5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Bocor Indoor di Rumah Anda

ads

Cara Mengatasi AC Bocor – Salah satu masalah yang sering kali muncul pada pemilik AC / Air Conditioning adalah AC tidak dingin dan kebocoran AC.

Sungguh tak nyaman rasanya bila ada masalah pada AC, selain panas juga harus meletakkan ember untuk menampung tetesan air. Apalagi bila tetesan air AC tsb menetes di atas tempat tidur, ataupun perabotan rumah tangga lainnya. Akan sangat berbahaya bila AC bocor tsb menetes di peralatan elektronik, seperti colokan, TV, dll.

Biasanya bila ada masalah ini, Anda akan segera memanggil tukang service AC. Masalahnya kadang AC yang sudah diperbaiki tsb menunjukkan gejala yang sama dalam waktu beberapa minggu kemudian. Kalau sudah begini, jadinya kesal kan? Selain rugi waktu juga biaya perbaikan AC tsb juga tidak sedikit loh.

Nah pada kesempatan kali ini, CaraPraktis.Info akan mengajak pembaca semua untuk mengenali penyebab AC bocor dan tidak dingin beserta cara mengatasinya. Bila Anda mengetahui cara mengatasi AC bocor tsb maka mungkin Anda dapat memperbaiki kebocoran AC tsb sendiri dan menurunkan biaya pengeluaran rumah tangga Anda.

Namun sebelum membahas lebih jauh, saya ingatkan kembali bahwa ada 2 bagian AC yaitu indoor dan outdoor. Nah yang akan dibahas kali ini adalah cara mengatasi kebocoran AC di unit indoor ya ..

cara mengatasi AC bocor

Ilustrasi cara mengatasi AC bocor berrdasarkan penyebabnya (image: airconco.com)

Baca juga: 7 Cara Menghemat Listrik Pada Pemakaian AC, Yuk Praktekan!

Cara Mengatasi AC Bocor Berdasarkan Penyebabnya

Berikut ini adalah beberapa penyebab AC bocor dan tidak dingin yang umum terjadi beserta cara memperbaikinya …

Penyebab AC Bocor #1: Saluran Pembuangan Kurang Miring

Saluran pembuangan yang terlalu landai atau selang yang terlalu panjang akan menghambat pembuangan air AC, akibatnya air AC menetes di bagian indoornya.

Cara mengatasi AC bocor karena penyebab ini adalah dengan instalasi ulang salurang pembuangan air AC dengan cara membuka chasing unit AC indoor dan memastikan selang AC di bagian outdoor pun miring alias tidak landai atau ada bagian yang tergulung. Bila selang saluran pembuangan terlalu panjang sebaiknya potong saja. Atur kembali kemiringan selang tsb agar air yang menetes bisa mengalir keluar.

Penyebab AC bocor ini seringkali terjadi saat saat instalasi AC saat memindahkan atau memasang unit baru.

Penyebab AC Bocor #2: Air Pembuangan AC Tidak Keluar / Mampet

Kebocoran AC pada unit indoor seringkali disebabkan oleh tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan AC akibat debu ataupun kotoran. Jadi air tetesan yang seharusnya dibuang melalui saluran pembuangan malah terhambat karena adanya kotoran tsb dan menyebabkan kebocoran AC.

Cara mengatasi AC bocor karena air pembuangan AC tidak keluar adalah dengan cara membersihkan debu / kotoran tsb. Selain dengan cara mencuci bagian indoor AC, Anda pun perlu menyemprot talang pembuangan air hingga seluruh kotoran yang menempel dan menyumbat hilang.

Oke berikut langkah-langkah cara mengatasi AC bocor karena tersumbatnya selang pembuangan, yaitu:

  • Pastikan selalu mabut steker listrik AC untuk menghindari risiko kesetrum
  • Buka cashing / penutup AC bagian indoor dan turunkan ke bawah
  • Semprot saluran pembuangan air dengan air mengalir hingga seluruh kotoran keluar, akan lebih baik bila menggunakan semprotan tekanan tinggi. Pastikan tidak ada kotoran tersisa dalam selang tsb.
  • Pasang kembali bagian-bagian unit indoor AC.

Penyebab AC Bocor #3: Adanya Kondensasi Pipa

Kondensasi / tetesan air di pipa sebetulnya merupakan proses alami yang terjadi karena perbedaan suhu yang cukup tinggi antara suhu di luar dan suhu dalam pipa. Biasanya masalah kondensasi ini seringkali terjadi pada pemakaian AC yang sudah lama atau lebih dari 5 tahun karena kondisi pembungkus pipa (Armaflex) yang sudah aus.

sponsor

Cara mengatasi AC bocor karena masalah ini adalah dengan mengganti pembungkus pipa yang baru. Namun ingat, pembungkusan tsb harus dilakukan dengan benar, pastikan tidak ada celah yang belum terbungkus ya!.

Penyebab AC Bocor #4: Pompa Drain Tidak Berfungsi

Kebocoran AC juga bisa disebabkan oleh tidak bekerjanya pompa drain.

Cara mengatasi AC bocor karena masalah ini sebaiknya percayakan pada jasa service AC saja.

Penyebab AC Bocor #5: Adanya Celah

Nah bila cara mengatasi AC bocor di atas sudah dilakukan namun tetap saja masih ada tetesan air AC, maka kemungkinan besar ada celah yang mungkin tidak terlihat.

Cara mengatasi AC bocor untuk masalah ini memang diperlukan kesabaran dan ketelitian. Anda perlu membuka chasing AC lalu periksa selang pembuangan dan pipa dengan seksama untuk mencari sumber kebocoran. Bila sudah ketemu sumber kebocoran AC nya maka akan lebih mudah diperbaiki. Karena rumit, sebaiknya untuk memperbaiki kebocoran AC karena penyebab ini diserahkan pada teknisi AC langganan dan berpengalaman.

Itulah 5 penyebab AC bocor dan cara memperbaiki kebocoran AC yang perlu diketahui. Sedikit tips bila Anda meminta bantuan jasa service AC, mintalah mereka untuk memoto sumber kebocoran dan menunjukkan bukti lainnya seperti hasil cek tekanan, suhu, dll sehingga rasa kepercayaan antara kedua belah pihak dapat terjaga dan tidak ada lagi prasangka hehehe. Oke semoga ulasan cara mengatasi AC bocor di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mengatasi ac bocor -penyebab ac bocor -mengatasi ac bocor keluar air pada bagian indoor-nya -cara memperbaiki ac indoor bocor -Penyebab ac -ac indoor bocor -ac bocor pada indoor -ac keluar air indoor -ac bocor kenapa -unit indoor ac bocor -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.