – simpan merupakan cara merawat peralatan masak di dapur yang harus selalu diingat. Mencuci setelah selesai memasak lebih baik untuk mencegah noda berkerak dan semakin sulit dibersihkan. Dalam mencuci peralatan dapur disarankan menggunakan bahan pembersih yang aman baik untuk Anda maupun untuk alatnya itu sendiri. Mencuci piring secara manual menggunakan spon yang lembut kadang lebih baik dibandingkan menggunakan alat pencuci piring karena dikhawatirkan akan menggores peralatan masak.Selain mencuci dan mengeringkan peralatan dapur, penyimpanan juga merupakan hal penting dalam merawat peralatan masak. Anda harus menyimpan peralatan tsb di tempatnya agar mudah dicari saat akan digunakan serta membuat dapur tampak rapi. Peralatan yang sudah lama tak digunakan sebaiknya dicuci ulang atau setidaknya dibilas air mengalir untuk membersihkan debu ataupun kotoran yang mungkin menempel di permukaan peralatan masak.
  2. Untuk merawat peralatan masak berbahan stainless steel, selalain dicuci biasa juga disarankan menggunakan kain dan cuka bila terdapat noda berkerak. Cuka merupakan bahan pembersih alami yang sudah dikenal dapat menghilangkan noda membandel. Bila peralatan masak tsb gosong, cobalah gunakan pasta abu gosok. Bila abu gosok sulit ditemukan, Anda dapat menggunakan alat pencuci piring kawat halus untuk menghilangkan noda gosong. Peralatan masak dari stainless steel termasuk yang tahan goresan.
  3. Untuk merawat peralatan masak berbahan tembaga sebaiknya dilakukan pencucian menggunakan spon dan air sabun hangat. Nah agar waran kuning tembaganya tak pudar dan tetap kinclong, Anda dapat menggunakan sari lemon ataupun tomat. Lumuri permukaan alat masak, biarkan meresap ke dalam pori-porinya lalu bilas dengan air hangat dan segera keringkan.
  4. Untuk merawat peralatan masak berbahan Teflon atau anti lengket dapat dicuci menggunakan sabun cuci piring dan spon halus agar tidak menggores. Sekalinya permukaan Teflon itu tergores, sebaiknya ganti saja dengan yang baru agar Anda dan keluarga terhindar dari risiko gangguan kesehatan. Sementara untuk membersihkan bagian belakangnya seperti noda gosong dapat menggunakan abu gosok.
  5. Untuk merawat peralatan masak berbahan tanah liat seperti gerabah, pendil, dll adalah dengan merendam dulu di air bersih selama 20-30 menit sebelum digunakan. Untuk mencucinya gunakan baking soda lalu biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Hindari meletakan jenis peralatan dapur ini di termpat-tempat bersuhu ekstrim seperti di freezer ataupun di oven karena rawan pecah.
  6. Untuk merawat peralatan masak dari kaca dapat dengan mencuci seperti biasa menggunakan spon dan sabun cuci piring. Walaupun peralatan ini cukup tahan goresan namun mudah pecah jadi disarankan untuk hati-hati dalam menggunakan maupun mencucinya.
  7. Untuk merawat peralatan masak berbahan kayu selain menggunakan spon dan sabun cuci piring seperti biasa. Untuk mencegah peralatan tsb berbau dan berjamur sebaiknya rendam peralatan kayu tsb dalam air garam lalu didihkan selama 5 menit, keringkalan dengan lap lalu biarkan kering sempurna di bawah sinar matahari.
  8. Untuk merawat peralatan masak berbahan plastik agar tidak berbau dan nodanya mudah dibersihkan, dapat menggunakan baking soda dan sabun cuci piring. Untuk menghilangkan bau dapat menggunakan perasan jeruk lemon.
  9. Tips perawatan peralatan masak terakhir adalah mulailah mencuci dari alat-alat yang tingkat kekotorannya lebih rendah dulu. Misalnya mencuci gelas dulu lalu diikuti dengan mencuci piring kemudian mencuci wajan. Hal ini untuk menghindari kontaminasi silang. Anda tak mau kan gelas yang Anda gunakan jadi berbau amis?

Nah itulah cara merawatan peralatan masak di dapur yang dapat Anda coba aplikasikan di rumah. Dengan tips perawatan peralatan dapur di atas diharapkan dapur tertata rapi dan bersih sehingga semakin membuat Anda betah berlama-lama di dapur dalam mencoba kreasi resep masakan baru. Semoga bermanfaat …

sponsor

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.