Cara Praktis Membersihkan Wadah Plastik, Noda Minyak dan Bau Hilang!

ads

Cara Membersihkan Wadah Plastik – Sekarang ini penggunaan wadah plastik semakin banyak dipilih karena alasan kepraktisan dan keawetannya. Mulai dari piring, gelas, sendok, tempat makan, hingga peralatan dapur lainnya dengan aneka pilihan bentuk dan warna yang menarik. Namun disamping segala keunggulan plastik, terdapat juga kekurangannya. Yap noda minyak, noda berwarna dan bau makanan seringkali tertinggal dan sulit dihilangkan.

Untuk membersihkan wadah plastik memang diperlukan trik khusus, pasalnya peralatan yang satu ini sifatnya tidaklah seperti peralatan dapur lainnya seperti stainless steel ataupun kaca yang mudah sekali dibersihkan. Namun Anda tak perlu bingung karena selalu ada solusi untuk mengatasi noda dan bau pada wadah plastik ini.

Pada kesempatan kali ini CaraPraktis.Info akan memberikan beberapa cara membersihkan wadah plastik mulai dari tips menghilangkan noda pada peralatan plastik, cara mengatasi sisa minyak pada plastik, hingga cara menghilangkan bau makanan pada wadah plastik. Oke langsung saja simak ulasan berikut ini …

cara membersihkan wadah plastik

Contoh wadah plastik dengan segala fungsi (image: elwoodthompsons.com)

Baca juga: Cara Praktis Merawat Gelas Dan Cangkir

Tips Membersihkan Wadah Plastik Dari Segala Macam Noda dan Bau

Berikut ini cara mengatasi noda dan bau pada wadah plastik yang dapat Anda coba, yaitu:

Cara Menghilangkan Noda Pada Wadah Plastik

Ada noda sisa makanan seperti warna kuning bekas kunyit ataupun merah bekas cabe seringkali tersisa dan sulit dibersihkan walaupun sudah dicuci berulang-ulang. Nah untuk mengatasi noda pada wadah plastik ini dapat menggunakan beberapa tips berikut ini,  yaitu:

  • Jemur di bawah sinar matahari – Sinar matahari dipercayai dapat memudarkan warna sehingga dapat dijadikan alternative untuk menghilangkan noda warna pada plastik. Caranya cukup dengan menjemur peralatan plastik tsb selama 3-4 jan di bawah sinar matahari langsung.
  • Gunakan kaporit sebagai bahan pembersih – Untuk membersihkan wadah plastik bernoda dapat juga menggunakan kaporit. Caranya dengan mencampurkan 1 sdm kaporit dalam ½ baskom air hangat. Rendamlah wadah plastik bernoda dalam air kaporit ini selama ½ jam lalu cuci dengan sabun. Bila bau kaporitnya tertinggal dapat dihilangkan dengan air lemon.

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wadah Plastik

Selain seringkali meninggalkan bekas noda warna, noda minyak pun termasuk salah satu noda yang sulit dibersihkan. Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan wadah plastik yang berminyak, yaitu:

  • Gunakan sabun detergen – Sabun detergen cukup efektif mengatasi noda minyak. Caranya adalah dengan merendam peralatan dapur berminyak tadi dalam larutan sabun deterjen selama 15 menit lalu cuci dan bilas seperti biasa. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari.
  • Gunakan baking soda – Bila cara membersihkan wadah plastik dengan sabun belum dapat menghilangkan noda minyak secara tuntas, Anda pun dapat menggunakan baking soda. Caranya buatlah pasta baking soda dan air lalu gunakan untuk menggosok wadah berminyak tsb. Baking soda cukup ampuh mengatasi noda minyak pada wadah plastik.

Cara Menghilangkan Bau Pada Wadah Plastik

Untuk mengatasi bau, mungkin Anda terbiasa mencuci wadah plastik dengan sabun berulang kali lalu membiarkan wadah terbuka untuk mengusir baunya secara alami. Nah selain dengan cara tsb, ada tips lainnya untuk melenyapkan bau tak sedap pada wadah plastik loh, mau tahu?

Berikut beberapa cara mengatasi bau tak sedap pada wadah plastik yang layak Anda coba, yaitu:

sponsor
  • Gunakan lemon – Buah lemon memang memiliki banyak manfaat, selain manfaat kesehatan dan kecantikan, ternyata buah lemon pun dapat digunakan untuk mengusir bau tak sedap loh. Caranya cukup peras air lemon atau gosokkan irisan buah lemon pada wadah plastik yang berbau tsb. Agar semakin ampuh, tambahkan sedikit baking soda untuk menghilangkan bau tak enak pada wadah plastik. Setelah itu cuci seperti biasa dan biarkan kering dulu sebelum menyimpannya.
cara membersihkan noda membandel pada wadah plastik

cara membersihkan wadah plastik menggunakan lemon (image: youtube.com)

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Kulkas, Mudah dan Alami Loh!

  • Gunakan cuka – Bila buah lemon susah didapat, Anda pun dapat menggunakan alternative bahan pengusir bau lainnya yang mudah didapat. Ya merendam wadah plastik berbau dalam larutan air cuka selama semalaman juga cukup efektif mengusir bau pada wadah plastik. Jangan lupa cuci setelahnya.
  • Gunakan kopi – Selain 2 bahan pembersih wadah yang dijelaskan di atas, Anda pun dapat menggunakan serbuk kopi untuk menghilangkan bau tak sedap di wadah plastik. Bahkan trik ini digunakan juga oleh para penjual durian untuk menghilangkan bau durian yang dikemas untuk tujuan oleh-oleh. Cukup taburkan serbuk kopi dalam wadah plastik berbau dan biarkan sampai bau sisa makanan tsb hilang.

Nah itulah beberapa cara membersihkan wadah plastik dari segala macam noda dan bau. Semoga dengan tips mengatasi noda dan bau pada peralatan plastik di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan noda membandel di wadah plastik -car membersihkan plastic yg banyk minya -cara bersihkan noda di kipas angin plastik -cara mencuci wadah plastik biar g berminyak -membersikan noda minyak pada plastik -menghilangkan minyak pada plastik -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.